Brilio.net - Kisruh masalah royalti kembali mencuat di dunia musik Tanah Air. Sejumlah penyanyi pun sempat terlibat dalam masalah ini. Pasalnya, mereka dianggap mengkomersilkan lagu tanpa seizin pencipta lagu di acara on air maupun off air.

Para pencipta dan komposer lagu merasa bayaran royalti yang mereka terima tidaklah sebanding dengan penyanyi yang mendapatkan honor fantastis di panggung komersil. Imbasnya, para penyanyi ini pun dituntut untuk meminta maaf dan mengganti rugi sejumlah uang pada sang pencipta lagu.

Terbaru, Agnez Mo yang dilarang membawakan lagu 'Bilang Saja'. Ia diminta oleh musisi sekaligus komposer, Ari Bias untuk membayar biaya penalti karena menggunakan lagu 'Bilang Saja' tanpa izin saat menggelar konser pada Mei 2023 lalu.

Tak hanya Agnez Mo, beberapa penyanyi ini juga sempat terlibat masalah royalti. Berikut ulasannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (4/5).

1. Agnez Mo.

penyanyi pernah disomasi royalti © instagram

foto: Instagram/@agnezmo

Agnez Mo mendapatkan somasi dari musisi sekaligus komposer, Ari Bias perihal penggunaan lagu ciptaannya, "Bilang Saja" di tiga konser musik tanpa izin. Sebelum melayangkan somasi, Ari Bias berkomunikasi dengan Steve, yang merupakan kakak sekaligus manajer Agnez Mo. Namun, ia tidak mendapat jawaban positif.

Ari Bias meminta pihak Agnez Mo membayar biaya penalti total sebesar Rp 1,5 miliar untuk tiga lagu yang dinyanyikan di tiga konser yakni, Surabaya, Bandung dan Jakarta.

"Karena kita bicara kejadian saat event, jadi totalnya Rp 1,5 miliar atau Rp 500 juta untuk masing-masing event. Itu menjadi tanggung jawab mereka berdua," kata Ari dilansir dari kapanlagi.com.

2. Ian Kasela.

penyanyi pernah disomasi royalti © instagram

foto: Instagram/@iankaselaradja

Rival Achmad Labbaika sebagai sosok yang mengaku pencipta lagu Cinderella juga melayangkan somasi kepada Ian Kasela selaku vokalis Band Radja. Disebutkan, jika lagu Cinderella sudah ditulis oleh Rival sejak 1996 dan direkam pada 1998 bersama Fresh Band.

Pemilik lagu, Rival Achmad Labbaika memutuskan untuk menuntut Ian Kasela membayar ganti rugi senilai Rp 20 miliar. Hal ini karena Rival menganggap dirinya sudah mengalami kerugian secara hak moral dan ekonomi yang diduga belum dipenuhi oleh Ian.