Brilio.net - Artis cantik Cinta Laura sudah menjadi idola sebagian kawula muda Tanah Air. Ia tidak hanya dikenal jago akting, beberapa lagunya juga dinikmati fans.

Wanita kelahiran 17 Agustus 1993 ini juga menjadi sosok panutan yang menginspirasi. Setelah menyelesaikan studinya di Amerika Serikat, Cinta kembali ke Tanah Air dan melakukan berbagai gerakan kepedulian sosial.

Cinta Laura yang masih cukup aktif di dunia hiburan ternyata bisa meluangkan waktunya untuk turun langsung menjadi seorang aktivis sosial dan membantu mereka yang membutuhkan. Cinta turut aktif membahas isu mengenai pemberdayaan perempuan, kekerasan terhadap perempuan dan anak, perlindungan anak, pendidikan, hingga bullying.

Cinta mampu membuktikan bahwa ia merupakan seseorang yang capable di bidangnya dengan lebih mengutamakan aksi nyata ketimbang hanya omongan belaka. Berkat hal itu, ia mendapatkan banyak pujian dari netizen.

Lalu aksi sosial apa saja yang pernah dilakukan oleh Cinta Laura? Simak ulasan lengkapnya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/10).

1. Mendirikan Yayasan Soekarseno Peduli.

Aksi sosial Cinta Laura dari berbagai sumber

foto: Instagram/@claurakiehl

Cinta Laura merupakan salah satu artis Tanah Air yang peduli dengan persoalan sosial. Hal tersebut dibuktikan dengan didirikannya yayasan Soekarseno Peduli yang bergerak dalam bidang pendidikan dan kesehatan bagi orang kurang mampu. Sekolah dan fasilitas kesehatan yang didirikan Cinta ini gratis bagi yang membutuhkan.

Yayasan yang berdiri sejak tahun 2004 tersebut milik keluarga Soekarseno yang merupakan keluarga dari ibunda Cinta Laura. Cinta sendiri sejak lama bergabung dalam organisasi tersebut.

2. Membangun sekolah di pedalaman.

Aksi sosial Cinta Laura dari berbagai sumber

foto: YouTube/Cinta Laura Kiehl

Melalui yayasan ini, Cinta juga mendirikan sebuah sekolah bernama Pangerasan Education Center yang berada di kaki Gunung Salak, Kabupaten Bogor. Nggak cuma itu, masih ada beberapa sekolah yang ia dirikan di beberapa daerah lain di Indonesia, khususnya daerah pedalaman.

Cinta juga ikut membangun sistem pendidikan yang lebih baik di daerah tersebut. Setidaknya sudah lebih dari 4.000 siswa SD hingga SMP yang terbantu pendidikannya. Selain itu, Yayasan Soekarseno juga memberi para siswa pelatihan kemampuan keterampilan seperti menjahit, bertani, bahkan teknik dasar. Cinta pun turun langsung untuk mengajar bahasa Inggris.

3. Aktif berkampanye "Save The Children".

Aksi sosial Cinta Laura dari berbagai sumber

foto: Instagram/@claurakiehl

Bersama Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Cinta mengampanyekan tentang kepedulian terhadap semua persoalan anak-anak. Di antaranya tentang pendidikan anak, kesehatan anak, dan kekerasan pada anak. Ia mengajak masyarakat untuk lebih peduli lagi dengan masalah yang dihadapi anak-anak di Indonesia.

4. Menjadi Duta Anti Kekerasan Pada Anak dan Perempuan.

Aksi sosial Cinta Laura dari berbagai sumber

foto: Instagram/@claurakiehl

Cinta Laura Kiehl dinobatkan sebagai Duta Anti Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada Juli 2019. Saat itu, Cinta bertugas keliling ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengampanyekan anti kekerasan terhadap anak dan perempuan.

5. Beri dukungan kepada anak-anak pejuang kanker.

Aksi sosial Cinta Laura dari berbagai sumber

foto: Twitter/@xcintakiehlx

Cinta Laura juga memberikan dukungan kepada anak-anak pejuang kanker. Dalam unggahannya di akun Twitter, Cinta Laura terlihat bersama anak laki-laki dengan kepala plontos sekitar usia 2,5-3 tahun di sebuah rumah sakit. Kehadiran Cinta memberikan kebahagiaan untuk anak-anak penderita kanker.

"Yuk kita support @kankeranakindo1 supaya anak-anak ini bisa bermain dengan ceria, sehat dan bahagia," tulis Cinta Laura.

Foto ini pun ramai mendapat tanggapan komentar dari warganet. Mereka menilai artis berusia 28 tahun ini dianggap pantas sebagai panutan, karena sering menolong dan membantu sesama.

"Ya Allah, salah satu cita-cita aku sebagai manusia pengin bermanfaat buat orang lain. Pengin kayak kak Cinta. Baik hati, suka menolong mana cantik banget. Perfect all kill," tulis akun @Shaqheight.