Brilio.net - Cinta Laura baru saja menghebohkan para penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) dengan kehadirannya di stasiun Tanah Abang, Jakarta, pada Kamis (16/3) lalu. Bukan tanpa alasan, artis berusia 29 tahun tersebut sedang menjalankan aksi kampanye lawan pelecehan seksual di ruang publik.

Tidak sendiri, kampanye Cinta Laura yang bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang dirayakan pada (8/3) lalu ini ia bekerja sama dengan L'Oréal Paris juga PT JakLingko Indonesia, PT KAI, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), PT LRT Jakarta, PT MRT Jakarta, dan PT Transjakarta. Tahun ini L'Oréal Paris fokus mengampanyekan aksi Stand Up 'Melawan Pelecehan di Transportasi Umum'.

Cinta Laura kampanye lawan pelecehan seksual © berbagai sumber

foto: L'Oréal Paris

“8 dari 10 perempuan Indonesia pernah mengalami pelecehan seksual. Ini bisa terjadi kepada kita semua,” ujar Cinta Laura yang brilio.net kutip dari Instagram @claurakiehl, Jumat (17/3).

Dalam unggahan yang sama, Cinta juga mengajak semuanya untuk melawan pelecehan seksual di ruang publik. 

“This year @lorealparis through #STANDUP is focusing on fighting sexual harassment in public transportation, collaborating with @jaklingkoindonesia, TransJakarta, KAI, KAI commuter, KCI, LRT, and MRT," ucapnya.

Kampanye ini begitu gencar karena kasus pelecehan seksual di ruang publik semakin banyak. Terlebih, isu ini juga dihadapi oleh perempuan di seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia. Berdasarkan survei internasional yang dilakukan oleh L’Oreal Paris dan IPSOS pada 2019 lalu, ada 91% responden mengatakan bahwa mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu korban pelecehan.

Merespons hal itu, Cinta Laura yang bertemu langsung dengan para penumpang KRL mengajak masyarakat untuk melawan tindakan pelecehan di transportasi umum. Khususnya bagi wanita yang kerap takut untuk bersuara ketika dirinya menjadi korban.

Cinta Laura kampanye lawan pelecehan seksual © berbagai sumber

foto: L'Oréal Paris

Oleh karena itu, dengan mendengar langsung dari para pengguna transportasi umum, pelantun lagu "Oh Baby" ini mengatakan telah mendapatkan perspektif lebih luas akan pentingnya pemahaman masyarakat untuk melawan pelecehan seksual di ruang publik.

Cinta menyebut, kampanye Stand Up ini bertujuan untuk memberikan pembekalan efektif dalam melawan pelecehan seksual di ruang publik, menggunakan Metodologi Intervensi 5D L'Oréal Paris yang dikembangkan bersama dengan para pelatih profesional. Metode Intervensi 5D yang dimaksudkan adalah ‘Dialihkan, Dilaporkan, Didokumentasikan, Ditegur, dan Ditenangkan’.

Diketahui, gerakan Stand Up bersama L’Oreal Paris Indonesia rupanya sudah dicanangkan sejak beberapa tahun yang lalu. Cinta Laura sebagai sosok yang mengetahui kejahatan pelecehan seksual menyadari bahwa wanita tidak sepenuhnya aman ketika keluar rumah. Gadis blasteran Indonesia-Jerman ini pun mengajak orang-orang mengikuti pelatihan dan bergabung dengan agent of change di website Standup untuk melawan pelecehan seksual di tempat umum.

Adv.