Brilio.net - Aktris kawakan Tanah Air, Ria Irawan mengembuskan napas terakhir, Senin (6/1) pagi. Sang suami, Mayky Wongkar juga telah membenarkan kabar duka tersebut. Kepergian dari wanita 50 tahun itu karena kanker getah bening. Sejak 2015 Ria Irawan terus berusaha melawan penyakit mematikan itu. Pada 2017 Ria sempat berujar kalau sel kanker telah pergi dari tubuhnya.

Pada September 2019, ia kembali harus melewati berbagai perawatan karena sel kanker getah bening menyerang lagi. Sayangnya penyakit itu telah menjalar ke paru-paru dan otaknya. Kendati begitu, semangat juang dari Ria Irawan tak pernah patah. Segala upaya telah ia tempuh demi mendapatkan kesembuhan. Hingga ia harus merelakan mahkota kepala.

Mendengar kabar duka ini, tentu saja mengundang perhatian dari masyarakat. Warganet pun berbondong-bondong mengucapkan duka citanya melalui akun Instagram Ria Irawan. Tidak hanya masyarakat awam, deretan selebriti Tanah Air juga turut mengucapkan bela sungkawa.

Lantaran Ria Irawan adalah sosok yang dikenal baik dan dekat dengan rekan selebriti lainnya. Tak hanya itu, Ria Irawan yang sudah bermain film sejak tahun 1970-an memberikan warna tersendiri bagi dunia perfilman Indonesia.

Wanita pemilik nama asli Chandra Ariati Dewi Irawan itu memang dikenal sebagai selebriti multitalenta. Nggak hanya sukses di dunia peran, tapi ia juga piawai di balil layar, bahkan sempat berkecimpung di dunia tarik suara. Berikut jejak karier seorang Ria Irawan, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (6/1).

 

1. Lahir dari keluarga yang berkecimpung di film.

Jejak karier Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Ria Irawan merupakan wanita kelahiran Jakarta, 1969. Dia adalah anak dari pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan. Sang ayah yakni Bambang Irawan juga merupakan seorang aktor dan sutradara. Mulai dari Belas Kasih, Tiga Dara, hingga Pedjuang pernah dimainkan oleh ayah Ria. Sama halnya dengan sang ibu, Ade Irawan juga merupakan aktris papan atas. Ade Irawan sering terlihat berperan di film bersama Rhoma Irama.

 

2. Usia 4 tahun jadi figuran.

Jejak karier Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Besar di lingkungan film, seolah darah seni mengalir pada Ria Irawan. Hal itu membuat Ria Irawan kemudian tertarik dengan akting. Di usianya yang masih kecil, sejak umur empat tahun Ria mulai terjun di film. Film pertamanya berjudul Sopir Taxi, tayang pada 1973. Meskipun kala itu Ria hanya berperan sebagai figuran, namun usaha dan aktingnya sempat jadi sorotan.

 

3. Sejak tahun 1970-an membintangi puluhan film.

Jejak karier Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Setelah berhasil di film pertama, Ria Irawan mulai mengepakkan sayapnya. Di usia yang masih belia, sekitar tahun 1970-an sudah banyak film yang pernah ia mainkan. Mulai dari Fajar Menyingsing, Chicha, Siulan Rahasia, dan Istriku Sayang Istriku Malang. Seiring berjalannya waktu, akting Ria semakin berkembang. Tahun berganti tahun, sudah lebih dari empat puluh film pernah ia bintangi.

 

4. Panen prestasi.

Jejak karier Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Tampil piawai sebagai pemain film, tentu saja membuatnya panen pujian dari masyarakat. Tak ketinggalan beragam prestasi pun pernah Ria Irawan sabet. Mulai dari sebagai nominasi, hingga berhasil menang banyak penghargaan perfilman.

Tercatat mulai 1985 hingga 2015, ia sudah masuk sebagai nominasi sebanyak 9 kali, termasuk Festival Film Indonesia (FFI). Dalam kurun waktu tersebut, sudah 5 kali ia berhasil menang, salah satunya adalah meraih piala FFI tahun 1988 kategori Pendukung Wanita Terbaik dalam film Selamat Tinggal Jeanette. 

 

5. Membentuk grup vokal.

Jejak karier Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Nggak hanya dunia film saja, seleb multitalenta itu juga merambah di dunia tarik suara. Dirinya tergabung di grup bernama Japras. Album yang ia keluarkan sempat booming pada masanya. Tak tanggung-tanggung, Ria juga sempat berkolaborasi dengan Rano Karno, bernyanyi dan membuat album dangdut bersama. Ria juga pernah membentuk trio bersama Nurul Arifin dan Ita Mustafa

 

6. Merambah profesi fotografi dan penyutradaraan videoklip.

Jejak karier Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Seolah belum puas dengan kesuksesan kariernya, Ria juga merambah sebagai produser albumnya sendiri. Berjudul 'Untuk Kamu', Ria Irawan bekerja sama dengan Deddy Dhukun. Selain itu Ria juga sempat menjajal profesi fotografi dan penyutradaraan videoklip. Ria pernah menggarap klip bersama seleb papan atas seperti Anggun C. Sasmi. Sedangkan untuk fotografi, Ria Irawan bekerja sama dengan Jay Subijakto dan Rizal Mantovani.

 

7. Sempat vakum main film setelah Kuldesak.

Jejak karier Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Ria Irawan pernah tinggal bersama sang kakak, Dewi di Milan. Waktu itu sekaligus Ria menempuh pendidikan seni, desain grafis. Saat itu Ria sempat bolak-balik ke Indonesia untuk syuting film Kuldesak. Namun setelah film Kuldesak tayang, pada 1996 Ria Irawan memutuskan untuk vakum. Ria pun memutuskan tinggal sementara di luar negeri.

 

8. Kembali main film.

Kondisi kritis Ria Irawan sesaat sebelum tutup usia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@riairawan

Ria kembali ke layar lebar dengan membintangi Biola Tak Berdawai. Berkat perannya sebagai Renjani, Ria mendapat gelar The Best Actress dalam ajang Festival Film Asia Pasific di Iran pada 2003. Setelah itu ia bermain dalam film Madame X, Arisan!2, Romantini, Bulan di atas Kuburan dan terakhir pada tahun 2019 ia ikut bermain dalam Wedding Agreement.