Brilio.net - Kartika Putri belum lama ini dikaruniai seorang putri dari pernikahannya dengan Habib Usman bin Yahya. Pada Jumat 18 Oktober lalu, artis yang kini memutuskan berhijab itu mengumumkan kelahiran putrinya lewat unggahan Instagram. Kemudian diketahui, pasangan ini menamai anaknya Khalisa Aghnia Bahira.

Tak banyak yang tahu, ternyata Kartika Putri melakukan persalinan tidak di rumah sakit. Baru-baru ini ia mengaku memilih jalani proses persalinan di rumah atau home birth. Tentu keputusan ini jarang diambil oleh banyak orang, termasuk para selebritis lainnya.

"Alhamdulilah udah lahir, baby-nya perempuan. Dia lahir sehat, sempurna. Prosesnya juga sangat dimudahkan. Saking mudahnya sampai melahirkan di rumah. Aku dari awal emang kepenginnya di rumah," kata Kartika saat menggelar jumpa pers di kediamannya, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, seperti brilio.net lansir dari kapanlagi.com pada Selasa (22/10).

Awalnya Kartika Putri ingin melahirkan anaknya yang diberi nama Syarifah Khalisa Aghniya Bahira dengan cara water birth atau lahiran di dalam air. Namun karena sempat terkena cacar jelang persalinan, ia urung melakukannya dan malah memilih melahirkan di rumah saja.

"Awalnya pengin water birth. Tapi karena sempat kena cacar air jadi dilema, baby-nya siap nggak ya? Akhirnya check up ke Singapura, diberitahu kondisi baby sehat, posisi benar, nggak ngelilit tali pusar. Pas pulang ngelihat YouTube ada gajah lahiran sendiri, panda lahiran sendiri, dari situ makin yakin pengin lahiran di rumah," tambah artis berusia 28 tahun ini.

Loading...

cerita kartika putri lahiran di rumah © kapanlagi.com

foto: kapanlagi.com/Budy Santoso

Pilihan untuk home birth diambil Kartika Putri tanpa banyak berkomunikasi dengan sang suami. Tak ayal selama prosesnya Habib Usman Bin Yahya dibuat panik bukan main sampai-sampai kena amuk Kartika.

"Intinya saya dibohongi, sempat saya ajak ke rumah sakit bilangnya entar dulu karena masih pembukaan dua. Terus tanya lagi dia mulai galak pengin lahiran di rumah. Ini dia bikin deg-degan dahsyat. Pas pembukaan keenam saya tanya lagi malah disuruh keluar (kamar). Tapi saya berusaha tetap terlihat santai, karena kalau dia ikut panik bahaya juga," jelas Usman di tempat yang sama

"Alhamdulilah bidannya cekatan. Begitu pembukaan empat dia langsung kirim tim medis, persiapan yang mateng. Sempet ditanya mau ke rumah sakit nggak, aku keukeuh nggak mau. Akhirnya mereka mau nggak mau di sini. Mereka tetep check lagi kok untuk kesiapan aku, kondisi baby," tandas Kartika.