Rumah tersebut sudah lunas, namun ketika Soimah ingin mengurus surat-surat di notaris ada masalah gara-gara pajak. Orang pajak tidak percaya bahwa Soimah membeli rumah dengan harga Rp 400 jutaan. Padahal Soimah dan si pemilik rumah sudah deal dengan harga segitu.

"Sudah lunas kan (rumahnya), terus ngurus-ngurus sertifikat di notaris. Nggak lolos gara-gara pajak, aku dikira bohong. 'lho nggak bisa, rumah ini di daerah sana harganya Rp 600 juta'. Lho, orang aku belinya Rp 430 juta, kok orang pajak maksa 'nggak, itu harganya Rp 600 juta'," ungkapnya.

cerita soimah soal orang pajak © berbagai sumber

foto: Instagram/@showimah

Yang lebih terkesiap adalah penuturan orang pajak yang seolah-olah tak mempercayai Soimah dengan berkata, "katanya, 'masa Soimah beli rumah Rp 430 juta?', lha terus kenapa?" tanya Soimah heran.

"Jadi dikira aku ini nurunin harga, padahal harganya memang segitu. Dikira bohongin, gimana coba? Hebat, kan?" katanya lagi.

cerita soimah soal orang pajak © berbagai sumber

foto: Instagram/@showimah

Soimah tidak habis pikir dengan pengalamannya tersebut. Terkait soal pendoponya, padahal dia membangun sendiri, tapi katanya, orang-orang pajak mentotal semuanya sendiri dan menyebutkan habis hingga puluhan miliar.

"habisnya berapa ditotal sendiri, jendela-jendela diukur. Ini nih mau apa, sih? Orang pajak kok ukur-ukur jendela segala. Terus dihitung sendiri, ditotal sendiri, bilangnya habis berapa puluh miliar gitu," kata Soimah.

cerita soimah soal orang pajak © berbagai sumber

foto: Instagram/@showimah

Soimah merasa dirinya seperti maling atau orang yang menghutang yang lagi disidak. Saking telitinya Soimah soal pajak yang dibayarkan, dia mengumpulkan semua kuitansi atau bukti pembayaran setiap kali dia belanja.

"Sama orang pajak nggak bisa sesuka. Jadi sini kayak orang maling, kayak punya hutang, kayak maling, diteliti semua. Sampai aku belanja sepatu, keperluan syuting, beli kain, itu nota harus dikumpulin buat setoran tiap tahun. Kalau nggak gitu nanti ditanya 'duitnya kemana?'," lanjut Soimah.

cerita soimah soal orang pajak © berbagai sumber

foto: Instagram/@showimah

Di akhir video Soimah menyampaikan kritiknya terhadap mereka yang berkuasa, namun menyalahgunakan kekuasaannya untuk menindas rakyat kecil.

"Jadi para orang yang berkuasa itu jangan semena-mena, ya. Soalnya kalau ditegur orang kecil, kalian nggak bisa (terima), soalnya kalian punya duit. Tapi kalau gusti Allah negur baru deh," pungkasnya.

@tia_khadri

 

suara asli - Tia Khadri