Brilio.net - Publik dibuat terkejut dengan kabar penangkapan Tri Retno Prayudati atau Nunung. Pasalnya tak ada yang menyangka bahwa sosok yang dikenal lucu tersebut harus berurusan dengan hukum terkait kasus narkotika jenis sabu. Nunung kini sudah dutetapkan sebagai tersangka.

Nunung ditangkap di kediamannya yang berada di Jalan Tebet Timur, Jakarta Selatan. Dia diamankan Jumat (19/7) pukul 13.15 WIB. Polisi menyita sejumlah barang bukti, di antaranya satu klip sabu seberat 0,36 gram.

Sejak ditangkap dan dijadikan tersangka, sederet fakta baru diungkap oleh kepolisian. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (22/7).

1. Mengonsumsi 20 tahun.

Instagram/@nungers63.id © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@nungers63.id

Fakta yang cukup mengejutkan terungkap, Nunung sudah 20 tahun memakai sabu. Sedangkan, suaminya, Iyan Sambiran jauh lebih lama dari pada itu. Hal ini langsung disampaikan oleh Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak .

"Nunung mengakui menggunakan sabu sudah sejak 20 tahun yang lalu. Bahkan suami Juli sekitar 24 tahun yang lalu," kata Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak di Polda Metro Jaya, yang dilansir dari liputan6.com.

2. Pakai kode perhiasan saat melakukan transaksi. 

Instagram/@nungers63.id © 2019 brilio.net

-foto: Instagram/@nungers63.id

Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak juga sukses membongkar modus operandi yang dilakukan oleh Nunung dalam memesan narkoba jenis sabu.

Calvijn mengatakan, Nunung meminta kurir narkoba untuk bersandiwara setiap kali mengantar sabu di kediamannya. Kurir tersebut adalah Hadi Moheriyanto alias Tabu.

"Jika bertamu dengan tetangga sekitar rumah dan ada pertanyaan, bisa disampaikan bahwa saya (Hadi Moheriyanto) mengantarkan perhiasan. Itu sudah diakui keduanya di BAP," ujar Calvijn dilansir brilio.net dari liputan6.com, Senin (22/7).

3. Nunung mengabaikan nasihat suami.

Instagram/@nungers63.id © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nungers63.id

Menurut keterangan Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, Nunung terbilang aktif memesan sabu ke Hadi. Ia memakai sabu pada pagi hari sebelum beraktivitas. Tak hanya sendiri, Nunung kerap mengajak suaminya, Iyan Sambiran.

"Komedian Nunung aktif memesan narkoba. Juga mengajak suaminya dengan berbagai alasan," kata dia.

Calvjin mengatakan, suami Nunung, July Jan Sambiran sudah beberapa kali meminta Nunung untuk menjauhi narkoba. Tapi tak diindahkan oleh Nunung.

"Pengakuannya Nunung memakai sabu untuk meningkatkan stamina. Suaminya berapa kali sudah menasehati untuk berhenti tetapi sepertinya ada penolakan dari Nunung," kata dia.

4. Membeli narkoba dengan ngutang.

Instagram/@nungers63.id © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nungers63.id

Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak menjelaskan, selama kurun waktu Maret 2019 hingga Juli 2019, Nunung sudah lima kali membeli sabu melalui seorang kurir Hadi Moheriyanto alias Tabu. Terakhir, pada Jumat lalu.

"Pada saat itu, Hadi Moheriyanto sudah menyerahkan sabu sebanyak 2 gram kepada tersangka Nunung," kata Jean Calvijn Simanjuntak di Polda Metro Jaya yang dilansir dari liputan6.com, Senin (22/7).

Polisi mendapati uang Rp 3,7 juta saat menangkap Hadi Moheriyanto. Calvijn menjelaskan, uang itu diberikan oleh Nunung.

Menurut pengakuan Hadi Moheriyanto, sabu dua gram dipatok dengan harga Rp 2,6 juta. Sementara, sisanya Rp 1,1 juta itu adalah uang untuk membayar hutang pemesanan sebelumnya.

"Tersangka Nunung sebelum penangkapan tanggal 19 Juli 2019 sudah memesan dan baru membayar sekitar Rp 200 ribu dan sisanya dibayarkan Rp 1,1 juta termasuk dengan pemesanan yang terakhir yang 2 gram," ujar dia.

5. Nyabu bersama teman-teman seprofesi.

Instagram/@nungers63.id © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nungers63.id

Dari hasil penyelidikan ditemukan pula fakta bahwa Nunung kerap menggunakan narkoba bersama teman-teman artisnya. Namun Calvijn enggan menyebutkan siapa rekan artis yang disebutkan Nunung tersebut. Namun pengakuan Nunung sudah ditungakan ke dalam berita acara pemeriksaan.

6. Kebiasaan mengonsumsi sabu ketika pagi hari.

Instagram/@nungers63.id © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nungers63.id

Berdasarkan pengakuan Nunung pada saat pemeriksaan, ia menggunakan sabu pada pagi hari sebelum beraktivitas. Nunung tak sediri, ia mengajak serta suaminya untuk nyabu bersama."Kerap kali selalu menggunakan pagi hari sebelum beraktivitas," ungkapnya.