Brilio.net - Indonesia kembali berduka usai kehilangan musisi hebat Glenn Fredly yang dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (8/4). Kabar berpulangnya Glenn juga telah dikonfirmasi oleh sahabatnya, Tompi. Dikutip brilio.net dari liputan6.com, Tompi juga membagikan pesan WhatsApp ini pada awak media.

"Telah berpulang saudara kami, Glenn Fredly, malam ini. Mhn dimaafkan semua salahnya. Dia yg selalu hadir menggerakkan kita semua."

Sebelum mengembuskan napasnya yang terakhir, Glenn sempat dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan di RS Setia Mitra, Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Namun Tuhan berkehendak lain, kondisi kesehatan Glenn pun semakin menurun. Menurut keterangan dari pihak keluarga, penyebab kematian Glenn adalah penyakit meningitis.

Kepergian Glenn Fredly yang tiba-tiba ini tentu menyisakan duka mendalam bagi keluarga, sahabat, dan para penggemar. Ribuan ucapan duka membanjiri Instagram sang musisi. Tak sedikit pula yang mengucapkan terimakasih atas semua karya-karyanya yang melegenda.

Untuk mengenang kepergiannya, berikut perjalanan karier Glenn Fredly dari vokalis band hingga musisi kawakan, seperti yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (9/4).

Loading...

1. Vokalis band Funk Section.

foto: Instagram/@irfanchasmala

Sejak kecil Glenn Fredly sudah menunjukkan ketertarikannya pada dunia musik. Suara emasnya berhasil membuat Glenn memenangkan banyak perlombaan. Namun ia mulai serius menjadi penyanyi saat lulus SMA. Ia bersama teman-teman sekolahnya membuat band bernama Funk Section. Dimana posisi Glenn sebagai vokalis.

Ketika namanya telah besar pun, Glenn Fredly tak lantas melupakan teman-temannya. Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Glenn Fredly mengenalkan anggota band nya ini saat mengadakan konser bertajuk Menanti Arah.

"20 tahun lalu saya masih pakai putih abu. Malam hari ini untuk pertama kalinya bersama band saya Funk Section mereka adalah orang-orang berpengaruh untuk musik saya" ucap Glenn.

2. Masuk ke label Sony Music Indonesia dan bersolo karier.

foto: Instagram/@glennfredly309

Setelah tiga tahun bersama band Funk Section, Glenn Fredly pun masuk ke label Sony Music Indonesia dan memutuskan untuk bersolo karier. Ia meluncurkan album bertajuk GLENN dengan 8 buah lagu, termasuk lagu "Kau" dan "Cukup Sudah" yang saat itu sering dinyanyikan Glenn kala manggung.

Tak hanya di Indonesia, kedua lagu tersebut juga populer di Malaysia. Pada tahun 2000, Glenn kembali merilis album kedua dengan lagu andalannya "Salam Bagi Sahabat" dan "Kasih Putih".

3. Mendulang kesuksesan di album ketiga.

foto: Instagram/@glennfredly309

Meski memiliki lagu yang cukup terkenal di album pertama dan kedua, album ketiga Glenn lah yang diakui paling mendulang kesuksesan. Pada album ketiga ini, nama Glenn Fredly sebagai penyanyi Indonesia mulai diperhitungkan. Lagu bertajuk "Januari", "Terpesona", "Terserah" serta "Sekali Ini Saja" menjadi lagu yang hits dan melegenda hingga saat ini.

4. Merilis album rohani.

foto: Instagram/@glennfredly309

Glenn Fredly juga pernah merilis album rohani bertajuk "Terang". Ada 10 lagu special Natat yang ada dalam album tersebut. Glenn juga berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi lain seperti Rio Febian, Edo Kondolongit, dan grup Pasto.

2 dari 2 halaman

5. Membentuk Trio Lestari.

foto: Instagram/@triolestari

Tak hanya bersolo karier, Glenn Fredly juga berkolaborasi dan membentuk grup trio bersama Tompi dan Sandy Sandhoro. Memadukan tiga penyanyi dengan vokal yang khas, Trio Lestari berhasil menjadi grup musik pop jazz yang paling digandrungi. Trio Lestari merilis album bertajuk "Wangi" dengan berisikan tujuh lagu. Salah satu lagu yang populer adalah "Gelora Cinta".

6. Menjadi produser musik.

foto: Instagram/@yurayunita

Dengan segala pengalamannya di dunia musik, Glenn Fredly juga menjajal profesi sebagai produser musik. Pada tahun 2005, ia menjadi produser untuk album dari grup Pasto. Ia juga membimbing Yura Yunita sebagai solois wanita pendatang baru. Lagu duetnya berjudul "Cinta dan Rahasia" juga berhasil merajai tangga lagu di Indonesia.

7. Meraih penghargaan bergengsi.

foto: Instagram/@glennfredly309

Karier Glenn Fredly di tengah persaingan dunia musik Indonesia tak bisa dianggap remeh. Sejumlah penghargaan bergengsi telah berhasil diraihnya. Beberapa penghargaan tersebut antara lain:

1. Juara lomba menyanyi yang diadakan oleh Yayasan Musik Indonesia pada 1984, Vini Vidi Vici.
2. Juara dalam Citra Pesona RCTI tahun 1992.
3. Planet Music Award tahun 2000 untuk kategori Lagu Terbaik Pilihan Pendengar.
4. Anugerah Industri Musik Malaysia tahun 2000 untuk kategori Album Indonesia Terbaik.
5. Mendapatkan sejumlah penghargaan AMI Award:
- AMI Award For Best Urban Production Work "Kasih Putih" (2001).
- AMI Award For RnB Male Solo "Kasih Putih" (2001).
- AMI Award For Pop Song "Dibalas Dengan Dusta" (2004).
- AMI Award For Best Pop Male Solo Artist (2005).
- AMI Award For Best Mix Engineer "When I Fall In Love" (2006).
- AMI Award For Best Foreign Language Song "When I Fall In Love" (2006).
- AMI Award For Jazz Production Works "Tega" (2006).
- AMI Award For Urban Pop Male/Female Artist (2013).
5. Piala Maya tahun 2020 untuk kategori Lagu Tema Terpilih berjudul "Kembali ke Awal" untuk film "Twivortiarte"