Brilio.net - Dunia hiburan Tanah Air seringkali menuntut para artis wanita untuk memperlihatkan lekuk tubuh dan gaya rambutnya di berbagai kesempatan. Namun ada pula artis-artis yang tetap berkomitmen untuk menjaga aurat dengan mengenakan hijab.

Sayangnya, beberapa artis tersebut pernah dikritik habis-habisan setelah mengunggah foto tanpa mengenakan hijab. Siapa saja mereka?

Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (26/11).


1. Jane Shalimar.

seleb ini pernah tuai hujatan gara-gara pamer foto tanpa hijab © 2017 instagram

foto: Instagram/@jshaz26


Jane Shalimar dikenal sebagai salah satu selebriti Tanah Air yang kini mantap menjalankan kewajibannya sebagai muslimah, yakni mengenakan hijab. Namun pada Jumat (24/11) kemarin, Jane bikin heboh netizen setelah mengunggah foto bersama mendiang sang ibu saat ia belum berhijab.

"Mendoakan mama di hari kepergiannya. Kerinduan akan mu takkan pernah sirna, mamaku yg tercantik dunia-akhirat, malaikat pelindungku. Aku kangen mama, kangen banget. *alfatiha," tulis mantan Didi Soekarno tersebut.

Dalam foto tersebut, Jane Shalimar tampak berpose bersama mendiang ibunya. Di foto itu ia juga terlihat mengenakan pakaian serba hitam dan rambutnya diikat ke belakang.

Bukannya mendapat simpati, foto yang diunggah Jane tersebut justru mendapat protes keras dari netizen. Tak sedikit netizen yang menilai Jane seharusnya tak perlu mengunggah fotonya yang tidak berhijab di masa lalu.


2. Rina Nose.

seleb ini pernah tuai hujatan gara-gara pamer foto tanpa hijab © 2017 instagram

foto: Instagram/@rinanose16


Bukan rahasia lagi jika aktris sekaligus presenter asal Bandung, Rina Nose kerap menuai kontroversi. Rina sempat mantap berhijab saat momen Idul Adha tahun 2016 silam. Saat itu, lewat akun Instagramnya, Rina Nose menyatakan mantap berhijab.

Namun pada Kamis (9/11) malam, presenter 33 tahun tersebut bikin geger netizen setelah mengunggah sebuah foto di akun Instagramnya. Dalam foto itu Rina Nose kembali tampil tanpa mengenakan hijab. Kain hijab yang selama satu tahun menghiasi kepalanya tak terlihat di unggahan tersebut.

Rina Nose juga mengungkapkan curahan hatinya lewat caption panjang di foto tersebut.

"Pengalaman.. Kepahitan.. Kebahagiaan.. Kemarahan.. Kesedihan.. Kesenangan.. Kebenaran.. Kesalahan.. Pencarian.. Kesadaran diri.. Pertanyaan.. Kerapuhan jiwa.. Rasa cinta.. Pergolakkan batin.. Petualangan batin.. Rekayasa pikiran.. Kekuatan pikiran.. Pencarian ilmu.. Perjalanan hidup.. Segala kemungkinan.. Tidak akan pernah selesai, sampai tidak ada lagi kemungkinan (mati).

Manusia berubah. Pemikiran berubah seiring peristiwa yang dialaminya. Ketetapan hati pun berubah seiring pengalaman batinnya. Apabila masih ada manfaat kebaikan yang bisa diambil dariku, maka ambilah. Jika tidak, maka tinggalkanlah.

Jika ada rasa kecewa, maka kecewalah seperlunya. Namun janganlah kekecewaan itu berlebih-lebihan hingga menjadi kebencian yang akan menimpakan musibah pada dirimu dan orang lain. Maka yang demikian itu akan lebih baik bagimu.

Terimakasih atas semua perhatian yang telah diberikan," tulis Rina Nose.

Unggahan itu pun mendapat protes keras dari netizen. Tak sedikit fans setia Rina yang kecewa berat atas keputusannya.


3. Erin Taulany.

seleb ini pernah tuai hujatan gara-gara pamer foto tanpa hijab © 2017 instagram

foto: Instagram/@erintaulany


Sempat berhijab pasca beribadah haji, istri Andre Taulany, Erin Taulany juga bikin heboh setelah mengunggah foto tanpa hijab di awal bulan November 2017 kemarin.

Dalam foto tersebut, Erin tampak berpose duduk sambil tersenyum. Ia pun memperlihatkan rambut panjangnya yang terurai sambil menyapa para netizen di media sosial.

"Good Morning. Start your day with a Smile and Positive thoughts," tulis Erin pada potret perdananya tak berhijab.

Tak butuh waktu lama, unggahan itu langsung mendapat reaksi keras dari para netizen. Mereka tak hanya menyayangkan keputusan Erin yang kembali tunjukkan auratnya, tapi juga mengecamnya habis-habisan.


4. Shinta Bachir.

seleb ini pernah tuai hujatan gara-gara pamer foto tanpa hijab © 2017 instagram

foto: Instagram/@shintabachir86_real


Penampilan penyanyi Shinta Bachir dengan busana tertutup dan mengenakan hijab sempat menghiasi akun media sosialnya beberapa waktu yang lalu. Namun pada 21 April 2017, artis 31 tahun itu tuai kritikan pedas setelah mengunggah foto berada di pinggir kolam renang dengan tampilan yang seksi.

"Black and white," tulis caption keterangan dalam unggahan Shinta.

Unggahan Shinta Bachir itu pun mendapat kritikan dari netizen. Banyak netizen yang menyayangkan Shinta mengunggah foto tersebut.

Sebelumnya, Shinta memang sempat mengatakan dirinya tidak lagi memakai hijab. Shinta mengaku terpaksa melepas karena tuntutan profesi saat syuting sinetron berjudul 'Pangeran' pada Agustus 2016 silam.


5. Marshanda.

seleb ini pernah tuai hujatan gara-gara pamer foto tanpa hijab © 2017 instagram

foto: Instagram/@marshanda99


Keputusan Marshanda untuk melepas hijab juga sempat menuai cibiran dan komentar pedas dari para netizen. Marshanda pertama kali mengunggah foto tanpa hijab pada Juli 2014 silam.

Di foto hitam putih itu, Chacha panggilan akrab Marshanda tampak berpose di depan jendela dengan mengurai rambut panjangnya. Foto itu juga dilengkapi dengan tulisan 'Letter to God' yang merupakan video klip Chacha. Aksi Chacha langsung mengundang tanggapan negatif dari fans.