Brilio.net - Menjaga kebersihan kulit merupakan kunci jika kamu ingin memiliki kulit cerah, dan bebas kusam. Namun sayangnya, sejumlah orang justru mengesampingkan kebersihan pada beberapa bagian tubuh tertentu, salah satunya adalah leher. Kurangnya perawatan tak heran jika kulit leher menjadi gelap dan terdapat daki.

Daki merupakan penumpukkan sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan kulit terasa kasar, gelap, dan tekstur yang tidak merata. Biasanya daki selalu muncul pada bagian lipatan tubuh yang sulit untuk dijangkau, seperti halnya ketiak, lipatan kaki, dan leher.

Penyebab munculnya daki dipengaruhi beberapa faktor, paling sering terjadi adalah penumpukan sel kulit mati. Perlu diketahui, kulit secara teratur memperbarui dengan cara menggantikan sel-sel mati dengan yang baru. Jika, sel-sel mati ini tidak terkelupas dengan baik hal ini bisa menyebabkan penumpukkan daki.

Faktor lain adalah paparan sinar matahari berlebih. Kondisi ini merangsang produksi melanin dalam kulit yang berlebih. Nah, kondisi ini lah yang juga bisa menyebabkan daki dan hiperpigmentasi. Untuk mengatasi masalah yang satu ini kamu bisa menggunakan perawatan dari satu jenis minuman yaitu kopi. Bahan yang satu ini mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mencerahkan, mengangkat sel kulit, dan mengurangi daki.

Selain bahan tersebut, terdapat tambahan lainnya yaitu aloe vera yang berguna sebagai pelembap. Lalu, adanya kandungan enzim proteolitik, bisa mengangkat sel-sel kulit mati, termasuk daki. Sementara itu, kandungan aloin dalam bahan ini bisa menyamarkan hiperpigmentasi dan menenangkan kulit.

Adanya sifat antiinflamasi di dalam kunyit bisa membantu meredakan peradangan dan mencerahkan noda hitam. Lalu, bahan alami seperti gula pasir berguna sebagai eksfoliator alami yang mampu menghaluskan, melembutkan, dan mengurangi daki.