Brilio.net - Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty adalah salah satu pasangan yang selalu konsisten dalam membuat video-blog (vlog). Video tersebut lalu mereka unggah di Channel YouTube-nya, yakni Ussy Andhika Official.

Adapun salah satu konsep video yang beberapa kali mereka unggah adalah QnA. Pada Senin (2/12) lalu, pasangan yang menikah pada tahun 2012 ini kembali menyuguhkan konten berkonsep tanya-jawab tersebut.

Ada beragam pertanyaan dari warganet yang coba dijawab oleh Andhika dalam video tersebut. Persoalan mengenai Ussy yang belum tampil berhijab adalah salah satunya.

"Kenapa Andhika belum dukung Kak Ussy berhijab?" ucap Ussy ketika membacakan pertanyaan dari salah satu warganet.

Dalam pengakuannya, Andhika sebetulnya tidak menghalangi sang istri untuk tampil berhijab. Dirinya bahkan mempersilakan Ussy untuk mengenakan kerudung.

Loading...

"Sebenernya kalau ngikutin ketentuan ya, sebenarnya nggak perlu izin sama suami pun nggak apa-apa. Karena kan itu urusan hati Ussy ke Allah, karena melaksanakan kewajiban. Cuma dia selalu mencoba bertanya ke aku karena menghargai posisi aku. Ussy menganggap perubahan di dirinya yang sering akan melihat adalah aku, suaminya dan itu kan buat kita adalah sebuah keputusan yang besar," ucap Andhika.

"Sebenarnya bukan aku nggak mendukung gitu, aku tuh sampai hari ini belum bisa jawaban pasti aja gitu sebenernya. Tapi kalau misalnya Ussy melakukan dengan inisiatifnya dia misalkan besok pagi gitu tiba-tiba memutuskan 'kayaknya hari ini aku memutuskan mau pakai hijab' ya monggo nggak mungkin aku larang dan nyuruh lepas," tambahnya.

Meski begitu, di sisi lain Andhika juga mengakui jika dirinya belum siap melihat adanya perubahan pada gaya berpakaian Ussy.

"Alasan aku sederhana belum siap melihat perubahan berpakaian kamu sehari-hari aja. Lebih ke situ aja. Aku takut ada yang berubah aja, tapi mungkin itu hanya kekhawatiran sesaat yang mungkin nanti ketika dijalani nanti aku terbiasa aja," ucap Andhika.

Oleh karenanya, Andhika pada akhirnya pun hanya berpesan pada sang istri untuk memakai jilbab ketika keputusan Ussy sendiri sudah bulat.

"Kalau kamu mau pakai hijab silakan. Kalau itu udah jadi keputusan kamu bulet silakan. Berat sih ngomongin karena kekhawatiran aja sama pemahaman aku aja yang masih dangkal... (tapi) ketika berhijab satu pasti dasarnya adalah sadar betul dan ikhlas menjalani itu sebagai sebuah kewajiban, tidak mendasari itu dengan hal-hal lain misalnya paksaan, ngikutin tren, ikut ikutan kanan kiri hanya ingin dipandang baik. Jadi sebisa mungkin difilter sampai menemukan titik keikhlasan dalam menjalankan kewajiban," ucap Andhika ke Ussy.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andhika Pratama (@andhiiikapratama) on

Seperti yang diketahui, dalam video tersebut Ussy sendiri sudah mempertanyakan urusan berhijab ini sejak 4 tahun lalu. Namun, niat untuk mengenakan kerudung tersebut belum juga terlaksana hingga hari ini.

"Niat udah berkali kali dateng dari zaman kapan. Tapi aku selalu bertanya sama suami aku. Kadang punya keinginan pengen nekat 'oh iya udah kewajiban' udah nekat aja deh. Tapi urusan hijab itu biarkan dia jadi keputusan aku pribadi tanpa intervensi siapapun," papar Ussy.