Brilio.net - Sebagian besar orang mengandalkan media sosial untuk mendapatkan informasi. Berkat media sosial, baca berita jadi gampang kan? Kamu bisa langsung klik sambil online di Facebook.

Kalau beritanya memang spesial, kamu tinggal share saja. Dengan adanya tombol share, kamu bisa tahu berita mana yang lagi happening atau paling nggak, artikel tersebut selalu berseliweran di berandamu.

Eits, jangan asal share dan baca, kamu harus teliti dengan berita yang beredar. Nggak mau kan ngabisin waktu demi sebuah berita yang kebenarannya dipertanyakan? Makanya teliti dulu artikelnya. Caranya gimana? Berikut 9 tipsnya yang dihimpun oleh brilio.net dari CNN, Selasa (22/11):

1. Perhatikan URL-nya.

No hoax anymore © 2016 brilio.net

Jangan terkecoh dengan alamat URL dari agensi berita yang sudah terkenal. Coba cek setelah '.com'. Biasanya sumber berita hoax berasal dari sebuah situs yang berakhir dengan '.co' atau '.su' setelah '.com'. Sebagai contohnya adalah abcnews.com.co.

2. Pastikan judul dan isi nyambung.

No hoax anymore © 2016 brilio.net

Jangan terpengaruh oleh caption yang ada di Facebook. Kamu harus 'bedah' artikel tersebut. Lalu pastikan antara judul dan isi. Kalu nggak sesuai, kamu perlu curiga.

3. Apakah itu berita lama?

No hoax anymore © 2016 brilio.net

Banyak lho yang terkecoh dengan berita lama yan mirip dengan topik yang tengah memanas. Jadi setelah lihat URL serta isi, pastikan kamu tahu bahwa tulisan tersebut bukan berita lawas.

4. Soal foto dan video.

No hoax anymore © 2016 brilio.net

Sering kan menemukan berita yang foto sama beritanya nggak nyambung? Parahnya lagi ada yang mengedit foto sedemikian rupa untuk menguatkan tulisan itu. Untuk verifikasinya, kamu bisa gunakan Google Images dengan mengunggah fotonya.

5. Teliti sumber asli.

No hoax anymore © 2016 brilio.net

Kalau kamu baca temuan ilmiah atau kesalahan sebuah produk, pastikan sumbernya jelas. Jangan ragu untuk search juga di website perusahaan tersebut.

6. Jangan mudah percaya quotes dalam sebuah foto.

No hoax anymore © 2016 brilio.net

Sering kan nemu quotes dalam sebuah foto orang tertentu? Jangan sampai kamu terkecoh dengan trik ini. Pastikan kamu browse bahwa quote tersebut diucapkan oleh orangnya sendiri.

7. Search sumber lain lagi dan lagi.

No hoax anymore © 2016 brilio.net

Jika kamu menemukan berita dan hanya berasal dari satu sumber, kamu harus bersabar. Jangan sampai kamu terpedaya dengan hal ini. Kamu perlu membandingkan dengan sumber yang lain juga untuk tahu ceritanya secara utuh.

8. Hati-hati dengan sebuah bias.

No hoax anymore © 2016 brilio.net

Banyak media yang ditunggangi oleh kepentingan tertentu. Itulah mengapa biasanya sangat kelihatan dari framing artikelnya. Jadi, ketika ada sebuah media yang menyudutkan pihak tertentu, kamu sebaiknya tak tergesa-gesa percaya.

9. Berkunjunglah ke situs asli.

No hoax anymore © 2016 brilio.net

Jika kamu ragu apakah berita hoax atau bukan, berkunjunglah ke situs aslinya. Terkadang Facebook memiliki settingan berita yang berbeda. Sebagai pegangan adalah artikel dari situs utama.