Brilio.net - Sejumlah seleb papan atas Tanah Air memang memiliki kekayaan yang tak diragukan lagi. Hal itu ditopang oleh popularitas mereka yang sangat tinggi dan selalu diundang ke berbagai acara.

Namun, para seleb tersebut ternyata pernah mengalami masa-masa yang sulit sebelum populer. Mereka bahkan rela ikut casting sana-sini untuk bisa bermain dalam film untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

Saat pertama kali bermain film, bernyanyi, ataupun menjadi model, para seleb Tanah Air tentu tak langsung mendapat upah yang banyak. Mereka mendapat bayaran yang sangat kecil apabila dibandingkan dengan upahnya sekarang yang fantastis.

Penasaran? Dilansir brilio.net dari merdeka.com, Rabu (7/8), berikut bayaran 10 seleb Tanah air yang dulu nominalnya sangat kecil.

1. Ayu Ting Ting.

upah artis © 2019 brilio.net

Meski sudah mencapai kejayaan sebagai penyanyi dangdut, ternyata Ayu pernah mendapat honor pertama sebesar Rp 250 ribu. Honor itu ia dapat dari menyanyi di orkes-orkes saat masih SMP.

"Berapa ya, Rp 250 ribu. Dulu tampilnya di acara-acara organ tunggal, kawinan gitu. Ya buat jajan sama teman-teman ya. Maklum waktu itu masih SMP, hahaha," kata Ayu Ting Ting.

2. Raffi Ahmad.

upah artis © 2019 brilio.net

Seleb Raffi Ahmad yang upahnya kini mencapai miliaran ternyata pernah mendapat upah pertama sebesar Rp 500 ribu. Uang tersebut ia gunakan untuk membayar ongkos naik bus.

"Iya, benar. Pertama kali aku main sinetron itu sama Baim. Naik bus, naik angkot, sama Baim tuh. Ih jadi merinding. Naik angkot, naik bus, dibayar honor Rp 500 ribu dulu sama Baim berdua. Baim Rp 700 ribu, saya Rp 500 ribu," kenang Raffi Ahmad sambil tertawa.

Selain mengawali karier sebagai model, Raffi juga mengikuti casting di berbagai tempat. "Dalam seminggu ada empat kali (casting), jadi Rp 500.000 dikali empat, Rp 2 juta," kata Raffi.

3. Sule.

upah artis © 2019 brilio.net

Komedian Sule menjadi artis Indonesia dengan bayaran termahal saat ini. Sule mengawali karirnya dari grup lawak lokal, SOS (Suwarna, Ogi, Sule), pada 15 November 1976. Dari grup lawak ini, Sule mendapat honor pertama sebesar Rp 20 ribu.

Meski begitu, Sule dan SOS mencoba peruntungan dan mengikuti ajang Audisi Pelawak Indonesia atau API pada 2004. Beruntung, grup SOS menjadi juara pertama dalam ajang API tersebut.

Sejak saat itu, nama Sule semakin dikenal. Bahkan Sule pernah membintangi beberapa film dan sinetron komedi. Sule juga pernah mencoba peruntungan dalam bidang menyanyi dan juga pembawa acara. Dari hasil kerja kerasnya, kini Sule mendapat upah hingga Rp 70 juta dalam sebulan.

4. Deddy Corbuzier.

upah artis © 2019 brilio.net

Deddy Corbuzier mengawali karier sebagai pesulap. Kini kehidupannya berubah drastis setelah menjadi presenter dan YouTuber. Penghasilannya juga fantastis, mencapai miliaran rupiah dalam sebulan.

Meski sudah setenar sekarang, Deddy tak malu menceritakan honor pertamanya. "Honor show saya berkisar Rp 150-250 juta, acara TV Rp 50 juta per show, MC Rp 100-150 juta. Pertama kali bermain sulap saya dibayar Rp 45 ribu di Dufan di era 1980-an," kata Deddy Corbuzier.

5. Titi Kamal.

upah artis © 2019 brilio.net

Titi Kamal merintis karier sebagai model tahun 1995. Kini, ia telah melebarkan sayap sebagai pemain film hingga penyanyi.

"Waktu itu habis foto cover majalah Rp 75.000 langsung belanja fast food sama teman-teman. Dan langsung habis," ujar Titi.

Kini pemasukan yang didapat Titi Kamal sudah mencapai puluhan juta. Pemasukan itu tak hanya dari bermain film, tetapi juga dari hasil berbagai usahanya.

6. Inul Daratista.

upah artis © 2019 brilio.net

Bayaran pedangdut Inul Daratista memiliki bayaran hingga ratusan juta sekali manggung. Tapi siapa sangka, Inul pernah mendapat bayaran di bawah Rp 5 ribu.

Sebelum setenar sekarang, Inul pernah menjadi penyanyi desa. Suatu hari Inul pernah diminta untuk mengisi acara. Inul juga tidak meminta imbalan apapun. Meski begitu, penyelenggara acara memintanya menunggu dan memberikan sebuah amplop.

Inul menjelaskan, isi amplop itu Rp 3.500. Ini adalah honor pertama Inul di era 80an. Inul juga pernah menyanyi keliling dan hanya diberi upah Rp 23.000.

7. Siti Badriah.

upah artis © 2019 brilio.net

Siti Badriah pernah mendapat bayaran pertama Rp 20 ribu. Dulu, ia mengaku tak peduli dengan hal tersebut.

"Honor pertama yang aku terima itu Rp 20 ribu. Itu Rp 20 ribu waktu aku masih kecil banget," kata Siti Badriah.

Kini honor yang didapat sudah mencapai puluhan juta rupiah. Meski begitu, Siti Badriah tetap akan manggung meski honor yang didapat tak terlalu besar.

8. Deddy Mizwar.

upah artis © 2019 brilio.net

Aktor senior Deddy Mizwar mengawali kariernya pada 1970-an. Nominal bayarannya tak sedikit, yakni mencapai puluhan juta.

Deddy pernah mendapat upah kecil. Ia menceritakan, upah itu ia dapat dari hasil bermain film. "Film pertama gue tahun 1976, dulu honornya Rp 250 ribu. Judul filmnya Cinta Abadi," kata Deddy.

9. Gilang Dirga.

upah artis © 2019 brilio.net

Aktor Gilang Dirga merintis kariernya tahun 2009 menjadi figuran FTV. Ia mendapat upah Rp 500 ribu yang kemudian ditabung.

"Sekitar Rp 500 ribuan. Ya, kalau di tivi selintas lewat terus udah nggak muncul-muncul lagi," kata Gilang.

Kini Gilang berhasil melewati masa-masa itu. Upah yang didapat Gilang juga cukup fantastis. Dari hasil usahanya, kini Gilang Dirga mampu membeli rumah hingga mobil mewah.

10. Denny Cagur.

upah artis © 2019 brilio.net

Komedian Denny Cagur menceritakan pernah mendapat honor pertama Rp 75.000 setelah unjuk kebolehan melawak. "Gue pernah dibayar manggung itu waktu ngelawak Rp 75 ribu, itu bagi tiga (satu grup lawak)," kata Denny Cagur.

Tak hanya itu saja, upah Denny meningkat menjadi Rp 250.000 lalu dibagi tiga. Meski begitu, Denny mengaku pernah dibayar hanya dengan nasi kotak.

"Kalo dulu gue dibayar Rp 75 ribu segala macem, sampe sekarang akhirnya gue bener-bener dulu dibayar nasi kotak, dibayar cuman pake stiker," kata Denny.

Namun berkat kerja keras Denny Cagur, kini ia memiliki upah lebih dari ratusan juta sebulan, hingga mampu membangun rumah mewah.