Brilio.net - Di era yang serba digital sekarang ini kita tahu rata-rata anak-anak yang lahir di tahun 2000 banyak yang tidak mengenal permainan tradisional. Pada saat mereka lahir mereka telah disuguhkan berbagai kecanggihan teknologi.

Di sini peran orangtua sangat penting untuk mengawasi tumbuh kembang anak, pertumbuhan anak tidak hanya dilihat dari fisiknya saja namun juga mentalnya. Dikutip dari Kompas, Anak dengan kesehatan mental yang baik akan memiliki beragam karakter positif, mulai dari beradaptasi dengan keadaan, menghadapi stress, hingga bangkit dari keadaan sulit. Sebaliknya, kurang baiknya kesehatan mental di masa anak-anak dapat menyebabkan gangguan perilaku yang lebih serius akibat ketidakseimbangan mental dan emosional, serta kehidupan sosial mereka yang kurang baik.

Sedangkan gadget adalah salah satu faktor pengganggu perkembangan mental anak, menurut The Asian Parents dampak buruk yang terjadi bila memberikan gadget kepada anak sebelum usia 14 tahun salah satunya membuat anak malas, sistem motoriknya lamban untuk bergerak.

Menanggapi fenomena seperti ini, Zaskia Adya Mecca ibu 5 anak yang kerap dipanggil anak-anaknya Bia ini mempunyai beberapa tips yang sering dibagikan di akun Instagramnya @zaskiadyamecca. Brilio.net merangkum tips-tips mendidik anak ala Zaskia Adya Mecca dan Hanung Brahmantyo.

1. Mengenalkan anak pada sawah.

Loading...

Zaskia © 2019 brilio.net

foto : Instagram/@zaskiadyamecca

“Ginilah kalo sawah menjadi hal baru yang di lihat sama anak .. takut turun ke sawah sedih kann ... tapi alhamdulillah cuma 15menit meyakinkan dia bahwa sawah itu ga menakutkan #thebramantyos #bhaikaba”

Ternyata susah juga ya meyakinkan anak buat tidak takut dengan hal baru, tapi Bia dan Abi berhasil membujuk Bhai Kaba anak ketiga dari pasangan Hanung Brahmantyo dan Zaskia Adya Mecca untuk berani main ke sawah. Apalagi anak yang biasa disebut Aba ini lebih suka main ke Mall. Tantangan buat orang tua nih.

2. Anak dibiarkan main air.

Zaskia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

“Anaknya suka banget main air?!? Gak takut sakitt?!? Gak kotor suka biarin duduk di garasi?!? sebagian besar kolom komentar isinya sering banget begitu ... ku besar dari orang tua yang ga pernah banyak ngelarang main air-kotor2an-makan es krim .. di bebasin banget sama mama papa dan ku ngerasa malah malah ngebuat kita semua jadi " tahan banting ”.. ya asalkan selalu tetap tertunda, makannya bener, istirahat cukup, minum madu, insyaa Allah ga sering sakit2an dan ah yaaa ga lupa juga meminta di selalu sehat sama Allah lihat anak2, mereka lagi asik banget nge mengeksplorasi sana sini, semua hal bisa jadi mainan mereka (liat aja sendal yang inframe) dan karna saya tipe di rumah bebas semua dibuat alat bermain, sampe kalo ku bawa ke toko mainan mereka bingung! Ya mereka selalu bingung mau beli apa karna media apa saja di rumah udah lebih seru dimainin dibandingkan mainan betulan lebih gitu misal masak2an, ngulek daun2an pake batu (tapi kalo masak2an di toko mah ga seru plastik semua ga bisa di ulek) alhamdulillah seneng liat anak2 nikmati tapi tetap selalu dalam pengawasan kami orang2 dewasa di rumah .. yang bikin bagal kmrn aba penasaran banget mau ngambil di badan mobil di izinin sambil minta maap ama sup sup akan tambahan bersiinnya dan alhamdulillah hari ke2 dia sudah diterima fiuuhh ... kalo mommies gimana? Ada yang sama kah ama aku pola asuhnya ?! ngulek daun2an pake batu (tapi kalo masak2an di toko mah ga seru plastik semua ga bisa di ulek) alhamdulillah seneng liat anak2 nikmati tapi tetap terhubung dengan kami orang2 dewasa di rumah .. yang bikin bagal kmrn aba penasaran banget mau ganti di tubuh mobil di izinin sambil meminta maap ama supir bakal ekstra bersiinnya dan alhamdulillah hari ke2 dia sudah bosan fiuuhh ... kalo mommies gimana? Ada yang sama kah ama aku pola asuhnya ?! ngulek daun2an pake batu (tapi kalo masak2an di toko mah ga seru plastik semua ga bisa di ulek) alhamdulillah seneng liat anak2 nikmati tapi tetap terhubung dengan kami orang2 dewasa di rumah .. yang bikin bagal kmrn aba penasaran banget mau ganti di tubuh mobil di izinin sambil meminta maap ama supir bakal ekstra bersiinnya dan alhamdulillah hari ke2 dia sudah bosan fiuuhh ... kalo mommies gimana? Ada yang sama kah ama aku pola asuhnya ?!” tulisnya di Instagram.

3. Mengajarkan anak main layangan.

Zaskia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

“Yang tinggal di jakartaaa, siapa rindu ajak anak main di tempat kaya giniiii apa jangan2 anak kita ga tau apa itu main layang2 ... huhu cedih yaaa mainan dan hal sederhana gini malah jadi mahal sekaliiiii ... #thebramantyos”.

Rasanya memang sudah jarang sekali melihat anak-anak di kota besar bermain layangan yaa.

4. Berlibur, anak-anak Bia main pasir.

Zaskia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Ketika sedang liburan keluarga ini memutuskan untuk berlibur di sekitar Jogja dan mengunjungi Studio Alam Gamplong milik Hanung Brahmantyo. Di sana mereka asik menikmati sunset dan bermain pasir.

5. Bawa anak-anak nyemplung sungai di Jogja, biar dekat dengan alam.

Zaskia © 2019 brilio.net

foto : Instagram/@zaskiadyamecca

“Siapa bilaang bawa anak2 main ke alam itu hal yang mudah! Apalagi buat anak2 yang da biasa nyaman main di mal, gadget, kolam renang yang bersih, dll nya ... sybil jejeritan jijik sama kecebong, takut ada ikan.. kala kedinginan krn air di gunung dan bingung dengan kehadiran batu2an yang tajem2.. aba yang liat lumpur atau tanah basah aja ga mau nginjek cuma sibuk bilang “hiiiiyyy” padahal dulu bia nya paling hobby main di kali ... alhamdulillah makanya kmrn seneng banget bisa bawa anak2 ke sungai mudal .. air terjunnya ga heboh, banyak kolam2 alami macem bendungan yang ga dalem2 sangat kids friendly dan dr rumah cuma jarak 1jam aja naik mobil ... iyahhh emang extra bangettt si aku ama mas hanung ngebujuk dan meyakinkan mereka buat enjoy pelan2 tapi pasti kita udah janjian buat sering bawa anak2 untuk dekat dengan alam, nyaman main di alam .. sekalian biar earth-ing” tulis Zaskia.

Untuk calon orang tua yuk belajar dari Bia buat mendidik anaknya.

6. Corat-coret untuk melatih kreativitas.

Zaskia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Anak-anak dari Hanung Brahmantyo dan Zaskia Adya Mecca ini memang tipikal anak yang kreatif dan ekspresif ya.

7. Bikin perahu-perahuan dari kardus, jarang dilakukan anak zaman sekarang.

Zaskia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

“Kadang-kadang sering beliin mainan "jadi" ke anak sulit jadi memangkas kreatifitas mereka ... inget banget dulu papa mama jarang sekai beliin anak2nya mainan karna kondisi keuangan, dan bayangin aja beliin 7 anak mainan satu2 ... barbie aja terus2 saya ga punya sebelom beli sybil tapi sulit saya dengan kakak adik bikin mainan selalu dengan apa yang ada di rumah .. utama masak2an dengan batu dan daun yang ada dan setiap hri ada aja barang dirumah yang bisa buat mainan .. seperti anak2 ini, liat kardus imajinasinya langsung luar biasa .. kardus jadi perahu, mereka warnai sendiri dan naik semua keatas nya.

.

Mainan seragam dari pabrik memang banyak, tapi anak saya cepet bosen yang begini lebih seru buat mereka ... buat saya tambah, ga perlu keluar uang banyak jadinya” tulis Zaskia.

mgg/fairuz puspita