Brilio.net - Dalam dunia medis sunat atau khitan dikenal dengan istilah sirkumsisi, dilakukan dengan memotong sebagian kulit pada kelamin pria. Tak hanya menjadi sebuah kewajiban bagi pria muslim, dalam dunia kesehatan ternyata sunat juga dianjurkan karena memiliki banyak manfaat.

Jika zaman dahulu kebanyakan laki-laki disunat ketika sudah menempuh Sekolah Dasar, maka berbeda dengan zaman sekarang yang disunat ketika masih balita. Ada berbagai macam alasan yang mendorong para orangtua memutuskan untuk mengkhitan anaknyna di usia dini.

Seperti para orangtua seleb ini nih. Mereka melakukan khitan untuk anak-anaknya saat masih balita. Ada yang memang karena sesuai anjuran dokter namun ada pula yang harus mengambil tindakan tersebut karena sang anak mengalami gangguan saluran kencing.

Siapa saja sih mereka? Brilio.net sudah merangkum lima anak seleb yang sudah disunat sejak masih balita dari berbagai sumber, Rabu (28/3).

1. Donny Michael dan Aryani Fitriana.

Anak seleb khitan dini  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@aryanifitriana24

Alem Isco Zeroun Haub adalah anak dari pasangan pesinetron Donny Michael dan Aryani Fitriana yang sudah disunat saat usia baru menginjak lima bulan. Keduanya sepakat melakukan khitan di usia dini bagi Isco karena kesehatan dan sesuai dengan anjuran dokter.

2. Cut Memey.

Anak seleb khitan dini  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@cutmemey

Cut Memey juga memutuskan untuk melakukan khitan bagi anaknya yang bernama Nathan diusia tiga tahun. Tak jauh berbeda dengan alasan Donny Michael, Cut Memey memilih khitan dini agar sang anak tidak terlalu merasakan rasa sakit.

3. Inul Daratista.

Anak seleb khitan dini  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@inul.d

Berbeda dengan kedua seleb sebelumnya, Inul Daratista terpaksa mengambil tindakan khitan dini untuk anak semata wayangnya, Yusuf Ivander Damares saat usianya tiga tahun. Hal tersebut diambil Inul lantaran lubang saluran kencing Ivander yang kecil dan sempat membuatnya mengalami radang kemih hingga menyebabkan kejang-kejang.

4. Nadia Mulya.

Anak seleb khitan dini  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@nadiamulya

Nadia Mulya juga melakukan khitan untuk anak ketiganya saat usianya belum genap dua bulan. Presenter infotainment tersebut melakukan khitan dini bagi anak laki-lakinya sesuai dengan anjuran dokter yang menganjurkan sang anak disunat sebelum usia enam bulan.

5. Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca.

Anak seleb khitan dini  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca baru saja dikaruai anak keempat berjenis kelamin laki-laki beberapa waktu lalu yang diberi nama Bhre Kata Bramantyo. Sempat mengalami trauma ketika anak ketiga Kaba mengalami mampet saluran kencing saat usia 2 tahun, membuat pasangan beda usia 12 tahun ini sepakat untuk melakukan khitan dini pada anaknya tersebut untuk menghindarkan infeksi saluran kencing.