Brilio.net - Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Masyarakat muslim begitu menantikan bulan suci ini. Apalagi diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan lamanya. Selain bulan yang penuh berkah, ada yang spesial di bulan Ramadan kali ini bagi beberapa selebriti Tanah Air.

Pasalnya ini adalah kali pertama mereka menjalani ibadah puasa setelah memutuskan menjadi mualaf. Beralih agama atau keyakinan bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor, pertimbangan, dan pastinya keteguhan hati bagi seseorang untuk berpindah keyakinan. Misalnya seperti yang dialami lima seleb berikut.

Setiap dari selebriti mempunyai alasan dan pertimbangan tersendiri sebelum akhirnya memutuskan menjadi mualaf. Diketahui sebelumnya, bahwa banyak dari artis yang memutuskan untuk memeluk agama Islam sebelum Ramadan tiba. Mulai dari aktor, penyanyi hingga atlet. Ramadan 2019 ini adalah kali pertama mereka untuk berpuasa di bulan Ramadan.

Mereka menjalani pengalaman pertama seperti makan sahur, berbuka, dan amalan ibadah lain di bulan Ramadan. Banyak dari mereka yang juga membagikan aktivitas sehari-harinya di media sosial.

Penasaran bukan, siapa saja seleb yang menjalani puasa Ramadan pertama sebagai muslim? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/5).

1. Lindswell Kwok.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Assalamualaikum @hulaefi dan @lindswell_k semoga bahagia dunia akhirat ya. Amiiin... Sudah lama ingin posting tapi baru ketemu skrg. @obib_nahrawi

Sebuah kiriman dibagikan oleh Imam Nahrawi (@nahrawi_imam) pada

Ratu Wushu yang sudah mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia ini memutuskan menjadi mualaf ketika menikah dengan Achmad Hulaefi. Kabar tersebut terdengar saat Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi mengunggah momen pertemuannya dengan Lindswell. Ia tampak mengenakan busana muslim dan hijab poanjang.

Kehadirannya ternyata untuk mengabarkan tentang pernikahaannya. Lindswell Kwok dan Achmad Hualefi diketahui menggelar resepsi pernikahan akhir tahun lalu, pada 9 Desember 2018. Sesaat sebelum resepsi pernikahan tersebut, Lindswell Kwok bahkan sudah mantap mengenakan hijab. Meski begitu, tak diketahui sejak kapan Lindswell Kwok memutuskan menjadi mualaf. Tahun 2019 adalah kali pertama Lindswell menjalani ibadah puasa sebagai muslimah.

2. Ujung Oppa.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

#terimakasih atas #doa nya Secara resmi #ujungoppa menjadi #mualaf #muslim Terima kasih kepada @mhmd.son Selengkapnya di channel youtube Ujung Oppa ya.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ujungoppa (@hwangwoojoong) pada

YouTuber Ujung Oppa memutuskan menjadi mualaf dan mengucapkan dua kalimat syahadat pada 24 Maret 2019. Dalam video singkat tersebut, diperlihatkan bagimana Ujung Oppa ini dibimbing oleh temannya dan seorang ustaz mmengucapkan kalimat syahadat dalam bahasa Arab dan Indonesia.

Dalam keterangan video tersebut, Ujung Oppa juga mendeklarasikan diri kini ia menjadi seorang mualaf yang memeluk agama Islam. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada sahabatnya asal Korea Selatan yang bernama Muhammad Son. Ujung Oppa juga membagikan aktivitas selama bulan Ramadan di akun YouTube-nya. Pria asal Korea Selatan ini membeli makanan sahur di warung nasi padang pada pukul 02.00 dini hari WIB.

3. Roger Danuarta.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Alhamdullillah Roger Danuarta Berislam . Siapa yang Allâh beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan siapa yang Allâh sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk . Ikrar dua kalimah syahadat di laksanakan Tgl 29 Okt 2018 di bimbing oleh Ust Insan Mokoginta . Kami kel Besar @mualafcenteryogyakarta mengucapkan selamat buat saudara baru kita, ialah Mas Roger Danuarta, semoga Istiqomah dalam Iman dan Islam dan kedepan semakin Kaafah dalam menjalankan Syariah Islam , Aamiin . Video: Mas Herman Bin Mansur . #artis #artismualaf #artishijrah #mualaf #muallaf #mualafcenter #mualafcenterindonesia #mualafcenteryogyakarta #hijrah #masukislam #hidayah #indonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh mualaf center yogyakarta (@mualafcenteryogyakarta) pada

Video Roger Danuarta menjadi mualaf dan mengucapkan dua kalimat syahadat ini beredar di akun Instagram @mualafcenteryogyakarta. Dalam video yang viral, terlihat Roger Danuarta dibimbing oleh seorang pria ketika mengucapkan dua kalimat syahadat.

Momen Ramadhan 1440 H/2019 ini menjadi puasa pertama bagi Roger Danuarta sebagai seorang Muslim. Roger Danuarta pun mengungkapkan kebahagiaannya ketika bisa melaksanakan sahur pertama di bulan Ramadhan ini.

4. Eryck Amaral.

Seleb ini jalani puasa Ramadan pertama © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@aurakasih

Eryck Amaral yang saat ini resmi menjadi suami Aura Kasih juga semangat puasa di bulan Ramadan. Eryck yang memutuskan untuk mualaf saat menikahi Aura, kini turut menjalankan ibadah puasa bersama umat muslim lainnya. Maka tak heran, jika Aura Kasih sangat antusias dalam menyiapkan menu berbuka untuk suaminya tersebut. Hal itu terlihat melalui unggahan video di Instagramnya. Aura juga menceritakan bahwa meski ini pertama kali Eryck menjalani puasa, ia juga menyiapkan santap sahurnya sendiri.

5. Sinead O'Connor.

Seleb ini jalani puasa Ramadan pertama © 2019 brilio.net

foto: people.com

O'Connor yang sempat mengganti nama resminya menjadi Magda Davitt semula menganut agama Katolik. Kini, perempuan 51 tahun itu mantap memeluk agama Islam. Dia mengumumkan kabar tersebut melalui media sosial Twitter.

Sang musisi juga membagikan video dirinya mengumandangkan azan. Pada keterangan video, O'Connor menuliskan bahwa lantunan azan pertamanya itu memuat beberapa kesalahan pengucapan bahasa Arab karena dia merasa sangat emosional.

Padahal, azan yang dia rekam itu sudah dilatih selama 30 kali. Dia pun meminta maaf kepada warganet yang menyimak video. Lewat cicitan lain, O'Connor berbagi cerita bahwa dia mendapatkan hijab pertamaya dari seorang teman di Dublin. Keputusannya sebagai mualaf tersebut menjadikan Sinead untuk berpuasa di bulan Ramadan untuk pertama kalinya.