Brilio.net - Kasus penggunaan narkoba di kalangan selebriti bukanlah menjadi sesuatu yang baru lagi. Sejak belasan tahun terakhir, ada puluhan bahkan ratusan selebriti yang harus berurusan dengan hukum lantaran penyalahgunaan barang-barang haram tersebut.

Akibatnya, sejumlah publik figur ini ada yang kemudian menjalani rehabilitasi. Namun ada pula yang harus menelan pahitnya hukuman di balik jeruji besi. Maraknya kasus penyalahgunaan obat-obat terlarang ini tentunya menimbulkan banyak tanda tanya pada masyarakat. Apa yang jadi motif selebriti hingga kecanduan narkoba?

Menurut dr. Aisyah dari RS Harum Kali Malang seperti dikutip brilio.net dari Kapanlagi.com, pada Selasa (23/7), penggunaan narkoba bisa dipicu dari beberapa faktor, salah satunya adalah keluarga dan lingkungan.

Aisyah menjelaskan ketergantungan seleb terhadap narkoba diduga dengan tingkat stres yang dialami. Oleh karenanya, mereka mencari pelarian untuk menenangkan diri dan kebetulan nyasar ke penggunaan obat.

"Ada yang ditawari, ada yang cari sendiri, ada juga yang dipaksa. Sebenarnya masyarakat biasa yang terkena Narkoba lebih banyak. Hanya saja para artis sering terekspos jadi terdengar lebih banyak," tuturnya dilansir dari kapanlagi.com

Loading...

Padatnya jadwal bekerja dari pagi hingga larut malam, bahkan dari pagi ke pagi di lokasi syuting membuat tenaga maupun fikiran terforsir cukup banyak. Sehingga menimbulkan stress dan membutuhkan doping di waktu-waktu tertentu.

Sementara itu, menurut Dr. Drew Pinsky, seorang ilmuwan yang kerap bersinggungan dengan selebriti Hollywood memaparkan selebritis bisa jadi mencari euforia yang didapatkan dari performa saat tampil. Euforia ini dapat ditemukan usai mengonsumsi obat-obatan yang mempengaruhi fungsi syaraf.

Bicara soal narkoba, belakangan ini nama komedian Nunung tengah ramai jadi perbincangan publik. Nunung digerebek bersama suaminya karena pemakaian sabu. Nunung sendiri bukan jadi satu-satunya anggota Srimulat yang terjerat kasus ini. Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, komedian-komedian Srimulat yang tersandung kasus narkoba, Selasa (23/7).

1. Nunung.

srimulat kasus narkoba © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Komedian wanita sekaligus presenter Nunung digerebek polisi bersama suaminya di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada Jumat (19/7). Nunung ditangkap lantaran dugaan pemakaian sabu. Diakuinya, ia pertama kali mengenal narkoba 20 tahun yang lalu. Ia bisa mengenal narkoba sendiri karena faktor lingkungan.

2. Polo.

srimulat kasus narkoba © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

 

Kasus narkoba yang menjerat Polo juga tak kalah menyedot perhatian khalayak. Nggak cuma sekali, Polo juga ditangkap dua kali oleh pihak kepolisian karena kasus yang sama. Pertama tahun 2000, ia divonis 7 bulan penjara. Penangkapan kedua di tahun 2004, Polo kembali ditangkap di kawasan Jakarta Timur.

3. Tessy.

srimulat kasus narkoba © 2019 brilio.net

foto: bintang.com

 

Tessy, pelawak yang khas dengan gaya cincinnya diamankan pihak kepolisian karena diduga pesta narkoba pada 23 Oktober 2014 lalu. Ia diciduk karena ketahuan memiliki sabu seberat 1,6 gram di kediamannya di Bekasi. Sebelum dibawa Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri, Tessy bahkan sempat mencoba bunuh diri dengan meminum pembersih lantai.

4. Gogon.

srimulat kasus narkoba © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Tahun 2007, Gogon juga pernah tersandung kasus narkoba. Komedian yang khas dengan gaya kumisnya tersebut ditangkap atas kepemilikan narkoba jenis ekstasi. Gogon kemudian divonis empat tahun penjara.

5. Doyok.

srimulat kasus narkoba © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Di awal tahun 2000, Doyok harus berurusan dengan pihak berwajib terkait kasus narkoba. Doyok terbukti memakai narkotika jenis sabu. Doyok kemudian divonis satu tahun penjara.