Brilio.net - Kondisi pandemi corona seperti saat ini tak hanya berdampak pada masalah kesehatan, namun juga ekonomi. Kebijakan physical distancing membuat gerak ekonomi melambat. Aktivitas ekonomi pun seolah mandeg, karena orang-orang menjalani physical distancing.

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sudah mulai terjadi. Selain itu juga banyak karyawan yang dirumahkan lantaran perusahaan tidak ada pemasukan.

Dampak ekonomi ini juga dirasakan oleh kalangan selebriti. Banyak job dibatalkan atau ditunda, konser dibatalkan mengingat tidak boleh menggelar acara yang mengumpulkan banyak orang.

Seperti halnya dialami Luna Maya. Selama pandemi corona terjadi, Luna Maya mengaku tidak mendapatkan penghasilan seperti biasanya. Kegiatan syuting serta berbagai event memang ditiadakan selama wabah ini terjadi. Tak hanya itu, Luna Maya yang juga berprofesi sebagai pebisnis, harus memutar otak agar tetap bisa memenuhi hak karyawan.

Luna blak-blakan dalam chanel YouTube Luna Maya berjudul Raffi Ahmad Tanya Pacar Baru dan Bahas Boril. Berikut adalah 5 cerita Luna Maya tanpa penghasilan saat pandemi corona, seperti yang telah brilio.net rangkum dari YouTube Luna Maya, Sabtu (11/4).


1. Tidak ada penghasilan.

5 Cerita Luna Maya tanpa penghasilan saat pandemi corona Instagram

foto: Instagram/@lunamaya

Luna Maya bercerita bahwa masa ini adalah yang paling berat. Corona membuat job ataupun bisnisnya terganggu. Bahkan secara blak-blaka Luna Maya mengaku tak ada penghasilan semenjak pandemi corona.

"Yang paling berat saat ini, saya kalau bisa dibilang zero income. Tidak ada pemasukan sama sekali," ucap Luna Maya dalam saluran YouTube-nya yang diunggah pada Jumat (10/4).


2. Bertahan dengan tabungan.

5 Cerita Luna Maya tanpa penghasilan saat pandemi corona Instagram

foto: Instagram/@lunamaya

Luna Maya selama ini tak hanya meniti karier sebagai artis dan model. Ia memiliki beberapa bisnis fashion. Tanpa penghasilan, pemenuhan finasial Luma Maya terganggu. Meski demikian Luna mengaku bakal bertahan dengan menggunakan tabungan.


"Tapi ya kita masih bisa bertahan dengan tabungan yang mungkin hanya sampai bulan apa aku bisa survive. Jadi semuanya ada kendalanya juga, susahnya dan bingungnya disaat seperti ini," ungkap Luna.


3. Banyak cicilan yang harus dibayar.

5 Cerita Luna Maya tanpa penghasilan saat pandemi corona Instagram

foto: Instagram/@lunamaya

Beban Luna seolah bertambah karena ia memiliki kewajiban untuk menggaji sejumlah karyawan. Belum lagi banyak cicilan yang harus ia bayar dengan nominal yang tak sedikit.

"Aku sampai detik ini harus menggaji teman-teman yang bekerja sama aku, orang rumah dan cicilan rumahku, cicilan mobilku, kartu kredit tetap berjalan, tidak ada kebijakan. Dan juga tetap membayar pajak," jelas Luna Maya.


4. Memikirkan cara bertahan hidup

5 Cerita Luna Maya tanpa penghasilan saat pandemi corona Instagram

foto: Instagram/@lunamaya

Luna Maya juga merasa was-was memikirkan cara untuk tetap bertahan hidup, dengan segala kebutuhannya. Oleh karena itu, Luna akan menghitung apakah sisa uang yang dimiliki cukup untuk keperluan selama beberapa bulan ke depan.

"Kalau aku juga harus cek kira-kira sampai bulan apa aku bisa survive. Jadi itu sih, semua ada kendalanya juga, ada susahnya juga ada bingungnya juga di saat seperti ini," kata aktris sekaligus model ini.


5. Tetap bersyukur

5 Cerita Luna Maya tanpa penghasilan saat pandemi corona Instagram

foto: Instagram/@lunamaya

Kendati demikian, artis cantik ini tetap berusaha untuk bersyukur. Bagi Luna, kesehatan adalah salah satu nikmat luar biasa di tengah virus yang sedang mewabah ini.

"Saya hanya bisa bersyukur kepada Tuhan sampai detik ini sehat. Bisa makan enak alhamdulillah tidak kekurangan. Bersyukur Jakarta jadi kota yang asri, kembali normal," ucapnya.