Brilio.net - Pangeran Harry dari Inggris boleh bikin kaum hawa di luar sana kebat-kebit, tapi Indonesia juga punya putra mahkota yang nggak kalah cakep, lho. Dialah Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Jiwo Suryonegoro atau lebih sering dikenal dengan Paundrakarna atau Paundra, dari Keraton Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah.

Pria kelahiran Jakarta 41 tahun silam ini hadir kembali di dunia hiburan tanah air dengan menjadi bagian film Rudy Habibie yang tayang akhir Juni 2016 lalu.

Putra pasangan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX dan Sukmawati Soekarnoputri (sudah bercerai) ini dikenal sangat mencintai dunia seni. Wajah gantengnya yang khas Indonesia sempat beberapa kali menghiasi televisi dan layar lebar Indonesia sebelum akhirnya vakum dan memilih 'tak terkenal' di Solo, kota asal sang ayah.

Nah, berikut ini udah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/7), 10 fakta Paundra buat kamu:

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Cucu presiden pertama Indonesia, Soekarno.

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: instagram.com/gphpaundrakarna1

Paundra adalah putra sulung dari Sukmawati Soekarnoputri, anak Soekarno dari ibu negara Fatmawati. Kayaknya Paundra mewarisi senyum indah mendiang sang kakek deh, ya?

2. Artis sinetron dan film.

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: rapifilms.com; instagram.com/gphpaundrakarna1

Paundra pernah berakting untuk sinetron Gita Cinta dari SMA tahun 2003 bersama Ratna Galih, dan Aku dan Dia (2001). Pada tahun 2016, pria yang mengenyam pendidikan broadcasting di Akademi Komunikasi Indonesia, Yogyakarta ini memerankan tokoh antagonis dalam film Rudy Habibie.

3. Cinta dunia tarik suara.

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: instagram.com/gphpaundrakarna1

Bukan cuma berakting, kakak dari Menur ini juga punya suara merdu. Mau tahu gimana suara pewaris takhta Mangkunegaran ini? Cek video berikut, guys!

Mendekati akhir tahun 2015 lalu, Paundra bersama kerabat keraton, Ade Andrini duet merecycle lagu 80-an berjudul Prahara Cinta.

4. Dekat dengan Megawati Soekarnoputri, presiden Indonesia ke-5.

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.net

foto: instagram.com/gphpaundrakarna1

Paundra terbilang dekat dengan Megawati Soekarnoputri, kakak dari sang ibu. Bahkan Paundra pernah menjadi bagian dari keluarga besar partai politik (parpol) naungan Megawati, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P).

5. Pernah jadi anggota wakil rakyat.

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: instagram.com/gphpaundrakarna1

Paundra dinilai memiliki kecakapan dalam berpolitik, mengingat dia adalah cucu sang proklamator. Maka tak heran dia pernah mencicipi kehidupan sebagai anggota DPRD Solo periode 2009-2014. Sayangnya, dia tersandung masalah kurang mengenakkan. Dia dinilai tak terlalu disiplin selama menjadi wakil rakyat Solo.

Kemungkinan besar Paundra memang nggak berhasrat penuh dalam dunia politik, mengingat passionnya tertuju pada dunia seni. Maka pada tahun 2011, Paundra resmi meninggalkan panggung politik.

6. Penampilan funky & tampak awet muda.

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: instagram.com/gphpaundrakarna1; dok. Teddy Kurniawan - kapanlagi.com

Di usianya yang sudah matang kini, Paundra masih punya penampilan kekinian abis. Bahkan kalau dilihat dari postingan akun Instagram pribadinya di @gphpaundrakarna1, Paundra kelihatan cocok banget dalam banyak penampilan, dari resmi putra keraton sampai ala-ala anak muda kekinian. Dari segi fisik pun, Paundra masih tampak awet muda.

Siapa yang nyangka sih, usianya udah 41 tahun dan pantas jadi seorang ayah? Artinya doi pasti pintar merawat diri dan selalu jaga kesehatan. Top deh!

7. Sayang keluarga.

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: instagram.com/gphpaundrakarna1

Bila dilihat dari postingan Instagram, Paundra tampak mencintai dan akrab dengan anggota keluarganya. Rasa hormat dan kebanggaan terhadap leluhur juga dia tunjukkan di akun Instagramnya.

Dalam foto di atas searah jarum jam adalah foto bersama potret eyangnya Soerkarno, bersama potret eyangnya dari pihak ayah yaitu Raja (Kanjeng Gusti Mangkunegoro VIII) dan Ratu (Gusti Puteri Mangkunegoro VIII), potret bersama kerabat Puro Mangkunegaran, foto bersama ibunya, dan foto bersama Menur juga keponakannya.

8. Cinta seni.

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: instagram.com/gphpaundrakarna1

Paundra pernah berguru kepada omnya, Guruh Soekarnoputra yang amat mencintai dunia seni. Paundra bukan hanya pandai menyanyi, tapi juga sempat menciptakan lagu La-la-la-la Indahnya Dunia yang tergabung dalam albun perdananya 'Sebuah Awal' (2004). Dalam album yang berisi 10 lagu ini, juga ada lagu andalan sinetronnya Gita Cita dari SMA, berjudul Galih dan Ratna, ciptaan Guruh.

Selain tarik suara, Paundra juga hobi menari. Dia dan sang ibunda sudah punya dance company di bawah nama perusahaan Adicipta Paundrakarna. Dia juga kerap terlibat dalam acara seni tari di Surakarta.

Bukan hanya menyanyi dan menari, Paundra juga serius mendalami dunia perfilman. Dia sudah mendirikan perusahaan dengan nama Indonesia Wayang Film.

9. Cinta kebudayaan leluhur.

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: instagram.com/gphpaundrakarna1

Sebagai calon pewaris takhta Keraton Mangkunegaran, memang sudah seharusnya Paundra memahami seluk beluk keraton. Nah, dengan bangga dan senang dia memposting beberapa kegiatan yang ada di Puro Mangkunegaran, Surakarta. Misalnya saja malam satu Suro.

10. Gaul abis!

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: instagram.com/gphpaundrakarna1

Berada di dunia seni, membuat Paundra memiliki banyak kawan. Bukan hanya para dancer, Paundra juga berteman karib dengan sejumlah artis. Nggak ketinggalan pula teman-teman di luar kalangan publik figur. Bukan hanya itu, dia juga membaur dengan kalangan di luar artis, misalnya aja  Boy Rafli Amar,  Kadiv Humas Polri. Selain itu, kesan supel semakin kelihatan dari postingan-postingan akun Instagramnya.

11. BONUS! Menurutmu Paundra lebih mirip sama Vicky Nitinegoro atau Yogi Finanda, ya?

fakta Paundrakarna © 2016 brilio.netfoto: instagram.com/gphpaundrakarna1; instagram.com/tonggi22-

(brl/gib)