Brilio.net - Kabar duka tengah menyelimuti industri hiburan Tanah Air. Aktor Ade Firman Hakim mengembuskan napas terakhirnya pada Senin (14/9) pukul 17.20 WIB.

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com pada Selasa (15/9), kabar meninggalnya sang aktor pertama kali diketahui melalui unggahan Happy Salma melalui akun Instagram pribadinya. Kabar tersebut kemudian dibenarkan oleh sang adik, Dai Tirta.

"Ya diduga Covid meninggal jam 17.20 sebelum magrib," kata adik Ade Firman Hakim.

Sebelumnya, kondisi Ade Firman sempat mengalami penurunan selama seminggu terakhir. Ia harus menjalani perawatan di RS rujukan Covid-19 di RSUD Tarakan.

"Minggu lalu dia sudah drop parah tapi masih pegang HP, masih berusaha pegang HP, kontak teman-temannya, saya larang. Akhirnya makin drop saya bawa ke rumah sakit, suspect covid, akhirnya tadi 17.20 saya dipanggil dokter bilang udah nggak ada," papar sang adik.

Loading...

Ade Firman dimakamkan di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat. Jenazah juga dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19. Kendati demikian, pihak keluarga hingga saat ini masih menunggu hasil swab test dari Ade Firman Hakim yang baru dilakukan beberapa hari lalu.

Mendengar kabar duka tersebut, banyak warganet yang membanjiri kolom komentar di unggahan terakhir Ade Firman Hakim. Sederet sahabat selebriti pun turut memberikan ucapan duka atas kepergian sang aktor.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (15/9), berikut ucapan duka dan doa beberapa artis Tanah Air atas meninggalnya Ade Firman Hakim.

1. Happy Salma.

Dalam unggahan tersebut, aktris 40 tahun ini mengungkapkan rasa sedih dan penyesalannya. Ia juga menyebut bahwa Ade adalah sosok yang selalu positif dan punya daya juang tinggi.

"Dan setelah engkau pergi. Baru terasa penyesalan mendalam. Hanya sedikit perhatian dan waktuku untukmu @adefirmanhakim terbayang selalu wajah mu yang manis dan teduh. Komentarmu yang selalu positif dan semangat hidup mu yang tinggi. Kamu sabar dan Pandai melucu....kamu ikhlas kalau di goda siapapun dan selalu tawa yang keluar sebagai balasannya," tulisnya.

2. Lukman Sardi

Aktor senior Lukman Sardi mengungkapkan bahwa sosok Ade Firman Hakim merupakan seorang yang sangat positif dan selalu menebarkan kebaikan.

3. Vino G Bastian

Selain mengucapkan doa, Vino G Bastian juga berkata bahwa Ade Firman Hakim menjadi salah satu karakter penting dalam film Buya Hamka.

4. Hedi Yunus

ucapan seleb untuk Ade Firman Instagram

foto: Instagram/@hedi_yunus

Penyanyi Hedi Yunus sangat merasa kehilangan atas meninggalnya Ade Firman Hakim. Ia bahkan masih menyimpan sebuah baju pinjaman dari sang aktor.

5. Harris Vriza.

ucapan seleb untuk Ade Firman Instagram

foto: Instagram/@harrisvriza

Tak hanya mengucapkan kalimat duka, aktor muda Harris Vriza juga berterima kasih atas semua ilmu yang telah Ade Firman berikan untuknya.

6. Ardina Rasti.

ucapan seleb untuk Ade Firman Instagram

foto: Instagram/@ardinarasti6

Aktris Ardina Rasti mengungkapkan bela sungkawa sekaligus rasa rindu terhadap mendiang Ade Firman Hakim lewat Instagram Story.

7. Haykal Kamil.

ucapan seleb untuk Ade Firman Instagram

foto: Instagram/@haykalkamil

Haykal Kamil adalah rekan Ade Firman di Teater Abang None. Mendengar kabar duka tersebut, Haykal Kamil pun turut mengunggah ucapan duka atas kepergian sang sahabat.

8. Gilang Ramadhan

Musisi sekaligus drummer, Gilang Ramadhan cukup terkejut akan kepergian Ade. "Rest In Love, Brother. Al Fateehah. Aamiin," ucap Gilang.

9. Shahnaz Haque.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hanya @adefirmanhakim yang bisa membuat saya harus melek dan memperhatikan dengan teliti setiap gerakan ‘acting‘ panggungnya. Karena di akhir pertunjukan selalu bertanya, “Bagaimana tadi? Suara aku aman terdengar sampai ke bangku belakang nggak? Nyanyi tidak fals di telinga?”. Dan saya harus bisa memberi ‘feedback’ setiap pertanyaan tersebut dari mata, telinga dan rasa sebagai seorang penonton. Ketika tahun lalu film Ratu Ilmu Hitam beredar, hanya Ade yang bisa memaksa saya menonton film horor Indonesia. Karena wajib bisa menjawab tentang kesan dari karakter baru, yang selalu ia mainkan berbeda di setiap filmnya. Sebaliknya, Ade yang ikut sibuk membantu mencarikan narasumber jika saya membuat sebuah acara ‘talkshow’, mengawal sampai sukses berjalan lancar. Ade selalu tahu bagaimana menyenangkan hati orang lain. Sahabatnya banyak. Beragam latar belakang, semua bisa cocok dengannya. Si Abang Jakarta itu telah ‘pulang’, ke kota yang baru. Tempat baik yang bebas dari segala virus seperti di dunia sekarang ini. Dia akan menjadi pemenang Abang di kota barunya itu. Dengan bekal banyaknya catatan kebaikan. Kumpulan kebaikan kecil yang ditulis oleh malaikat, seperti ketika memberikan obat batuk, saat saya sakit di balik panggung. Entah apa kumpulan barisan kebaikan lainnya, tercatat di buku yang akan diterima dengan tangan kanannya kelak. Adakalanya dalam kehidupan, ada sesosok jiwa yang bisa meninggalkan jejak begitu dalam, walau dalam waktu singkat. Itulah @adefirmanhakim. Semua yang pernah kenal dengan almarhum pasti merasakan kesedihan yang teramat dalam. Mungkin, pada awalnya tak dapat menerima kenyataan yang ada. Hanya doa yang dapat mengiringi kepergian sang jiwa. Dari kejadian dan peristiwa takdir yang ada, setiap insan harus mampu ikhlas menjalani jejak jalan kehidupan. Bagi yang ditinggalkan, tentu akan selalu merasakan “Kesedihan” saat berkenang. Akan tapi untuk yang pergi meninggalkan, akan selalu menyambut sebuah "KEBAHAGIAAN" di masa depannya yang baru. Karena akan berjumpa dengan Sang Sutradara Kehidupan, Allah SWT, disorot cahaya kebaikan. #restinlove #adefirmanhakimmeninggal #seeyouagain

A post shared by Shahnaz Haque (@shahnaz.haque) on

Shahnaz Haque menuliskan kalimat panjang yang berisi akan kekagumannya terhadap sang aktor. Unggahan Shahnaz tersebut pun juga tak luput dari doa dan rasa bela sungkawa dari para warganet.

10. Poppy Putri

ucapan seleb untuk Ade Firman Instagram

foto: Instagram/@poppyputri

Presenter Poppy Putri juga mengungkapkan rasa kehilangan atas kepergian aktor berbakat sekaligus rekannya tersebut.