Brilio.net - Memiliki karya yang poluler serta berkualitas merupakan suatu pengharapan besar para pelaku industri film. Apa lagi jika karyanya tersebut meraih penghargaan bergengsi, pastilah suatu kebanggaan yang luar biasa.

Setiap tahun ajang penghargaan bergengsi selalu ditunggu. Lewat ajang itulah kita bisa melihat seberapa berkualitasnya karya tersebut hingga diganjar penghargaan. Beberapa kategori menjadi pertimbangan untuk memilih yang terbaik. Mulai dari film terbaik, artis pemeran utama pria atau wanita terbaik dan lainnya lagi yang terlibat dalam pembuatan karya tersebut.

Ada begitu banyak aktor dan aktris yang meraih Piala Citra, namun dari beberapa aktor dan aktris tersebut ada yang memperoleh penghargaan lebih dari tiga kali, bahkan bisa dikatakan langganan memperoleh penghargaan tersebut. Baik sebagai aktor atau aktris terbaik, pemeran pembantu terbaik dan sebagainya. Siapa saja mereka yang kerap mendapatkan penghargaan? Berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (11/12).

1. Christine Hakim

5 Artis peraih Piala Citra terbanyak, bukti aktingnya jempolan istimewa

Loading...

foto: kapanlagi.com

Aktris kelahiran Jambi, 25 Desember 1956 ini merupakan seorang artis Indonesia yang mendulang prestasi gemilang. Sepanjang sejarah penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI), Christine Hakim telah mengantongi banyak Piala Citra. Terhitung, Christine Hakim telah meraih tujuh Piala Citra dan semuanya merupakan Pemeran Utama Terbaik.

Christine Hakim mulai mulai karirnya lewat film 'Cinta Pertama' Karya Teguh pada tahun 1973. Christine Hakim menunjukkan bahwa dia sangat berbakat dalam dunia akting, film pertamanya itu membawa dirinya memperoleh Piala Citra untuk pertama kali. Christine Hakim juga menjadi produser beberapa film, salah satunya 'Daun di Atas Bantal' tahun 1998.

2. Deddy Mizwar

5 Artis peraih Piala Citra terbanyak, bukti aktingnya jempolan istimewa

foto: Instagram/@deddy_mizwar

Deddy Mizwar merupakan aktor yang cukup hebat dalam dunia akting. Lahir di Jakarta, 5 Maret 1955. Ia dikenal sebagai aktor senior dan sutradara Indonesia. Tahun 1997 Deddy Mizwar mendirikan production house-nya sendiri, PT Demi Gisela Citra Sinema, dengan produksi pertama serial televisi Mat Angin, disusul kemudian dengan serial Ramadan Lorong Waktu (6 musim), Demi Masa, Kiamat Sudah Dekat (film dan serial televisi), film Ketika, film Nagabonar Jadi 2, serial televisi Para Pencari Tuhan, dan terakhir film Identitas yang meraih Piala Citra sebagai film terbaik FFI 2009.

Sebagai aktor senior Deddy telah mengantongi lima Piala Citra. Peraihan Piala Citra tersebut dianggap sebagai rekor terbanyak yang pernah dimenangi seorang aktor selama penyelenggaraan FFI. Deddy Mizwar berhasil meraih Piala Citra diantaranya dengan kategori pemeran pembantu pria terbaik dalam film Kuberikan Segalanya (1992) dan Opera Jakarta (1986).

3. Reza Rahadian

5 Artis peraih Piala Citra terbanyak, bukti aktingnya jempolan istimewa

foto: Instagram/@officialpilarez

Reza Rahadian mengawali kariernya sebagai seorang model. Pria kelahiran Bogor, 5 Maret 1987 ini pernah menjuarai Favorite Top Guest majalah Aneka Yess! tahun 2004. Karirnya terus meningkat, hingga ia bisa berbain disebuah sinetron produksi Rapi Film dengan judul 'Culunnya Pacarku tahun 2005. Mendapatkan kesempatan emas, Reza tak menyia-nyiakannya. Ia berakting sebaik mungkin hingga dipercaya untuk memerankan sinetron selanjutnya.

Hingga kini nama Reza Rahadian sudah tidak asing lagi di dunia perfilman Indonesia. Kemampuan aktingnya sudah tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan banyaknya penghargaan yang ia raih. Hingga kini Reza Rahadian telah meraih 4 Piala Citra.  

Berbagai film telah ia bintangi dan hampir semua film yang diperankan Reza Rahadian mendapatkan penghargaan. Mulai dari Pemeran Utama Pria Terpuji, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Aktor Favorit dan sebagainya. Berkat kemampuannya di dunia akting, Reza Rahadian telah mengantongi empat Piala Citra.

4. Mieke Widjaya

5 Artis peraih Piala Citra terbanyak, bukti aktingnya jempolan istimewa

foto: Instagram/@miekewijaya.z

Mieke Widjaja mulai dikenal sejak ia membintangi film Tiga Dara tahun 1956, karya Usmar Ismail. Mieke Widjaja membuktikan bahwa dirinya piawai dalam melakukan pekerjaannya di dunia akting. Benar saja, ia berhasil mengumpul tiga Piala Citra.

Piala Citra pertama, yang membuat dirinya begitu bersemangat untuk berkarya lagi yakni pada tahun 1967 dalam film berjudul 'Kerudung Putih', untuk kategori Pemeran Utama terbaik. Mieke Widjaja cukup lama aktif dalam dunia akting. Terakhir dirinya membintangi film Ayat Ayat Cinta pada tahun 2008.

5. Meriam Bellina

5 Artis peraih Piala Citra terbanyak, bukti aktingnya jempolan istimewa

foto: Instagram/@bellinamer

Meriam Bellina masih aktif hingga kini di dunia akting. Aktris asal Bandung, Jawa Barat ini pertama kali akting dalam film berjudul 'Perawan-Perawan' pada tahun 1981. Meriam Bellina berhasil mengumpulkan tiga Piala Citra. penghargaan pertamanya peroleh lewat film 'Cinta di Balik Noda' pada tahun 1981.

Dulu Meriam Bellina dikenal sebagai artis seksi Indonesia. Tak hanya film yang ia perankan, melainkan beberapa film komedi dan senetron televisi pun turut dibintanginya.