Brilio.net - Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan setelah jantung dan paru-paru. Ketika seseorang divonis penyakit tersebut, tentu jadi hal yang sangat menakutkan. Sebab beberapa kanker belum ditemukan obatnya.

Layaknya mimpi buruk, penyakit kanker juga menyerang beberapa artis di dunia. Salah satunya adalah aktris asal Korea Park So-dam yang saat ini tengah berjuang melawan penyakit kanker.

Kabar tersebut pun disampaikan oleh agensi Park So-dam Artist Company pada Senin (13/12) kemarin. Dilansir brilio.net dari allkpop, dari pernyataan resmi tersebut, Park So-dam telah didiagnosis menderita kanker tiroid.

Beruntungnya, saat ini pemain film Parasite itu sudah menjalani operasi dan sedang melakukan pemulihan untuk kesehatannya.

"Aktris Park So-dam telah didiagnosis menderita kanker tiroid selama pemeriksaan fisik rutinnya dan telah menjalani operasi sesuai diagnosis profesional kesehatan," kata pihak agensi melalui pernyataan resminya.

Penyakit yang dialami Park So-dam telah mengganggu rencana untuk mempromosikan film yang ia bintangi, yaitu Special Delivery. Situasi ini juga membuatnya sempat merasa kecewa.

"Park So-dam tidak dapat berpartisipasi dalam promosi film Special Delivery tetapi dia mendukung pemutaran perdana film tersebut," tambah Artist Company.

Melalui pernyataan itu, Park So-dam pun mengucapkan terima kasih kepada para penggemar dan juga masyarakat yang telah mendukung filmnya.

“Saat ini Park So-dam akan fokus pada pemulihan agar bisa menyapa para penggemar dalam keadaan sehat. Kami juga akan melakukan yang terbaik untuk membantu kesembuhannya,” tutup Artist Company.

Perlu diketahui, seperti dilansir brilio.net dari Columbia Thyroid Center, kanker tiroid atau adenokarsinoma, merupakan jenis kanker tiroid yang paling umum diderita, mencapai sekitar 80% dari semua kasus kanker tiroid. Sebagian besar kanker tiroid tidak menimbulkan gejala. Bahkan, banyak pasien yang tidak tahu bahwa mereka menderitanya.

Dalam kasus stadium lanjut ketika sel kanker memengaruhi struktur sekitarnya, pasien kemungkinan dapat mengalami suara serak atau kesulitan menelan. Umumnya jenis kanker ini dialami wanita di bawah usia 25 tahun dan kebanyakan kasus muncul sebelum umur 40 tahun.

Sementara itu, faktor risiko kanker tiroid terjadi karena paparan radiasi dan riwayat keluarga. Namun, mayoritas orang yang menderita jenis kanker ini juga biasanya tidak memiliki faktor risiko sama sekali.

Untungnya, kanker tiroid juga merupakan kanker tiroid dengan prognosis terbaik dan sebagian besar pasien dapat disembuhkan jika diobati dengan tepat dan sedini mungkin.