Brilio.net - Bagi wanita, memiliki penampilan cantik tentu menjadi dambaan. Demi mendapatkan bentuk tubuh ideal pun para wanita berlomba-lomba untuk menjaga pola makan dan rutin melakukan olahraga. Kondisi ini membuat para wanita memiliki persepsi bahwa kesempurnaan didapatkan dengan memiliki tubuh yang ideal.

Oleh karenanya, banyak orang lantas memandang aneh apabila seorang wanita memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Seperti kelainan skoliosis. Kondisi ini menyerang tulang belakang seseorang yang membuat penderitanya memiliki struktur tulang miring atau melengkung ke arah samping seperti huruf S.

Rupanya, hal ini juga dialami oleh sederet artis cantik Tanah Air. Mereka pun membagikan kisahnya dan cara untuk menghadapi skoliosis. Di antaranya dengan rajin berolahraga dan melakukan berbagai terapi. Hal ini dilakukan untuk melawan derajat kemiringan tulang agar tak semakin melengkung. Sebab, penderita skoliosis sangat rentan dengan penambahan derajat kemiringan ketika tak melakukan gaya hidup sehat.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, cerita seleb yang idap skoliosis pada Jumat (21/8).

1. Jessica Mila.

Loading...

seleb idap skoliosis © 2020 Instagram

foto: Instagram/@jscmila

Artis yang memulai debutnya di sinetron berjudul Cinta SMU pada 2002 silam ini telah mengidap skoliosis sejak SMP. Demi menjaga kondisinya, pemilik nama lengkap Jessica Mila Agnesia ini rajin berolahraga seperti yoga dan berenang, mengatur pola makan sehat, serta menjaga pola tidur.

"Tetapi aku harus rajin olahraga, tetap harus menjaga pola makan aku, pola tidur aku. Karena semuanya itu berpengaruh gitu. Jadi aku harus tetap jaga supaya hidup sehat. Karena itu sangat mempengaruhi tulang punggung aku. Jadi ya paling itu aja sih yang aku lakuin," ungkap Jessica dilansir dari Kapanlagi.com.

2. Gracia Indri.

seleb idap skoliosis © 2020 Instagram

foto: Instagram/@graciaz14

Kelainan tulang belakang juga dialami oleh Gracia Indri. Kakak dari Gisela Cindy ini sudah mencapai 45 derajat kemiringan tulang belakangnya. Rupanya kondisi ini dialami karena tak kuat menahan berat tubuhnya. Alhasil tulang belakangnya pun mengalami pelengkungan dan munculah skoliosis.

Demi mengurangi derajat kelengkungannya, artis kelahiran 14 Januari 1990 ini sempat menjalani terapi. Kini, ia pun meneruskannya dengan rutin berolahraga. Salah satu olahraga yang ditekuninya yaitu gym.

"Scoliosis. Emang bener aku pernah kena Scoliosis miring 45 derajat, kalo di kasus aku karena tulang tidak kuat menopang ketika berat badan berlebih. Sempet melakukan terapi dan sekarang diteruskan saat olahraga Gak usah berat2 beban nya .. yg penting rutin," tulisnya.

3. Nikita Mirzani.

seleb idap skoliosis © 2020 Instagram

foto: Instagram/@nikitamirzanimawardi_17

Ibu tiga anak ini juga menderita kelainan tulang belakang. Skoliosis yang dideritanya pun membuat kondisi tubuhnya mudah merasa lelah dan menimbulkan rasa tak nyaman apabila terlalu sibuk bekerja. Guna melawan skoliosis, Nikita Mirzani rutin berolahraga dan menjaga pola hidup sehat. Olahraga yang ditekuninya yaitu pilates dan berkuda.

4. Aurelie Moeremans.

seleb idap skoliosis © 2020 Instagram

foto: Instagram/@aurelie

Artis kelahiran Belgia ini juga mengalami kondisi yang sama. Kelainan tulang belakang atau skoliosis yang dideritanya sudah dialami sejak 2014 silam. Hal ini diceritakannya melalui Instagram miliknya. Demi mengurangi penambahan derajat skoliosisnya, Aurelie pun rutin menjalani terapi dan melakukan olahraga.

"Baru sadar kalo bulan juni adalah #scoliosisawarenessmonth.. This is my spine.. Yep.. ini foto 3 tahun lalu.. ada yang punya #scoliosis juga? Kalo ada cerita feel free to share disini ya.. #notbrokenjustbent," tulisnya.

5. Opi eks Supergirlies.

seleb idap skoliosis © 2020 Instagram

foto: Instagram/@supergirlies_id

Salah satu personel Supergirlies yakni Opi terpaksa hengkang dari grup yang membesarkan namanya lantaran kelainan tulang belakang yang ia alami. Hal ini disampaikan langsung oleh sang manajer Arnot.

"Dari Manajemen 18 Musik membawa berita bahwa per tanggal 29 September 2013 mengumumkan bahwa Opi sudah tidak bersama Supergirlies, dikarenakan ada sakit di tulang punggung (skoliosis), jadi dia butuh perawatan dan istirahat," terangnya dilansir dari Merdeka.com

Opi pun menambahkan jika skoliosis yang ia alami sudah berkurang dua derajat. Namun kondisi ini tak membuatnya semakin membaik. Ia pun harus menjalani terapi rutin dan memakai alat bantu yakni brace untuk lekas sembuh.

"Tahun ini berkurang dua derajat (tulangnya turun), udah susah nopang. Sebenernya satu-satunya cara operasi, tapi resikonya besar, jadi lebih baik terapi, pake breket penyangga yang nggak bisa lepas 20 jam kecuali mandi. Untuk sekarang pengen sembuh dulu. Kalau misalnya ke depannya bisa berkarya ya ngga apa-apa, Insya Allah," terang Opi.