Hilir mudik membintangi berbagai sinetron, rupanya karier Dude Harlino juga terbilang cukup terjal. Kerikil dan batu sandungan dialami Dude dalam menjalani kariernya. Bahkan bayarannya pun juga tidak sampai menyentuh angka puluhan ribu rupiah sebagai pemeran figuran.

"Honor Rp 13 ribu sampai Rp 15 ribu dan itu saya harus potong buat angkot, jadi cost-nya ya cukup besar. Jadi kadang-kadang habis, ada kadang-kadang malah agency yang nggak bayar honornya. Ya itu lika-likunya seperti itu ya," kata Dude Harlino dalam YouTube milik Daniel Mananta.

Suami Alyssa Soebandono ini juga mengungkapkan jika di awal memulai karier ia harus berusaha meyakinkan kedua orang taunya. Sang ayah pun sempat meragukan kemampuan Dude Harlino.

"Bokap sempet ragu sebenernya, boleh nggak kasih restu dulu aja. Kalau nanti gagal di tengah jalan, toh akan jadi pegawai juga, atau mungkin coba usaha yang lain'," kenang Dude.

Bocah polos ini dulu figuran © Instagram

foto: Instagram/@artis.indo_hits

Setelah berbagai proses dilaluinya, popularitas Dude melambung saat membintangi sinetron berjudul Cincin sebagai Levi (2004). Di sinetron ini, Dude harus menanggalkan gaya keseharian yang berpakaian kasual dan berubah menjadi pria mapan, berwibawa, dan bijaksana. Sinetronnya melejit dan menempati rating tinggi.

"Stripping itu pertama kali tahun 2004 atau 2005 kira-kira. Itu stripping pertama dan di mana masyarakat mulai tahu ada pemain sinetron namanya Dude Harlino lah. Masuk 2006/2007 baru yang lebih mengenalkan saya kepada masyarakat, alhamdulillah," terang Dude.

Nama Dude langsung masuk dalam jajaran aktor pendatang baru berbakat. Ia kemudian membintangi berbagai judul sinetron bersama Ririn Dwi Ariyanti dan Naysila Mirdad di Intan. Di sinetron Intan, Dude yang kembali dipasangkan bersama Naysila Mirdad makin mengkilapkan karier keduanya.

Bocah polos ini dulu figuran © Instagram

foto: Instagram/@dude2harlino

Selama berkarier di dunia seni peran, Dude Harlino telah membintangi sekitar 45 judul sinetron. Ia berhasil mendapatkan 11 piala penghargaan, termasuk memenangkan 6 kali piala Panasonic Award sebagai Aktor Terfavorit.

Berkat kemampuan berakting dan semua penghargaan yang diraihnya, Dude Harlino sempat dijuluki sebagai salah satu Raja Sinetron Indonesia.

Tak cuma berakting, pria 42 tahun itu juga membuka bisnis kuliner yang dinamai Jogja Scrummy. Cabangnya sudah tersebar luas di Yogyakarta. Selanjutnya ada juga Lapis Minang Nantigo yang dibangun di kampung halamannya.