Brilio.net - Seorang publik figur memang harus siap diterpa dengan rumor atau kabar yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Tidak hanya rumor atau gosip saja, dengan berkembangnya teknologi informasi sekarang membuat para publik figur harus siap juga menjadi korban berita palsu atau hoax.

Berita palsu tersebut bermacam-macam, mulai dari berita soal pacaran, proyek dengan artis mancanegara, hingga diisukan meninggal dunia. Na, kali ini brilio.net sudah merangkum buat kalian nih, siapa aja sosok yang sempat dikabarkan meninggal dunia dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (28/12).

1. Amitabh Bachchan

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: theindianexpress

Aktor kenamaan Bollywood ini dikabarkan meninggal pada Februari lalu. Kabar tersebut muncul pertama kali melalui pesan singkat yang menyebutkan bahwa Amitabh Bachchan meninggal dunia pada Selasa, 23 Februari 2016. Kabar itu langsung viral dan mengejutkan orang terdekat juga penggemarnya. Sebab, ia diketahui tidak menderita penyakit apa saja. Tidak beberapa lama terungkap bahwa hal kabar itu adalah palsu.

2. Fatin Shidqia

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: kapanlagi

Tidak tahu informasi berasal dari mana, pada bulan Februari lalu, penyayi Fatin Shidqia dikabarkan meninggal dunia. Tidak mau membuat fans panik, Fatin akhirnya mengklarifikasi kabar itu melalui akun Twitter-nya.

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: twitter.com/@FatinSL

 

3. Aa Gym

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto : Instagram/@aagym

Ulama kondang ini juga ternyata pernah diisukan meninggal juga lho. Mungkin isu ini sempat berkembang karena dirinya sudah jarang rampil di depan publik. Padahal Aa Gym hanya sakit biasa karena kelelahan.

4. Manohara

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: kapanlagi

Model dan sosialita Manohara Pinot juga tidak luput dari kabar hoax netizen. Ia diisukan meninggal karena overdosis usai mengunjungi klub. Kabarnya, ia juga sempat dibawa ke sebuah Rumah Sakit kawasan Jakarta Pusat hingga nyawanya tak tertolong.

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@Manodelia

Di tengah isu yang berhembus kencang itu, Manohara melalui akun Instagram pribadinya langsung membantahnya. Ia pun mengaku bahwa kondisinya baik-baik saja dan tampak sedang beraktivitas di rumah.

5. B.J. Habibie

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto : kapanlagi

Berita meninggalnya Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie ini diawali dari kabar berantai di media sosial. Kabar tersebut beredar di sejumlah grup WhatsApp dan juga twitter. Namun, kabar yang beredar itu segera dikonfirmasi oleh akun Facebook resmi The Habibie Center. BJ Habibie saat ini tengah berada di Jerman dan kondisinya sangat sehat.

6. Julia Perez

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: kapanlagi

Selebriti berikutnya yang menjadi korban hoax adalah Julia Perez. Dirinya dikabarkan meninggal pada Juli lalu karena penyakit yang dideritanya. Padahal ia sampai sekarang masih baik-baik saja.

Isu ini berhembus karena Julia Perez sedang mendapatkan perawatan untuk penyembuhan sakit kanker yang dideritanya. Begitu mengetahui kabar tersebut, Jupe berupaya menenangkan penggemarnya dengan mengunggah dua video sekaligus yang memperlihatkan kondisinya dalam keadaan baik dan sehat.

7. Iwan Fals

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: kapanlagi

Musisi kawakan yang punya banyak fans di seluruh Indonesia ini pernah diberitakan meninggal dunia. Bahkan Iwan Fals sudah tiga kali diisukan meninggal. Katanya sih isu-isu ini beredar karena Iwan Fals sempat mengucapkan kata-kata perpisahan seperti ingin meninggal dunia.

8. Rowan Atkinson (Mr. Bean)

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: pinterest

Pemeran tokoh Mr. Bean masuk dalam daftar selebriti yang dikabarkan meninggal dunia di tahun 2016. Ia dikabarkan meninggal karena mengalami depresi berat. Tapi hal tersebut langsung ditepis oleh media The Sun yang sudah mengkonfirmasi bahwa Atkinson baik-baik saja. Sehingga dipastikan kabar ini adalah palsu.

9. Mario Teguh

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@marioteguh

Sosok selanjutnya yang juga terkena kabar hoax meninggal adalah, motivator Mario Teguh. Kabar ini merebak setelah sebuah situs di internet, mengunggah artikel yang menyatakan motivator Mario Teguh meninggal dunia akibat serangan jantung.

10. Britney Spears

hoax meninggal 2k16 © 2016 brilio.net

foto: Billboard

Ini merupakan kabar hoax yang datang di penghujung tahun 2016. Kabar tersebut bermula gara-gara kejahilan hacker yang meretas akun Twitter Sony Music (@SonyMusicGlobal) dan musisi Bob Dylan (@bobdylan) yang menuliskan informasi tentang kematian penyanyi wanita pop ini lengkap dengan tagar #RIPBritney.