Brilio.net - Dian Sastro, Acha Septriasa, dan Ayushita memang didapuk untuk menjadi pemeran di film Kartini garapan Hanung Bramantyo. Untuk proses readingnya sendiri, memang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Foto-fotonya juga sudah diunggah via media sosial oleh Dian. Bahkan Dian juga harus belajar Bahasa Belanda untuk menjadi Kartini.

Akan tetapi, ada yang ramai diperbincangkan netizen dari foto Dian cs saat proses reading. Hal ini berawal ketika seorang netizen bernama Diasma Sandi Swandaru mengunggah foto mereka bertiga dalam pakaian kebaya dengan caption "Tidak menjadi Barat, pun tidak menjadi Arab. Tetap menjadi wanita Indonesia, sungguh mempesona" pada 20 Juli yang lalu sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari akun Facebooknya, Jumat (22/7).

Awalnya banyak netizen memuji foto tersebut karena dinilai mengedepankan budaya Indonesia. Akan tetapi belakangan muncul pertanyaan siapa yang ada di foto tersebut dan tujuannya untuk apa.

Kolom komentar semakin panas ketika ada yang mengkritisi soal inner beauty. Kemudian perdebatan budaya Arab, syariah Islam, dan budaya Indonesia semakin memanas dan memperpanjang kolom komentar. Bahkan definisi-definisi perbedaan Arab sebagai bangsa dan Islam sebagai agama juga memenuhi kolom tersebut. Hingga akhirnya, perdebatan semakin mengerucut soal hijab.

Loading...

Memang banyak netizen yang terpancing dengan caption foto tersebut. Bahkan ada juga yang terprovokasi dengan perdebatan panjang soal agama dan budaya busana Indonesia yang begitu beragam.

Meskipun begitu, ada juga beberapa netizen yang menengahi perdebatan soal busana dan cara menutup aurat meski juga diserang balik.