Brilio.net - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 telah dilaksanakan pada Rabu, 17 April 2019 lalu. Tepat satu bulan usai pesta demokrasi tersebut, masyarakat maupun peserta pemilu kini menyongsong penetapan hasil dari KPU.

Sebelumnya, dalam gelaran pesta demokrasi terakbar ini, masyarakat dapat memilih calon presiden dan wakil presiden hingga calon anggota legislatif yang bakal duduk di kursi parlemen. Nah, dalam pemilihan anggota legislatif ini banyak selebriti Tanah Air yang turun gunung untuk mencalonkan diri dan berebut kursi di parlemen.

Sejumlah selebriti Tanah Air yang mencalonkan diri sudah melakukan kampanye sejak September tahun lalu. Kini mereka tinggal menunggu hasil dan penetapan dari KPU. Kendati demikian, dari perhitungan suara yang sudah dilakukan oleh KPU di sejumlah wilayah dan dapil, hasil suara para selebriti inipun hampir dipastikan telah final.

Sementara itu, sebelum hasil hitung KPU ini, sejumlah lembaga survei juga mengeluarkan hasil quick count atau hitung cepat baik untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pileg. Berdasarkan quick count ada beberapa partai yang gagal memenuhi ambang batas 4% untuk menempatkan wakilnya di parlemen. 

Tak hanya seleb yang baru nyaleg di tahun 2019 ini, beberapa seleb petahana yang nyaleg juga gagal lolos ke Senayan. Bahkan ada juga seleb yang sudah dua kali lolos ke Senayan, namun kemdian gagal di Pileg 2019.

Loading...

Nah, siapa saja selebriti petahana yang hampir dipastikan tidak lolos merebut kursi DPR RI? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (17/5), berikut 5 seleb petahana yang gagal mempertahankan kursi di DPR RI.

1. Venna Melinda.

seleb gagal ke dpr lagi © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@vennamelindareal

Venna Melinda yang tahun ini nyaleg dari Partai Nasdem gagal mempertahankan kursi DPR RI. Venna yang sebelumnya maju ke Senayan melalui Partai Demokrat ini bertarung di Dapil Jawa Timur VI. Sayang perpindahannya tak mampu mendongkrak suara. Ia gagal melangkah karena perolehan suaranya yang kurang memenuhi. Dirinya kalah tipis dengan rekan satu partainya yakni Nurhadi.

2. Jamal Mirdad.

seleb gagal ke dpr lagi © 2019 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Selain Venna Melinda, selebriti senior yang juga gagal mempertahankan kursinya di DPR RI adalah Jamal Mirdad. Ayah Naysila Mirdad ini gagal melenggang ke Senayan karena perolehan suaranya yang kalah dari rekan satu partainya dari Partai Gerindra, Sigit Ibnugroho. Bertarung di Dapil Jateng I, Jamal sebenarnya meraih cukup banyak suara.

3. Okky Asokawati.

seleb gagal ke dpr lagi © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@okkyasokawati

Seleb yang juga politisi Partai Nasdem Okky Asokawati juga diprediksi gagal ke Senayan. Sebelumnya, Okky merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Bertarung di dapil DKI Jakarta II, perolehan suaranya masih kurang untuk melenggang ke Senayan.

4. Lucky Hakim.

seleb gagal ke dpr lagi © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@luckyhakimofficial

Caleg dari Partai Nasdem lainnya, Lucky Hakim juga diprediksi gagal melenggang untuk kedua kalinya ke Senayan. Bertarung di Dapil Jabar VI, perolehan suaranya tidak memenuhi syarat untuk mempertahankan kursi DPR. Sebelumnya, Lucky sudah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi PAN.

5. Khrisna Mukti.

seleb gagal ke dpr lagi © 2019 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com/Bayu Herdiyanto

Seleb petahana lainnya yang juga gagal melangkah ke Senayan adalah Khrisna Mukti. Sudah mencicipi jabatan sebagai anggota DPR sebelumnya, Khrisna Mukti mencalonkan diri kembali sebagai anggota legislatif dari Partai Nasdem. Kendati demikian, seleb yang bertarung di Dapil X Jawa Barat ini perolehan suaranya kurang memehuni untuk melangkah ke Senayan.