Brilio.net - Perjalanan manusia tak ada yang tahu ujungnya. Roda hidup terus berputar, kadang di atas kadang di bawah. Nasib orang pun tampaknya tak jauh-jauh dari hukum kehidupan ini. Mereka yang sukses bisa tiba-tiba jatuh miskin dalam sekejap. Orang yang hidupnya serba kekurangan bahkan harus menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri bisa berubah drastis menjadi selebriti idola masyarakat.

Kamu pasti nggak percaya? Beberapa penyanyi ini pernah merasakan susahnya menjadi TKI. Mereka harus membanting tulang di negara orang untuk sekadar memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, Tuhan berkata lain. Mereka dengan berbagai cara menemukan jalan menjadi penyanyi yang punya banyak fans. Berikut ini 4 penyanyi yang dulunya TKI dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (12/6).

1. Zulkifli alias Zul Zivilia

penyanyi dulu TKI istimewa

Lagu Aishiteru saat dirilis tahun 2009 langsung meledak di pasaran. Lagu milik band Zivilia ini begitu populer di kalangan anak muda. Di balik liriknya yang romantis, ternyata lagu tersebut menyimpan kisah sedih seorang TKI yang mengadu nasib di Jepang. TKI tesebut tak lain adalah vokalis band Zivilia, Zulkifli atau akrab disapa Zul.

Loading...

Awalnya tiga tahun bekerja di Jepang, pria asal Kendari itu merasa belum pantas pulang ke kampung. tabungan yang dimilikinya belum seberapa. Beruntung, ia punya kelebihan bermusik. Dengan kemampuannya tersebut, Zul laris jadi pengisi acara di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jepang.

Kesempatan emas muncul ketika dia diminta menjadi penyanyi pembuka dalam konser band Naff di KBRI. Lagu Aishiteru yang dibawakannya membuat banyak orang kepincut. Mantan Vocalis Naff Ady, kala itu, meyakinkan Zul bahwa lagunya bisa jadi hits di Indonesia. Gayung bersambut, lalu Zul memutuskan datang ke studio musik Ady di Bandung. Pelan tapi pasti kariernya mulai menanjak sejak memutuskan terjun ke dunia musik Tanah Air.

2. Duo Sabun Colek

penyanyi dulu TKI istimewa

Grup vokal dangdut Duo Sabun Colek beranggotakan Dina dan Kiki. Mereka berhasil mencuri perhatian Lewat single 'Gatal, Gatal, Gatal' yang meraih penghargaan dalam ajang Dahsyatnya Awards mengalahkan Inul Daratista dan Zaskia Gotik.

Paras menawan dan suara merdu ternyata bukan modal Dina serta Kiki meraih kepopuleran. Perjalanan hidup keduanya justru jadi daya tarik. Pada tahun 2009, Dina dan Kiki pernah bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Jakarta. Selang dua tahun kemudian, keduanya berangkat ke Hong Kong untuk menjadi TKI. Di sana ternyata bertemu dengan produser yang menawarinya menjadi penyanyi. Akhirnya mereka dengan tekat bulat terjun menjadi pedangdut profesional.

3. Prista Apria Risty

penyanyi dulu TKI istimewa

Prista Apria Risty sempat bikin heboh dengan video kompilasi curhatan TKI yang nyeleneh. Banyak orang yang terkejut dengan aksi TKI yang bekerja di Hongkong tersebut. Namun kepopulerannya di media sosial itu rupanya membawa manfaat tersendiri, Prista kemudian jadi terkenal dan ditawari untuk jadi penyanyi dangdut.

4. Cinta Penelope

penyanyi dulu TKI istimewa

Cinta Penelope yang tergabung dalam duo Putry Penelope dikenal masyarakat lewat lagu Keong racun. Sebelum terkenal, dia pernah merasakan masa-masa sulit. Dia merasakan getirnya hidup ketika menjadi asisten rumah tangga selama hampir dua tahun. Meski punya masa lalu sulit, Cinta tak merasa malu. Cinta juga mengakui jika kala itu tidak digaji selama berbulan-bulan.