Brilio.net - Putra keempat Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, Pangeran Abdul Mateen akan menggelar akad nikah dengan mempersunting Anisha Rosnah pada hari ini, Kamis (11/1). Sebelum gelaran akad nikah, pasangan ini melangsungkan upacara adat 'Berbedak Pengantin' atau diartikan upacara pembedakan. Setelah sebelumnya, keduanya melangsungkan beberapa prosesi upacara adat kerajaan yang dimulai pada Minggu (7/1).

Berlangsung di Istana Nurul Iman Brunei, gelaran adat 'Berbedak Pengantin' tampak megah dengan nuansa gold. Anisha tampil cantik dengan busana kreasi songket Brunei berwarna merah keemasan dipadukan dengan headpiece mewah. Sementara itu, Pangeran Mateen tampil mengenakan pakaian pernikahan tradisional yang disebut sepangadak merah yang berwarna merah dan dihiasi motif berwarna emas.

17 Tembakan meriam menjadi simbol bahwa prosesi Berbedak Pengantin Diraja dilaksanakan untuk pengantin. Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah secara bergantian diberkati anggota keluarga dengan dioleskan bedak dan minyak ke telapak tangan. Ritual adat untuk merayakan pernikahan kerajaan ini melambangkan kesuburan dan kekayaan.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (11/1), momen Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah gelar acara Berbedak Pengantin.