Brilio.net - Kabar duka datang dari dunia film. Aktris kawakan Indonesia Ria Irawan menghembuskan napas terakhirnya pada Senin (6/1) pagi saat azan Subuh. Ria Irawan meninggal setelah sekian lama berjuang melawan kanker dan tumor.

Mayki Wongkar suami Ria Irawan pun membenarkan kabar duka tersebut. Ria Irawan meninggal di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. "Iya (Ria) barusan (meninggal), tadi pas adzan Subuh. Memang udah kritis mas (terisak)," ungkap suami yang setia mendampinginya

Sejak beberapa tahun terakhir, Ria Irawan menderita sakit kanker kelenjar getah bening, yang sudah menjalar ke paru-paru dan otaknya. Sejak September 2019 ia terus menjalani perawatan isentif. Pada November 2019 lalu, ia bahkan sempat dilarikan ke IGD sebuah rumah sakit Jakarta. Demi mendapatkan kesembuhan total, berbagai tindakan medis pun dilalui wanita 50 tahun itu.

Sama halnya dengan pasien kanker pada umumnya, Ria kala itu rutin menjalani kemoterapi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Sebagai penderita kanker, penampilannya kian berubah seiring waktu. Namun takdir tidak ada yang tahu, usaha kerasnya untuk bisa sembuh terhenti pada Senin (6/1).

Berikut ini deretan potret kenangan Ria Irawan semasa berjuang untuk melawan kanker dan tumor, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (6/1).

Loading...

1. Kanker Endometrium.

8 Momen kenangan Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Sebelum divonis mengidap kanker getah bening, pada 2009 silam Ria pernah mengidap kanker Endometrium. Kanker itu berasal dari miom yang tumbuh di rahimnya. Hingga akhirnya miom semakin menebal dan menjadi kanker di dinding rahimnya. Pada 2014 ia memutuskan untuk melakukan pengangkatan dinding rahim.

2. Kanker kelenjar getah bening.

8 Momen kenangan Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Selesai dengan kanker Endometrium, Ria Irawan kembali divonis mengidap kanker. Berbeda dari sebelumnya, pada 2015 kanker getah bening lah yang menyerang tubuh Ria. Berbagai perawatan pun mulai dilakukan oleh Ria Irawan.

3. Menikah saat berjuang melawan kanker.

pernikahan Ria Irawan © 2016 istimewa

foto: Instagram/@atrie

Setelah lama bercerai, Ria Irawan kembali menemukan pujaan hatinya lagi. Pada 23 Desember 2016, saat ia melawan penyakit kanker pertama kali, Mayky hadir dalam hidupnya. Mayky merupakan asisten pribadinya. Di akhir tahun 2019 lalu, keduanya juga sempat merayakan hari pernikahan mereka ketiga. Momen manis itu terjadi saat Ria kembali harus melawan penyakit kanker lagi.

4. Kanker kelenjar getah bening kembali datang.

8 Momen kenangan Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Ria Irawan sempat berbagi cerita kalau sel kanker yang ada pada dirinya sudah hilang pada 2017 lalu. Kendati demikian, pada September 2019 sel kanker kembali menyerang tubuh aktris yang sudah bermain film sejak tahun 1970-an itu.

Kesehatan Ria Irawan sempat menurun. Dia pun harus menjalani perawatan du Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Tak sendirian, suami tercintanya, Maiki selalu terlihat setia mendampinginya.

5. Kesulitan bicara.

8 Momen kenangan Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Ria Irawan sempat berbagi pengalaman, saat ia tengah dirawat di rumah sakit. Saat itu tumor yang ada di kepalanya membuat syaraf bicaranya tertekan. Karena itu Ria mengaku kesulitan bicara. Namun semua itu tak membuat semangat Ria jadi patah. Dengan sabar, ia mulai belajar bicara lagi.

"Karena ada tumor didalam kepala, yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan,akhirnya saya harus belajar pelan-pelan belajar berbicara dengan baik, tapi setiap saya mau belajar, pasien disebelah saya juga belajar, belajar menahan sakit," tulis Ria Irawan.

6. Tetap tegar dan semangat meski dirawat dengan BPJS kelas 3.

8 Momen kenangan Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Hidup sebagai selebriti, tak membuat Ria menjalani perawatan di rumah sakit kelas atas. Melalui Instagramnya, Ria Irawan jusrtu berbagi cerita kalau ia dirawat menggunakan BPJS, kelas 3.

Meskipun begitu, ia tetap sabar dan selalu bersyukur. Dia terus berdoa supaya menjadi sosok yang lebih baik lagi. Melihat unggahannya waktu itu, banyak warganet yang memberikan dukungan. Mereka mendoakan supaya pemain Biola Tak Berdawai itu cepat sembuh.

"Ya begini lah Keseruan dirawat inap kelas 3 BPJS ,semoga bisa merefleksikan diri saya untuk menjadi yg lebih baik lagi,. Sakit sudah bisa,menjadi lebih baik itu luar biasa.,trimakasi buat semua doa nya," tulisnya.

7. Tampil botak efek dari kemoterapi.

8 Momen kenangan Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

Melawan penyakit ganas, Ria Irawan tetap menjadi pribadi yang kuat dan penuh semangat. Melalui berbagai unggahannya di Instagram, ia terlihat tetap ceria dan sering berbagi senyuman. Sempat harus menjalani kemoterapi lagi, rambut Ria Irawan kembali botak.

Ini bukan pertama kali baginya, sebelumnya pada 2015 silam kepala Ria juga botak setelah menjalani kemoterapi. Sama halnya dengan dulu, di momen kedua kalinya itu Ria Irawan tetap tampil penuh percaya diri.

8. Kondisinya dikabarkan sempat membaik.

8 Momen kenangan Ria Irawan instagram

foto: Instagram/@riairawan

November 2019, Ria Irawan sempat dilarikan ke rumah sakit. Setelah menjalani masa perawatan, memasuki hari keempat Ria Irawan memperlihatkan kemajuan. Sambil tiduran di atas kasur rumah sakit dan berwajah pucat, Ria Irawan tetap tersenyum di layar kamera.

"Never give up, hari ke empat. Alhamdullilah.. Semakin baik. Tadi sudah bisa jalan ke toilet," kata Ria Irawan.