Brilio.net - Masuk ke penjara adalah mimpi buruk bagi semua orang. Satu kesalahan fatal bisa membuat seseorang terjerumus ke dunia kelam ini. Tak hanya orang biasa, sudah banyak seleb Indonesia yang malang melintang di penjara. Sebagai figur publik, kisah mereka jadi sorotan banyak orang.

Di penjara, mereka tak bisa bebas ke mana-mana. Orang terdekat seperti suami, istri, dan anak tak leluasa menjenguk. Selain itu, mereka juga tak bisa berlama-lama melepas kangen karena ada jadwalnya. Di penjara, seseorang harus rela kehilangan kebebasan untuk menebus kesalahan yang sudah diperbuat.

Walaupun begitu, banyak pelajaran berharga dari penjara. Di sini, kriminal belajar bagaimana caranya bisa kembali ke masyarakat dalam kondisi putih bersih dan bebas dari niat jahat. Dari pelajaran berharga kejamnya dunia penjara hingga rindu orang tua, deretan seleb di bawah ini sudah merasakannya.

Ingin tahu pelajaran apa saja yang mereka dapat? Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (11/10) yuk kita cermati bersama.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Agung Saga.

5 Seleb ini petik pelajaran berharga  istimewa

foto: Instagram/@agungsaga99

Agung Saga baru saja menghirup udara bebas pada Rabu (7/10) kemarin. Dirinya dibui selama satu tahun enam bulan karena kasus pidana. Bukan kenangan manis, Agung Saga mendapatkan pelajaran berharga kejamnya dunia penjara secara langsung.

"Pas kita makan itu pernah gue rebutan, maksudnya berebutan makanan gitu kan sampai yang gue ketumpahan kacang ijo panas gitu, sampai pengen berantem," ujar Agung Saga, seperti dikutip Brilio.net dari Liputan6.

"Jadi penjara itu memang benar-benar keras gitu kan, jadi gue mendapatkan pelajaran," tegasnya.

2. Roy Kiyoshi.

5 Seleb ini petik pelajaran berharga  istimewa

foto: Fimela.com

Roy Kiyoshi harus merehabilitasi diri di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur karena kasus yang menimpanya. Kabar baiknya, seleb ini baru saja bebas dari rumah sakit tersebut pada Selasa (6/10) kemarin.

Dari balik penjara, Roy sangat kangen dengan orang tuanya. Ini merupakan pelajaran yang paling dirasakannya saat dihukum.

"Yang mau aku lakuin peluk mama peluk papa ketika aku pulang ya. Udah gitu mudah-mudahan istirahat dulu lah ya maksudnya," ujar Roy seperti dilansir Brilio.net dari Liputan6.

Selain itu, dirinya juga menyantap bubur merah dan bubur putih sebagai simbol untuk membuka hidup yang baru.

"Karena ada campuran tradisi Jawa, jadi mamaku mempercayai bubur putih dan bubur merah dengan memakan itu mudah-mudahan tidak ada lagi bencana. Yang sial-sial dibuang," tegasnya.

3. Sandy Tumiwa.

5 Seleb ini petik pelajaran berharga  istimewa

foto: Liputan6.com

Sandy Tumiwa resmi bebas pada Juli kemarin setelah terjerat kasus hukum pada 2019 kemarin. Dirinya mengikuti program asimilasi hingga tuntutan empat tahun menjadi hanya 1 tahun 5 bulan saja.

Seleb ini berikrar untuk menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya. Dia juga belajar tentang caranya untuk ikhlas.

"Artinya kita harus bisa menerima kondisi apa yang terjadi dalam hidup kita. Pertama adalah mengampuni. Saya harus bisa mengampuni orang lain dan diri saya atas kesalahan saya, yang akhirnya saya bisa legawa ke depannya," tukas Sandy seperti dilansir Brilio.net dari liputan6.

4. Roro Fitria.

5 Seleb ini petik pelajaran berharga  istimewa

foto: Instagram/@roro.fitria1989

Roro Fitria bebas dari penjara pada 2 April 2020 kemarin. Sejak keluar dari penjara, Roro kini lebih memilah aktivitas kejawen yang dilakukannya. Dia tetap menjunjung tinggi budayanya setelah harus mendekam di penjara.

"Betul (masih melakukan ritual). Berkenaan dengan ritual adat istiadat, Nyai pilah dan Nyai pilih ya. Hal mana atau item yang pure budaya dan hal atau item mana yang, maaf, sudah agak terbelokkan syariatnya. Jadi Nyai lebih memilah dan memilih," kata Roro seperti dilansir Brilio.net dari Liputan6.

5. Aris Eks Idol.

5 Seleb ini petik pelajaran berharga  istimewa

foto: Instagram/@aris_officiall

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol, Aris keluar dari penjara pada April 2020 kemarin. Dia menjadi salah satu dari narapidana yang bebas untuk menekan pandemi Covid-19.

"Jadi kebebasan kemarin senang bangetlah pastinya, dapat asimilasi dari Pak Menteri untuk di rumah," sambung Aris.

Tak ingin diam saja di penjara, Aris ingin tetap berkarya di tengah kesulitan apa pun. Bahkan tak hanya satu lagu yang dia ciptakan selama di penjara.

"Karya alhamdulillah udah jadi lima lagu. Tinggal nunggu momen aja nih. Karena kan momennya kurang pas lah ya lagi pandemi Covid-19. Jadi nunggu reda," pungkasnya seperti dilansir Brilio.net dari Liputan6.

(brl/tin)