Brilio.net - Topik pembahasan childfree sedang hangat dibicarakan oleh para milineal di media sosial. Isu sensitif ini topik ini menuai pro dan kontra dari kalangan warganet Indonesia.

Childfree adalah sebuah keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak. Penggunaan istilah childfree untuk menyebut orang-orang yang memilih untuk tidak memiliki anak dan mulai marak pada tahun 2000-an.

Di antara masyarakat yang memilih untuk childfree adalah para selebritii. Tentunya hal ini penuh dengan perhatian, karena mengingat mereka adalah publik figur.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (31/8), berikut cerita 7 seleb yang putuskan childfree.

1. Miley Cyrus

potret miley cyrus  © instagram

foto: Instagram/@mileycyrus

Miley Cyrus memutuskan tak punya anak ketika melihat lingkungannya. Dilasir dari people.com, menurut Miley keadan lingkungan yang sekarang tidak cukup ideal dan tidak cukup baik bagi seorang anak.

2. Ashley Judd

Seleb putuskan child free Berbagai sumber

foto: Instagram/@ashley_judd

Pada tahun 2011 Ashley mengatakan bahwa ia memilih child free. menurutnya dia tak perlu mempunyai bayi ketika di luar sana ada banyak anak yatim piatu dan anak terlantar yang lebih membutuhkan cinta, perhatian, waktu, dan kepedulian.

"Faktanya saya memilih untuk tidak punya anak karena saya yakin anak-anak yang sudah ada di sini benar-benar milik saya juga," ujarnya dilansir Popsugar.

3. Oprah Winfrey

Seleb putuskan child free Berbagai sumber

foto: Instagram/@oprah

Pembawa acara Oprah Winfrey juga memilih tak mempunyai anak biologis. Walaupun usia pernikahan dengan sang suami sudah mencapai puluhan tahun, namun ia enggan memiliki anak biologis dikarenakan ia tak memiliki kesabaran yang cukup luas untuk mengasuh bayi. Namun, Winfrey sudah punya ratusan anak asuh di yayasan miliknya, Oprah Winfrey Leadership Academy for Girls.

4. Alison Brie

Seleb putuskan child free Berbagai sumber

foto: Instagram/@alisonbrie

Aktris cantik ini memilih childfree dengan sang suami, Dave Franco. Dilansir dari The Sunday Times, keputusannya didasari karena tak sanggup jika merawat bayi. Mereka berdua sepakat untuk menikmati hidup berdua dengan kucing-kucingnya.

5. Jennifer Aniston

Seleb putuskan child free Berbagai sumber

foto: Instagram/@jenniferaniston

Aktris cantik Jennifer Aniston juga memilih tak mempunyai anak. Ia memutuskan untuk child free karena ingin mematahkan stigma perempuan utuh adalah perempuan yang menikah dan menjadi ibu.

"Memiliki anak, seperti yang kita tahu bukanlah urusan siapapun kecuali pasangan atau individu yang menjalaninya," kata Jennifer Aniston dikutip dari Glamor.

6. Gita Savitri

Seleb putuskan child free Berbagai sumber

foto: Instagram/@gitasav

YouTuber Tanah Air yang tinggal di Jerman yaitu Gita Savitri memutuskan untuk childfree. Ia bersma sang suaminya, Paul Andreas Partohap memilik prinsip yang kuat. Menurut mereka mempunyai anak atau tidak merupakan sebuah pilihan dalam hidup, dan ia menilai bahwa memiliki anak adalah tanggung jawab yang besar.

"Jadi sebenarnya aku sama Paul itu childfree, kita memang nggak ada rencana untuk punya anak, kita pengennya berdua aja. Mungkin ini terlalu ekstrem kali ya," ujar Gita Savitri di Podcast Analisa Widyaningrum.

7. Cinta Laura

langsing ala cinta laura © berbagai sumber

foto: Instagram/@claurakiehl

Dan yang terakhir ada seleb dari Indonesia yaitu Cinta Laura. Hal itu terungkap dalam YouTube The Hermansyah A6. "Kenapa aku harus melahirkan satu manusia lagi kalau aku bisa mengadopsi anak yang sekarang nggak punya siapapun untuk menjaga mereka?" kata dia. 

Pada momen tersebut, Cinta menuturkan bahwa hatinya kerap terketuk melihat banyak anak tak mendapat kasih sayang orang tua. Ia merasa berkewajiban untuk membantu mereka. "Banyak anak di luar sana yang terlantar. Aku perlu membantu mereka," jelasnya.

-

INFOGRAFIS ALASAN SELEB CHILDFREE © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS ALASAN SELEB CHILDFREE
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan