Brilio.net - Menolong sesama yang membutuhkan adalah kewajiban setiap manusia. Apalagi bila manusia tersebut mendapat anugerah berupa banyak rejeki, tak ada salahnya untuk sedikit menyisihkan harta yang diperolehnya untuk beramal.

Banyak yang menyampaikannya secara langsung tapi tak jarang juga mereka mendirikan yayasan sosial untuk menyalurkan bantuan di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, maupun santunan bagi fakir miskin.

Seperti tujuh selebriti Indonesia yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/3) ini. Mereka mendirikan yayasan sosial untuk menolong sesama yang membutuhkan. Siapa saja selebriti berhati mulia tersebut?

1. Nadya Mulya

Nadia Mulya © 2017 brilio.net foto: kapanlagi.com

Ia mempunyai yayasan yang berada di daerah bencana Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Yayasan miliknya bertugas memberikan penyembuhan trauma jiwa korban bencana, penanaman nilai cinta Tanah Air dan mengajarkan Bahasa Inggris.

2. Celine Evangelista

Yayasan © 2017 Istimewa foto: kapanlagi.com

Mungkin nggak banyak yang tahu kalau artis yang kini jadi istri Stefan Williams ini punya yayasan yang memberikan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu yang ada di Surabaya, Jawa Timur. Celine mengatakan kalau sekolah yang didirikannya itu tidak mewajibkan muridnya membayar.

"Seikhlasnya saja, kalau nggak mampu ya nggak apa-apa," ujarnya.

3. Cinta Laura

Yayasan © 2017 Istimewa foto: Instagram/@claurakiehl

Aktris dengan aksen khas ini mendirikan yayasan bernama Sekarseno Peduli yang membawahi 11 sekolah di Bogor, Jawa Barat. Di sekolah yang ada di bawah yayasannya, semua muridnya bebas biaya karena kebanyakan dari kalangan kurang mampu.

4. Sam Brodie

Yayasan © 2017 Istimewa foto: merdeka.com

Sam Brodie mebentuk yayasan yang diberi nama Mama Sam yang fokus untuk membantu anak-anak yatim. Sam mengatakan dengan cara inilah dia bisa berbagi dengan sesama khususnya anak-anak yang tak lagi mempunyai ayah.

"Bikin semangat nyari uang karena ada niat untuk membantu orang lain," ungkapnya.

5. Agnez Mo

Yayasan © 2017 Istimewa foto: Instagram/@agnezmo

Agnez punya yayasan yang dinamakan Anak Muda Punya Foundation yang bergerak membantu korban bencana alam seperti tsunami, maupun banjir di beberapa daerah.

6. Titiek Puspa dan Camelia Malik

Yayasan © 2017 Istimewa foto: citraku.com

Dua artis senior ini punya yayasan yang bergerak di bidang kebudayaan. Tujuannya untuk menjaga seni dan budaya Indoensia agar terus dilestarikan oleh generasi muda.

7. Tompi

Yayasan © 2017 Istimewa foto: merdeka.com

Penyanyi yang juga seorang dokter tersebut bersama beberapa rekannya sesama dokter punya yayasan bernama Gebtur Cleft Foundation yang fokus membantu masyarakat yang menderita bibir sumbing. Memberikan bantuan dana bila penderita bibir sumbing akan melakukan operasi untuk meringankan bebannya.