Brilio.net - Memiliki penampilan yang cantik tentu menjadi dambaan semua wanita. Apalagi jika hal tersebut ditunjang dengan bentuk tubuh yang indah. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bagus pun para wanita berlomba-lomba untuk menjaga pola makan dan rutin melakukan olahraga.

Kondisi ini pun membuat banyak orang lantas memandang aneh seorang wanita yang memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Seperti penyakit skoliosis. Berbicara mengenai skoliosis, ini merupakan suatu kondisi dimana tulang belakang melengkung ke arah samping. Hal ini pun membuat penderitanya memiliki bentuk tubuh yang melengkung seperti huruf S.

Rupanya, kondisi ini juga dialami oleh artis cantik Jessica Mila. Artis yang memulai debutnya di sinetron berjudul Cinta SMU pada 2002 silam ini telah mengidap skoliosis sejak SMP. Dilansir brilio.net dari Kapanlagi.com pada Jumat (14/8), ia mengungkapkan jika kondisinya saat ini baik-baik saja.

curahan hati Jessica Mila idap skoliosis © 2020 Instagram/@jscmila

foto: Instagram/@jscmila

Loading...

"Sejauh ini masih baik-baik saja, puji Tuhan. Memang dari sejak SMP itu tulang belakang aku udah S. Aku nggak tahu derajatnya nambah apa nggak tapi dari beberapa tahun terakhir aku cek derajat kemiringannya itu tidak bertambah jadi masih fine-fine aja," ungkapnya.

Pemilik nama lengkap Jessica Mila Agnesia ini pun tetap menjaga kondisinya dengan rajin berolahraga, mengatur pola makan sehat, serta menjaga pola tidur. Hal ini dilakukan karena sangat berpengaruh terhadap kondisi skoliosis yang dialaminya.

"Tetapi aku harus rajin olahraga, tetap harus menjaga pola makan aku, pola tidur aku. Karena semuanya itu berpengaruh gitu. Jadi aku harus tetap jaga supaya hidup sehat. Karena itu sangat mempengaruhi tulang punggung aku. Jadi ya paling itu aja sih yang aku lakuin," tambahnya.

Wanita berusia 28 tahun ini mengungkapkan jika gejala awal yang dirasakan saat mengidap skoliosis adalah badan sering pegal hingga sesak napas. Ia pun menjelaskan jika dirinya mengalami pegal di bagian punggung jika terlalu lama berdiri maupun duduk.

"Iya gejalanya adalah suka pegel badannya. Di bagian tertentu tuh suka sakit, terus apalagi ya? Sebenarnya karena tulang belakang itu pusat semua syaraf jadi tergantung kayak dia kenanya ke bagian syaraf yang mana. Jadi setiap orang itu beda-beda," ujarnya.

Penyakit yang dideritanya pun sempat mengganggu pekerjaan Jessica saat kambuh. Jessica pun tak menampik adanya faktor keturunan dari penyakit yang dideritanya. Kondisinya semakin serius karena kala itu artis kelahiran 3 Agustus 1992 ini mengaku belum benar dalam posisi duduk. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada pertambahan lengkungan tulang belakangnya.

curahan hati Jessica Mila idap skoliosis © 2020 Instagram/@jscmila

foto: Instagram/@jscmila

"Mungkin ada sedikit faktor keturunan tapi yang pasti pada saat pertumbuhan mungkin aku posisi duduknya nggak benar. Mungkin waktu sekolah dulu suka miring. Atau kalau lagi tidur suka di satu posisi yang sebenarnya nggak bagus gitu kan. Kan yang bagus tidurnya lurus gitu ya. Atau bisa juga karena sering bawa beban. Misalnya bawa tas di sebelah kanan terus-terusan jadi lama-lama kayak bengkok gitu," terangnya lebih lanjut.

Meski begitu, tak menutup kemungkinan jika penyakit yang dideritanya dapat sembut total. Asalkan ia rutin melakukan terapi. Selain itu, ia juga diharuskan untuk memakai alat bantu yakni brace yang harus digunakan selama 22 jam setiap hari.

"Kalau sembuh total sebenarnya mungkin, tapi memang harus rutin banget terapi. Dan aku harusnya pakai ada bajunya gitu yang bantu untuk meluruskan. Tapi bajunya itu harus dipakai, kalau nggak salah 22 jam setiap hari," ujarnya.

"Kayaknya lebih susah ya kalau misalnya sambil syuting gitu. Bajunya kan nggak semua tertutup. Kadang pakai baju yang agak sebadan pasti keliatan banget gitu. Jadi untuk sekarang aku masih belum melakukan itu. Paling ya itu sih tadi, terapi-terapi sama olahraga aja," ungkapnya di akhir perbincangan.