Brilio.net - Nama Inul Daratista dikenal sebagai salah satu pedangdut papan atas Indonesia. Istri dari Adam Suseno ini melejit lewat goyang ngebor di awal kariernya. Meksi begitu, goyang khas yang dimiliki Inul itu sempat menuai protes lantaran diangap terlalu vulgar. Bahkan kasus tersebut sempat menimbulkan perseteruan antara Inul dan Rhoma Irama.

Namun perjalanan karier Inul terus berlanjut. Ibu satu anak ini terus membuktikan kemampuannya dan menunjukkan bahwa ia layak untuk bertahan di panggung hiburan. Berbagai panggung berhasil Inul jalani dan menjadi artis papan atas. Bahkan ia kini juga dipercaya menjadi juri ajang pencarian bakat dangdut.

Kesuksesan yang saat ini berhasil didapatkan Inul menjadi bukti kerja kerasnya tak mengkhianati hasil. Lika-liku perjuangan Inul Daratista sebelum menjadi artis papan atas bukanlah jalan yang mudah. Banyak halangan yang harus ia lalui selama merintis menjadi seorang penyanyi. Tak sedikit hal memilukan yang harus ia lalui, mulai dari berjualan kacang hingga sempat diajak tidur produser di awal kariernya.

Nah seperti apa saja kisah perjuangan Inul Daratista dalam merintis karier? Berikut ulasan brilio.net pada Selasa (11/2) dari berbagi sumber.

1. Berasal dari keluarga sederhana.

Loading...

perjuangan Inul  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inul.d

Perempuan yang mulai dikenal publik pada tahun 2003 ini berasal dari keluarga sederhana. Lahir dari ayah yang seorang penjahit dan seorang ibu rumah tangga, membuat Inul hidup dalam kesederhanaan. Sebagai anak sulung dari lima bersaudara, Inul Daratista harus ikut turun tangan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Saat menjadi bintang tamu di acara Okey Bos, Inul mengaku sampai harus berhutang ke tetangga atau saudara untuk mencukupi kebutuhan hidup.

"Ya, kadang-kadang makan, kadang-kadang nggak. Karena adikku banyak, ya makanya ya harus ngutang kalau gak punya duit," ujar Inul.

2. Berjualan kacang.

perjuangan Inul  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inul.d

Sebelum sesukses sekarang, Inul harus berjuang untuk mempertahankan hidupnya dan juga keluarga. Jalanan bukan lagi hal yang asing bagi Inul. Bahkan ia sempat berjualan beberapa barang untuk mencukup kebutuhan makan sehari-hari. Mulai dari berjualan es sampai kacang ia tawarkan di dalam bus.

"Aku juga jualan es naik bus, dari rumah aku terus sampai berapa kilo. Pokoknya jualan 'kacang-kacang' yang di dalam bus gitu," tutur Inul Daratista dikutip dari tayangan Okey Bos.

3. Tidur di deck kapal.

perjuangan Inul  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inul.d

Inul Daratista kini tidak hanya sukses menjadi seorang menjadi penyanyi, bahkan ia juga berhasil menjadi seorang pebisnis sukses karaoke. Namun sebelum mendapatkan itu semua, ia harus merintis menjadi penyanyi daerah yang harus bernyanyi dari panggung ke panggung. Dalam tayangan Ngopi Dara bersama Nia Ramadhani, Inul mengungkapkan bahwa ia sempat mengalami kejadian apes saat manggung di Batam.

Saat itu ibu dari Yusuf Ivander Damares ini diming-imingi bayaran Rp 1 juta. Ia saat itu memilih menerima namun mendapatkan kajdian tak menyenangkan yang membuatnya tidak bisa pulang. Inul yang tidak mendapatkan pekerjaan jelas di Batam membuatnya ingin segera pulang ke rumah tanpa memiliki tiket.

"Karena kita maksa harus pulang, akhirnya kita dipulangin naik kapal yang gede banget, kapal penumpang yang isinya ribuan dan aku tuh nggak dikasih tiket. Jadi aku tidurnya 4 hari 5 malem itu tidurnya di deck kapal, di luar," cerita Inul.

4. Pernah pakai sabu.

perjuangan Inul  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inul.d

Kerasnya perjalanan yang dilalui Inul dalam kariernya membuat ia sempat terjerumus dalam dunia gelap. Dalam unggahan Instagramnya, Ratu Ngebor ini mengaku pernah mengenal dekat dengan narkoba dan barang-barang sejenisnya. Ia tak malu menceritakan bahwa ia sempat tidak lepas dari sabu-sabu, ekstasi, dan minuman keras saat menjadi penyanyi club.

"Pernah nyoba sekali, ingin merasakan bagaimana dan kenapa orang sampai nagih. Ternyata nge-fly itu kayak mati menuju surga. Katanya. Tapi bagiku konsumsi (narkoba) itu badan loro kabeh, sakit semua kayak digebuki rakyat sedesa. Apa yang enak? Tidak ada!" jelas Inul dalam akun Instagramnya.

Namun Inul kini berkomitmen untuk tidak bersentuhan lagi dengan barang haram tersebut. Hidupnya sudah lengkap dengan berbagai pengalaman.

5. Pernah diajak tidur produser.

perjuangan Inul  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inul.d

Perjalanan karier Inul tidak berhenti sampai disitu saja. Perempuan bersuara merdu ini sempat mengalami kejadian memilukan di tahun 2002. Lewat curhatan di akun Instagramnya, ia bercerita beratnya hari yang harus ia lalui di Jakarta. Ia pernah melakukan rekaman suara dan dilanjut dengan proses syuting. Namun naasnya sang pencipta lagu dan produser meminta "bonus" dengan mengajaknya tidur.

Perempuan bernama asli Ainur Rokhimah ini kemudian hampir terlena. Namun ia kembali mengingat prinsip hidupnya, bahwa ia ingin membuktikan pada ayahnya ia akan menjadi pedangdut yang membanggakan.

"Aku ingat bahwa bpk gak setuju aku dangdutan, sdh janji aku akan tunjukkan sm bpk, dia suatu saat akan bangga pdku, tp tdk dgn cara gila ,naif ,murah !!! Aku takar imanku sampai dmn aku kuat apa tdk !! Punya album, perawan ilang, tp lagu gak meledak , yg rugi gue juga, Tuwas gak perawan. Kuputuskan aku pulang naik bis," cerita Inul.

6. Biaya menikah tak sampai Rp 5 juta.

perjuangan Inul  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inul.d

Kisah perjalan Inul tak hanya menarik dalam dunia kariernya, juga dalam kisah cintanya. Selama merintis menjadi seorang penyanyi, hatinya sudah terpaut pada lelaki bernama Adam Suseno. Hasil menabung dari kegiatan bernyanyi tersebut berhasil ia kumpulkan untuk modal nikah. Uang sebesar Rp 500 ribu menjadi modal pernikahan sederhana bersama sang suami Adam. Meski tanpa pesta resepsi, namun ia merasa bahagia karena acara tetap berlangsung lancar dan penuh khidmat. Bahkan ia merasa bersyukur rumah tangganya bisa bertahan bersama Adam hingga saat ini.

"I lov u papanya Ivander. Meskipun kita tanpa pesta tak mengapa yah, yg penting kita bahagia dan awet sampe skrg dan selamanya, aamiin," curhat Inul.

7. Melejit namun tetap membumi.

Sosok Inul yang saat ini sudah menjadi salah satu penyanyi dangdut dengan bayaran termahal tak lantas membuatnya lupa diri. Penyanyi lagu Buaya Buntung ini tetap terlihat hidup sederhana dalam kesehariannya. Sebagai seorang ibu, ia kerap melakukan beberapa kegiatan rumah tangga sendiri, meskipun sudah memiliki beberapa asisten rumah tangga. Ia juga memiliki hubungan yang dekat dengan para asistennya. Bahkan ia tak segan memasak untuk asisten rumah tangganya.

"Mau yoga dan nge gym lupa klo lagi PMS tar pose melintir2 darah bisa muter balik ke atas hahahaha jd penyalurannya masak , masakin asisten pribadi saya dan mbak2 mas mas yg dirumah," ungkap inul dalam salah satu videonya.