Brilio.net - Indonesia sedang berduka atas terjadinya bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4). Tidak hanya merusak fasilitas umum tapi juga memakan korban jiwa. Data terbaru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (7/4) menyatakan bahwa korban meninggal dunia mencapai 138 jiwa dan 61 orang masih dalam proses pencarian. 

Tagar #PrayforNTT menjadi trending di media sosial sejak Senin (5/4) lalu. Sejumlah seleb Tanah Air juga turut menyuarakan rasa dukacita dengan ikut meramaikan tagar #PrayForNTT. Tidak hanya itu, para seleb ini juga bergandengan tangan untuk menggalang dana bagi korban banjir bandang dan longsor di NTT. Bahkan ada salah satu selebgram yang mampu mengumpulkan donasi sebesar Rp 1 miliar hanya dalam waktu semalam.

Berikut ini beberapa seleb Tanah Air yang galang dana bagi korban banjir bandang NTT. Dirangkum brilio.net dari beberapa sumber, Jumat (9/4/).

1. Rachel Vennya.

Seleb galang dana NTT dari berbagai sumber

Loading...

foto: Instagram/@rachelvennya

Selebgram Rachel Vennya diketahui turut melakukan penggalangan dana untuk korban bencana alam NTT di akun kitabisa.com. Tidak tanggung-tanggung, Rachel Vennya mampu mengumpulkan donasi sebesar Rp 1 miliar hanya dalam waktu semalam. Padahal dirinya hanya menargetkan dana sebanyak Rp 500 juta.

"Jujur kalian GOKKKHHIIIELLL!!! Rp 1 miliar dalam semalam," tulis Rachel dalam captionnya.

Donasi yang terkumpul ini akan ditujukan untuk kebutuhan pokok, seperti makanan dan minuman untuk warga terdampak bencana, kebutuhan perempuan, balita, dan anak-anak, serta alat sanitasi dan fasilitas pengungsian.

2. Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

Seleb galang dana NTT dari berbagai sumber

foto: Instagram/@attahalilintar

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah turut mengajak masyarakat untuk berdonasi bagi korban bencana alam di NTT. Sama seperti Rachel Vennya, Atta dan Aurel juga membuka donasi lewat kitabisa.com. Update terbaru, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah diketahui sudah mengumpulkan sebanyak Rp 400 juta. Hal ini bisa dilihat dari unggahan Instagram Atta Halilintar. Penggalangan dana masih terus dibuka melalui kitabisa.com/solidaritasuntukwargantt. Youtuber berusia 26 tahun ini tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana tersebut.

3. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Seleb galang dana NTT dari berbagai sumber

foto: Instagram/raffinagita1717

Pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga ikut mengajak masyarakat untuk membantu para korban bencana banjir dan tanah longsor di NTT. Penggalangan dana ini dibuka oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN) tanggap bencana dan bergerak melakukan Aksi Bersama Bantu Sesama (ABBS). Dalam unggahannya, Raffi Ahmad menuliskan jika bantuan yang diterima bisa berupa uang ataupun barang. Donasi tersebut akan ditutup pada 13 April 2021.

4. Kunto Aji.

Seleb galang dana NTT dari berbagai sumber

foto: Instagram/@kuntoajiw

Musisi Kunto Aji juga turut menggalang dana bagi korban bencana di NTT melalui kitabisa.com/bantubanjirntt. Sejak dibuat 5 April lalu, donasi yang masuk sudah ribuan. Dalam akun Instagram pribadinya, Kunto mengajak siapa saja yang memiliki rezeki lebih untuk ikut berdonasi.

"Saya bersama @kitabisacom membantu menggalang dana untuk teman-teman korban banjir di NTT. Untuk yang punya rejeki lebih dan mau membantu silakan cek link di bio. Yang belum ada rejeki boleh bantu doa ya," tulis Kunto.

5. Andien.

Seleb galang dana NTT dari berbagai sumber

foto: Instagram/@andienaisyah

Musisi lain yang membuka galang dana lewat kitabisa.com adalah Andien. Dalam akun Instagram pribadinya, Andien berkisah bagaimana hatinya sangat hancur saat daerah yang menjadi destinasi favoritnya mengalami bencana alam. Terhitung, dana yang terkumpul di kitabisa.com/bantuwargaterdampakntt mencapai lebih dari Rp 100 juta dari target Rp 200 juta. Andien pun mengajak semua masyarakat untuk membantu para korban di NTT dengan sedikit menyisihkan rezeki yang dimiliki.

"Jika kamu terpanggil untuk menyisihkan rezeki untuk membantu saudara yang terdampak bencana, aku membuka donasi untuk penyediaan kebutuhan bagi para korban bencana." tulis Andien dalam captionnya.

6. Marion Jola.

Seleb galang dana NTT dari berbagai sumber

foto: Instagram/@lalamarionmj

Penyanyi asal Kupang, NTT ini turut berdukacita atas bencana yang menimpa kampung halamannya. Bahkan dirinya mengaku tak bisa tidur, karena kepikiran tanah kelahirannya yang terkena musibah.

"NTT membutuhkan bantuan. Korban jiwa, cedera, korban yang hilang, kerugian infrastruktur, kebutuhan sembako, dan tempat pengungsian yang layak, NTT membutuhkan bantuan dari kita semua," tulis Marion dalam instagram pribadinya.

Marion berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp 21,6 juta dalam waktu sehari.

7. Ernest Prakasa.

Seleb galang dana NTT dari berbagai sumber

Seleb galang dana NTT dari berbagai sumber

foto: Twitter/@ernestprakasa

Komika terkenal Ernest Prakasa membantu membagikan sejumlah akun galang dana yang sudah terverifikasi.

"Jumlah korban belum di-update, pun demikian dengan titik banjirnya. Saat ini keadaan sudah makin parah. Tapi untuk sementara, teman-teman bisa membantu salah satunya melalui jalur ini." tulisnya di Twitter.

"Penyaluran bantuan yang sudah saya verifikasi secara pribadi ada di poster-poster ini. Yuk, teman-teman, mari kita ulurkan tangan buat para korban bencana banjir bandang di NTT," lanjut Ernest Prakasa.

8. Reza Rahardian.

Seleb galang dana NTT dari berbagai sumber

foto: Instagram/@officialpilarez

Selebriti yang juga turut membuka donasi bantuan bagi korban bencana alam di NTT adalah aktor Reza Rahardian. Melalui akun Reza Rahardian Official Fanbase, Reza mengajak masyarakat untuk bisa membantu para korban di NTT. Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat yang berada di lereng gunung api Ile Ape Lewotolok yang terkena dampak banjir lahar dingin pada 5 April 2021 lalu. Targetnya adalah perempuan, lansia, ibu hamil, dan balita.