Brilio.net - Libur akhir tahun memang jadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga. Melihat keceriaan anak dalam liburan pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Oleh sebab itu, biasanya setiap keluarga sudah merencanakan tujuan libur akhir tahun sejak jauh-jauh hari.

Banyak keluarga yang memilih road trip atau menggunakan mobil pribadi untuk berlibur. Pasalnya, tiket pesawat di akhir tahun pastinya lebih mahal, sedangkan tiket kereta ketersediaannya terbatas.

Ternyata liburan bersama keluarga memang bukan hal yang mudah, apalagi akhir tahun yang semua keluarga juga menikmati liburan. Segala keriwehan pasti akan terasa.

Nah, untuk menikmati libur akhir tahun yang menyenangkan bersama keluarga, Tika Ramlan eks T2, memberikan tips mengenai persiapan yang harus dilakukan ayah dan bunda ketika hendak traveling bersama keluarga.

Berikut brilio.net rangkum tips liburan bareng anak ala Tika Ramlan, Selasa (10/12).

Loading...

1. Sabar.

Tika eks T2 © 2019 brilio.net

Tika eks T2-© 2019 brilio.net/Instagram

Sifat sabar memang harus dimiliki oleh setiap orangtua yang memiliki anak masih kecil. Apalagi bila ingin mengajak anak berlibur. Menurut Tika kesabaran kunci utamanya.

"Yang pertama sabar kalau sama anak-anak. Apalagi aku ada anak kecil dan biasanya dia belum ngerti," ujarnya kepada brilio.net.

2. Akomodasi.

Tika eks T2 © 2019 brilio.net

Tika eks T2-© 2019 brilio.net/Instagram

Menurut Tika, sebelum bepergian bersama keluarga, lebih baik bikin rencana sebaik mungkin. Terutama pilih hotel yang nyaman dan lokasinya strategis.

"Cari hotel yang bener-bener nyaman. Enggak apa-apa mahal dikit yang penting anak nyaman. Jangan sampai anak cranky, kita ikut cape," ucapnya.

3. Makanan.

Tika eks T2 © 2019 brilio.net

Tika eks T2-© 2019 brilio.net/Instagram

Saat pergi berlibur apalagi ke luar negeri memang makanan jadi hal yang harus diperhatikan. Namun biasanya Tika menyiasatinya ketika menyewa penginapan yang satu rumah atau seperti villa. Dengan begitu, Tika bisa memasak makanan sesuai kesukaan keluarganya.

4. Destinasi terbaik.

Tika eks T2 © 2019 brilio.net

Tika eks T2-© 2019 brilio.net/Instagram

Pastikan saat ingin merencanakan liburan pilih destinasi yang menarik dan ramah anak.

"Aku paling sering ke Jepang karena ramah keluarga, aman dan bersih. Mau apa aja di sana ada, Adventure ada, shopping ada, alam juga ada," terangnya.

5. Jangan egois.

Tika eks T2 © 2019 brilio.net

Tika eks T2-© 2019 brilio.net/Instagram

Selain itu, Tika mengimbau kepada setiap orangtua untuk lebih peka dalam mendahulukan kepentingan anak-anak dibandingkan kepentingannya sendiri.

"Kalau kita udah mutusin pergi sama anak-anak, yang pasti keperluan kita di nomor duakan. Kalau mereka udah tercukupi, baru kita mikir mau kemana. Jadi ya memang tinggal sisa-sisanya," pungkas Tika.