Brilio.net - Calon pengantin biasanya disibukkan dengan berbagai acara pra pernikahan sebelum tiba hari H. Segala persiapan dilakukan para calon pengantin agar momen penting dalam hidup mereka ini bisa berjalan dengan lancar. Termasuk mempersiapkan mental saat menikah. Deretan para selebriti ini bahkan berniat untuk mengkhatamkan Alquran sebelum menikah.

Khatam Alquran merupakan amalan ibadah yang memiliki pahala yang besar. Di berbagai daerah tertentu, khatam Alquran juga diwajibkan bagi para gadis yang akan segera menikah.

Para seleb ini juga memiliki alasan dan kisahnya masing-masing saat berniat khatam Alquran. Momen khatam Alquran ini biasanya dilakukan pada acara pengajian sebelum akad nikah. Penasaran siapa saja mereka?

Inspiratif dan bikin salut, berikut cerita empat seleb niatkan khatam Alquran sebelum menikah seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (21/10).



1. Nikita Willy.

Seleb khatam Alquran sebelum menikah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@nikitawillyofficial94


Kematian sang ayah tentu meninggalkan duka mendalam bagi Nikita Willy. Demi menjalankan wasiat ayahnya, Nikita Willy pun bertekad untuk memperdalam ajaran agama.

Ia juga sempat tak lagi berpacaran. Namun tak berselang lama, Nikita Willy langsung dipersunting oleh sang kekasih Indra Priawan.

Jelang menikah, Nikita Willy juga diketahui sudah khatam Alquran. Ia juga mendapat pujian dari Habib Muhammad Syahab yang kala itu memberi nasihat pernikahan.

"Khusyuk tadi dari Nikita Willy juga bacain, terus ada khatam. Masya Allah ada khatam Alquran juga. Bagus, bagus sekali," kata Habib Muhammad Syahab.

2. Dian Sastrowardoyo.

Seleb khatam Alquran sebelum menikah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@therealdisastr


Dian Sastrowardoyo sudah menjadi mualaf sebelum menikah dengan Indraguna Sutowo. Keputusannya ini juga tak ditentang oleh pihak keluarganya. Bahkan Dian yang kala itu masih belajar mengaji pada akhirnya bisa khatam Alquran karena mendapat dukungan dari sang ibu.

"Mama aku yang Katolik benar benar suportif dan mendukung aku untuk khatamin Alquran sebelum menikah. Dia bahkan ikut terharu pas aku melafalkan ayat ayat Juz Amma di akhir pembacaan Alquran, dia tahu usaha aku yang les ngaji terus terusan demi bisa selesai sebelum nikah," ujarnya.



3. Ayu Dewi.

Seleb khatam Alquran sebelum menikah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mrsayudewi


Ayu Dewi mengusung adat Gorontalo untuk pernikahannya. Sebagai salah satu syarat, Ayu Dewi mengkhatamkan Alquran sebanyak dua kali sebelum ijab qabul.

Namun usai menikah hingga sebelum melahirkan anak keduanya pun, Ayu Dewi juga tetap dan masih khatam Alquran.

"Aku merasa kan waktu Ramadhan bilang, pokoknya aku pengen khatam sebelum lebaran atau sebelum lahiran," ungkap Ayu Dewi.

4. Evi Masamba.

Seleb khatam Alquran sebelum menikah © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@evi_masamba_real


Tahun 2018 lalu, Evi Masamba juga menggelar pengajian dan khataman 2 hari jelang pernikahannya dengan Arif Hajrianto. Pada acara khatam Alquran ini, Evi mengenakan baju bodo warna merah, sesuai dengan adat Bugis untuk rangkaian acara pernikahannya.

Kala itu, ia juga berganti busana mengenakan gamis putih dan kerudung pada momen pengajian. Pengajian dan proses khatam Alquran ini digelar di kampung halamannya, Sulawesi Selatan.