Brilio.net - K-Pop kini tak hanya menjadi primadona di negerinya sendiri, beberapa tahun belakangan ini popularitas K-Pop bahkan sudah dikenal di seluruh benua Asia. Nggak salah kalau industri hiburan Korea kini menjadi salah satu yang terkuat di benua Asia.

Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki banyak penggemar K-Pop. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai konser para grup K-Pop yang tiketnya selalu ludes terjual dalam beberapa jam. Banyaknya para penggemar K-Pop di Tanah Air turut membuat kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam industri hiburan mengalami kemajuan.

Hal tersebut ditandai dengan banyaknya project film dan musik yang melibatkan seleb dari Indonesia dan Korea Selatan. Terbaru, Rossa sukses membuat iri para ELF (penggemar Super Junior) setelah mengumumkan project kolaborasinya bersama Super junior yang akan dirilis pada paruh pertama tahun 2019 ini.

Rossa bukan penyanyi Indonesia pertama yang punya project kolaborasi bareng idol K-Pop lho. Sebelum Rossa, deretan penyanyi Indonesia ini juga pernah berkolaborasi bareng idol K-Pop. Siapa saja mereka? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (22/2), berikut lima penyanyi Indonesia yang berkolaborasi bareng idol K-Pop.

1. Astrid dan Tim Hwang.

Loading...

penyanyi Indonesia X Korea  © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Tahun 2012 lalu, drama yang merupakan kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan yang berjudul 'Saranghae, I Love You' sukses menghadirkan chemistry antara aktris Indonesia Revalina S. Temat dan penyanyi Korea Selatan, Tim Hwang.

'Saranghae, I Love You' tak hanya melibatkan Revalina S. Temat dalam project tersebut, tapi juga Astrid yang berkolaborasi dengan Tim Hwang untuk menyanyikan soundtrack drama berjumlah 30 episode tersebut. Astrid dan Tim Hwang sukses membawakan lagu berjudul 'Saranghamdina'.

2. Agnez Mo dan Super Junior.

penyanyi Indonesia X Korea  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@agnezmo & @superjunior

Kesuksesan Agnez Mo diranah Asia memang nggak perlu diragukan lagi deh. Sebelum melangkah ke pasar Hollywood, nama Agnez Mo sudah banyak dikenal di Asia. Nggak salah deh kalau Agnez langganan tampil di panggung Asia Song Festival.

Di tahun 2009 lalu, Agnez Mo sukses bikin iri para K-Popers lantaran tampil bersama dengan Super Junior di panggung Asia Song Festival. Tak hanya bersama Super Junior, Agnez Mo juga berduet dengan Girls Generation, TVXQ dan lainnya dengan membawakan lagu 'Heal The World' milik Michael Jackson.

3. Sule dan Eru.

penyanyi Indonesia X Korea  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@eru_official_

Sule juga sukses mengukirkan prestasi dengan berduet bersama penyanyi Korea Selatan ternama, Eru pada 2013 lalu. Keduanya berduet dengan membawakan lagu 'Saranghaeyo'. Sambutan hangat nggak hanya didapat di Indonesia, beberapa media juga turut memberitakan kolaborasi apik Sule dan Eru.

4. Atiqoh Hasiholan dan Eru.

penyanyi Indonesia X Korea  © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Sukses berkolaborasi dengan Sule, Eru kemudian juga membuat kolaborasi manis dengan Atiqoh Hasiholan dalam film Hello Goodbye. Tak hanya beradu akting dalam film tersebut, Atiqoh Hasiholan dan Eru juga berduet dalam membawakan soundtrack film tersebut yang berjudul Black Glasses.

5. Rossa dan Super Junior.

penyanyi Indonesia X Korea  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@itsrossa910

SM Entertainment baru saja menandatangani kerjasama bersama Trans Media untuk mengembangkan industri hiburan K-Pop dan I-Pop di Indonesia. Mengawali kerjasama tersebut, SM Entertainment dan Trans Media pun membuat project kolaborasi yang melibatkan Rossa dan Super Junior.

Rencananya, kolaborasi Rossa dan Super Junior akan dirilis pada paruh pertama 2019 ini. Tak hanya itu, Rossa juga menandatangani kontrak selama satu tahun dengan SM Entertainment. Nggak menutup kemungkinan pula kalau Rossa berkolaborasi dengan artis SM Entertainment lain seperti EXO, BoA, Red Velvet dan lainnya.