Brilio.net - Bukan menjadi hal baru di dunia hiburan Tanah Air, selebriti ikut berkecimpung di ranah bisnis. Tak selalu sukses, deretan seleb ini juga pernah mengalami kegagalan dalam merintis usaha. Mengalami kerugian hingga miliaran rupiah pun sempat dialami beberapa seleb.

Meski mengalami kerugian yang besar, selebriti Tanah Air ini pun tak merasa kapok dalam menjalankan bisnis. Hal tersebut justru menjadi pengalaman dan pembelajaran berharga untuk ke depan.

Ini dia 10 seleb Indonesia yang pernah gagal berbisnis dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (27/9).

1. Tommy Kurniawan.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@tommykurniawan77

Pada 2013 silam, Tommy Kurniawan pernah mengalami gulung tikar dalam berbisnis. Bisnis yang ditekuni mantan suami dari Fatimah Tania Nadira adalah bisnis di bidang pertambangan yaitu batubara. "Saya ngalami namanya ditipu, dibohongi, ditinggalin, saya harus jalani sendiri," ungkap Tommy Kurniawan dikutip dari Kapanlagi, Rabu (27/9).

Sempat gagal dalam berbisnis, Tommy Kurniawan tak merasa trauma untuk berbisnis. Kini pria kelahiran Jakarta ini sedang mengembangkan bisnis startup di bidang olahraga. Bisnis tersebut ia pilih karena Tommy memiliki ketertarikan bidang olahraga sejak lama.

2. Manohara.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@manodelia

Model Manohara Odelia Pinot pernah gagal dalam berbisnis kosmetik. Bisnis yang telah ditekuninya dalam kurun waktu setahun ini menjadi pengalaman berharga baginya. Mantan istri Pangeran Kelantan mengalami gagal dalam berbisnis karena sempat memiliki masalah dengan pihak marketing.

3. Dude Harlino.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@dude2harlino

Sebelum sukses dengan bisnis oleh-oleh kekinian Jogja Scrummy, Dude Harlino pernah mengalami gagal dalam mengembangkan usahanya. Suami dari Alyssa Soebandono ini pernah membuka restoran bertajuk Sushi Miyabi. Usaha kuliner khas Jepang ini pun sempat populer hingga muncul beberapa cabang.

Pembukaan cabang yang semakin banyak ini bukan mendatangkan pundi-pundi uang. Ayah dua anak ini justru mengalami kebangkrutan lantaran banyak anak cabang yang mengalami kerugian. Hal tersebut berimbas pada Dude.

4. Revalina S Temat.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@vatemat

Aktris Revalina S Temat pun mengalami hal sama dengan Dude Harlino. Beberapa tahun yang lalu, Revalina membuka usaha kuliner khas Jepang yang diberi nama Terminale. Resto yang sempat buka di kawasan Kelapa Gading Jakarta ini pun akhirnya tutup karena sepi pengunjung. Padahal sebelum membuka resto Terminale, ibu satu anak ini telah membuka resto serupa yang bertajuk Takigawa.

5. Raffi Ahmad.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

foto: kapanlagi

Tak banyak yang tahu bahwa seleb multitalenta Raffi Ahmad pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis. Sosok yang mendapat julukan Artis Raja Bisnis ini pernah mengalami rugi hingga miliaran rupiah saat membuka bisnis resto. Meski rugi banyak, suami dari Nagita Slavina ini nggak patah arang. Belajar dari kegagalan terdahulu, kini Raffi Ahmad pun mengembangkan berbagai usaha mulai dari kuliner hingga clothing.

6. Sahrul Gunawan.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@sahrulgunawanofficial

Sahrul Gunawan sejak tahun 2005 telah mengembangkan usaha travel umrah dan haji plus. Namun usaha yang ia jalani ini mengalami pasang surut. Ia pun berusaha mempertahankan bisnisnya dengan mengelontorkan uang hingga miliaran rupiah. Pengalaman merugi dalam bisnis ini pun dianggapnya sebagai ujian dari Tuhan. Ia pun tak patah semangat untuk membangkitkan bisnisnya kembali.

7. Marcel Chandrawinata.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@marcelchandra

Adik dari Nadine Chandrawinata, Marcel Chandrawinata pernah mengalami kerugian hingga Rp 3,5 miliar saat bisnis tas ekspor dan impor. Tak hanya sekali, kembaran dari Mischa ini pun mengungkapkan pernah beberapa kali gagal dalam membangun bisnis di antaranya bengkel. Kegagalan Marcel dalam berbisnis ini disebabkan karena terlalu percaya dengan rekan bisnis. Tak ada perjanjian hitam di atas putih seperti bisnis lainnya. Berangkat dari pengalaman itu, Marcel pun tak akan mengulangi kejadian pahit tersebut.

8. Teuku Rassya.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@teukurassya

Masih muda, Teuku Rassya pun tak gentar untuk mengeluti dunia bisnis. Cowok kelahiran 1999 ini pernah membuka usaha jual beli ponsel di ITC. Toko yang menjual berbagai gawai ini pun sepi peminat lantaran berada di lantai dua. Ia pun mengalami kerugian besar. Meski demikian, Teuku Rassya tak trauma dan kini mulai mendalami bisnis garment seperti clothing line bersama teman-temannya.

9. Donna Agnesia.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@dagnesia

Dona Agnesia bersama suami membuka resto Meet the Beef. Tak bertahan lama, bisnis yang telah dirintis sejak 2011 harus gulung tikar. Donna enggan memberikan penjelasan terkait penyebab tutupnya usaha kuliner Meet the Beef pada media. Kejadian tersebut sempat membuat presenter olahraga ini berpikir dua kali untuk kembali terjun di dunia bisnis.

10. Baim Wong.

gagal bisnis © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@baimwong

Tak hanya jago akting di panggung hiburan, Baim Wong juga dikenal sebagai pebisnis. Salah satu usaha yang dirintis Baim Wong adalah Bakmi Wong. Usaha tersebut dalam perjalanan sempat mengalami kerugian hingga Rp 1,5 miliar. Kekasih dari Vebby Palwinta ini pun merelakan mobilnya untuk dijual sebagai ganti rugi. Kegagalan yang diamali Baim Wong adalah sebuah awal untuk menuju kesuksesan baginya.