Brilio.net - Kasus korupsi memang masih menjadi problematika tersendiri bagi bangsa Indonesia hingga saat ini. Tahun 2018 ini, beberapa pejabat daerah hingga menteri pun terseret kasus korupsi yang membuat publik heboh. Kasus korupsi yang menghebohkan publik pun tak hanya menjeret para pejabat, namun juga deretan selebriti Indonesia.

Keterlibatan para selebriti dalam pusaran korupsi para pejabat ini pun cukup menghebohkan publik. Terlebih selama ini para selebriti ini dikenal dengan image yang baik. Ada yang terseret korupsi lantaran kasus yang melibatkan sang suami, namun tak sedikit pula yang terseret lantaran memiliki hubungan terlarang dengan pejabat yang menjadi tersangka kasus korupsi.

Terseret kasus korupsi, membuat para selebriti ini pun harus berurusan dengan yang berwajib. Ada yang harus melewati proses persidangan berkali-kali sebagai saksi, namun tak sedikit pula yang kini menyandang status sebagai tersangka kasus korupsi. Kasus korupsi yang melibatkan para selebriti ini pun menjadi salah satu kabar yang menghebohkan di dunia hiburan Tanah Air 2018.

Siapa saja mereka? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (31/12), berikut empat selebriti yang terseret dalam pusaran korupsi sepanjang 2018.

1. Inneke Koesherawati.

Loading...

seleb tersangkut korupsi 2018  © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@inekekoes

Lama tak terdengar kabarnya di dunia hiburan, Inneke Koesherawati membuat publik heboh dengan tertangkapnya Inneke dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 21 Juli 2018 lalu. Inneke ditangkap bersama mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, dan terpidana kasus korupsi Fahmi Darmawansyah yang juga suami seleb berusia 42 tahun ini.

Dalam OTT tersebut, tim penindakan KPK juga mengamankan sejumlah uang, valas dan kendaraan. Inneke diketahui memberikan suap kepada mantan Kalapas Sukamiskin untuk perizinan dan fasilitas mewah untuk sang suami.

2. Zumi Zola.

seleb tersangkut korupsi 2018  © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@zumizola_corner

Awal tahun 2018, publik dihebohkan dengan tertangkapnya Zumi Zola oleh KPK atas kasus suap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) Provinsi Jambi tahun anggaran 2017-2018. Dalam kasus korupsi tersebut, Zumi Zola terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp 40 miliar, USD 177,300 (Rp 2,5 miliar) dan SGD 100 ribu (Rp 1 miliar lebih) selama menjabat sebagai Gubernur Jambi sejak 2016.

Ditetapkan sebagai tersangka pada 2 Februari 2018 lalu, Zumi Zola akhirnya dijatuhi vonis enam tahun penjaran dan denda sebesar Rp 500 juta pada sidang putusan yang digelar pada 6 Desember lalu. Dalam kasus korupsi tersebut, Zumi Zola diketahui menggunakan uang gratifikasi untuk membeli 17 unit action figure, pergi ke Amerika Serikat, 25 sapi kurban, menjahit biaya baju pelantikan, dan biaya umrah sekeluarga.

3. Steffy Burase.

seleb tersangkut korupsi 2018  © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@steffyburase

Steffy Burase adalah seorang mantan model yang namanya terseret dalam pusaran Korupsi Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf. Steffy Burase mengaku menerima aliran dana untuk Aceh Marathon 2018. Nama Steffy Burase sendiri terseret pada pusaran korupsi Irwandi Yufus sejak Juli 2018 lalu. KPK bahkan menyebut bahwa Steffy Busare sudah menikah siri dengan Irwandi Yusuf pada 8 Desember 2017 lalu.

4. Faye Nicole Jones.

seleb tersangkut korupsi 2018  © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@fayenicolejones

Yang paling terbaru dan menghebohkan tentu terseretnya nama Faye Nicole Jones dalam pusaran kasus korupsi Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Wawan diketahui ditersangkut kasus suap kepada mantan Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen.

Nama Faye Nicole Jones ramai menjadi perbincangan setelah KPK mengungkapkn jika Wawan tertangkap kamera CCTV tengah menginap di sebuah hotel di Bandung bersama seorang seleb berinisial FNJ. Saat itu Wawan memang diizinkan untuk meninggalkan Lapas Sukamiskin untuk kepentingan berobat di rumah sakit.