Brilio.net - Setelah cukup lama dinanti, tepat pada Kamis (12/11) lalu akhirnya STAYC memulai debutnya. Girlband garapan High Up Entertainment yang beranggotakan 6 orang itu resmi debut dengan merilis album bertajuk Star To A Young Culture.

Bersamaan dengan itu, mereka pun melakukan debut showcase-nya di aula Yes24 Live di Gwangjin, Seoul, Korea Selatan. Dikutip dari Liputan6, diketahui bahwa penampilan perdana Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon, dan J tersebut juga ditayangkan secara streaming dan mendapat sambutan yang meriah.

Lebih jauh, tak cuma sambutan positif, para pelantun lagu So Bad ini juga berhasil memecahkan sebuah rekor. Dilansir dari Koreaboo, penjualan album mereka pada hari pertama mencapai angka tertinggi untuk girl group pendatang baru tahun 2020 ini.

Nah, jadi makin penasaran sama STAYC ini kan? Yuk, langsung cari tahu dan simak fakta-fakta lengkap tentang mereka di artikel brilio.net berikut ini, Sabtu (14/11). Apa saja ya?

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Debut sudah dipersiapkan sejak lama.

fakta Stayc berbagai sumber

foto: Instagram/@stayc_highup

Dilansir dari Liputan6, Sieun mengungkap bahwa mereka telah mempersiapkan debut ini dalam waktu lama. Sementara itu, Sumin sendiri mengungkap bahwa ia telah menjalani masa training selama enam tahun.

2. Banyak nama besar yang terlibat di belakang STAYC.

fakta Stayc berbagai sumber

foto: Instagram/@formyseuun_stayc

Agensi High Up Entertainment yang berdiri pada 2017 adalah anak perusahaan CJ E&M. Ia dibentuk oleh duo legendaris Black Eyed Pilseung yang mana merupakan pencipta sejumlah lagu kondang, seperti Eung Eung milik Apink, Touch My Body milik Sistar, dan Cheer Up milik Twice.

3. Salah seorang personelnya adalah artis peran.

fakta Stayc berbagai sumber

foto: Instagram/@stayc_rus.fan

Sang main vocalist, Sieun adalah seorang aktris sebelum debut dalam grup ini. Dirinya sempat membintangi drama Mystic Pop-Up Bar dan Still 17.

4. Mengagumi SNSD.

fakta Stayc berbagai sumber

foto: Instagram/@stayc_rus.fan

Dikutip dari laman Fandom, Stayc rupanya mengidolakan SNSD.

"(Seperti SNSD) kami ingin tim yang bisa menjaga hubungan yang harmonis untuk waktu lama. Penampilan yang sempurna memang bagus, tapi kami ingin membuat publik terkesan atas hal menarik dari masing-masing anggota lewat aktivitas kami," tutur mereka.

5. Video pra-debut kreatif dan inovatif.

fakta Stayc berbagai sumber

foto: Instagram/@formyseuun_stayc

Sebelum resmi debut, STAYC membuat medley cover vokal di mana para anggotanya menyanyikan beberapa lagu hit seolah-olah mereka berasal dari agensi lain. Terhitung hingga hari ini, video itu telah ditonton lebih dari 1,6 juta kali.

6. Pecahkan rekor penjualan album.

fakta Stayc berbagai sumber

foto: Instagram/@formyseuun_stayc

Pada hari pertama debutnya, angka penjualan album STAYC tembus di angka 4.300. Angka tersebut lantas membuat mereka memecahkan rekor penjualan debut hari pertama tertinggi untuk girl grup tahun 2020.

(brl/lin)