Brilio.net - Aplikasi penunjang aktivitas sehari-hari yang paling digemari masyarakat adalah ojek online. Tak sekadar menawarkan jasa pengantaran, aplikasi ojek online bisa memberikan layanan berupa pesan makanan hingga pembelian pulsa.

Kemudahan menggunakan aplikasi ini sering dimanfaatkan oknum untuk meraih keuntungan. Fasilitas uang digital yang diterapkan dalam aplikasi memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Nggak heran kalau orang-orang lebih memilih menambah saldo atau top up uang digital ke aplikasi. Begitu pula dengan deretan selebriti.

Kendati demikian, deretan selebriti ini justru mengalami nasib kurang baik. Mereka justru menjadi korban penipuan lewat aplikasi ojek online. Dengan begitu, mereka kehilangan saldo dengan nominal yang tak sedikit. Siapa saja mereka?

Brilio.net lansir dari liputan6, Jumat (27/12), berikut deretan selebriti yang menjadi korban penipuan aplikasi ojek online.

1. Maia Estianty tertipu ojek online hingga dua kali.

Loading...

tertipu apps ojol © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@maiaestiantyreal

Maia Estianty merasa kesal dengan pelaku penipuan yang berhasil mengambil datanya. Diketahui, pelaku merupakan seorang driver ojek online. Meski tak diketahui secara pasti berapa kerugian yang ditanggung oleh Maia.

Maia tak segan membagikan informasi terkait pengalamannya di Instagram. Pasalnya, ia telah menjadi korban penipuan sebanyak dua kali.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

. Guys, gw kemaren sempet ribet gara2 gw lagi pesen GoFood pake GOPAY @gojekindonesia , tiba2 tuh sopir ojol bilang motor mogok, trus dia call mau ganti rubah sopir, dia minta gw klik *21* 0821 78912261# ... tau apa yg terjadi? ternyata itu code kita sedang me FORWARD Data telpon kita ke dia... Trus dia sok log in akun gw, gw dapet sms Code OTP dong, rupanya dia juga dapet data sms yg gw terima... , gw sih gak kasih data code OTP, tapi isi goPay gw kekuras... jumlah sih ga berapa... (rejeki insyaAllah ada lagi, amin) ... tadinya sopir di lokasi Kemang, tiba2 berubah jauh banget entah dimana.... Cuma yg bikin gw kesel, dia bisa meretas aplikasi gw yg lain2... Kayak Tokped, plus Whatsapp gw di delete dia... Alhasil gw ga bisa lagi pake WA..... Gw dah call Telkomsel buat minta kode menonaktifkan forwarding (pemindahan) data. Alhamdulillah bisa... walopun dia hampir aja lewat akun Tokped gw, mau beli HP lewat Kartu Kredit gw. Akhirnya, mau gak mau gw blokir kartu kredit juga.... Gw rasa aplikasi2 ini boleh canggih, tapi ternyata maling2 ini jauh lebih canggih... Gw sih ikhlas kok kehilangannya (secara gw pernah kehilangan yg lebih besar), cuma ribetnya itu loh telpon sana sini blokir sana sini, lapor sana-sini... Saran gw buat pemilik usaha aplikasi kayak Gojek, Tokped, dll , mustinya kejadian2 kayak gini udah harus diantisipasi banget... Supaya ga berjatuhan korban2 yg lain.... Buat maling gw, mudah2an duitnya bisa membantu sanak saudara anda yg kesusahan.... cc PT : @gojekindonesia @gopayindonesia !!!! And mereka akan menyerang anda pemakai GOPAY !!!!! Ayo siapa jg yg pernah kena di akun Gojek anda? Saran gw, bayar cash aja hahahahha.... Plus kalo sopir ojol banyak alesan, cancel aja dia. #gojekindonesia #maiaestianty #rampok #maling #gojek #tokopedia

A post shared by Maia Estianty (M.E) The Queen (@maiaestiantyreal) on

2. Aura Kasih kehilangan saldo uang sebesar Rp 11 juta.

tertipu apps ojol © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@aurakasih

Sebelum Maia Estianty, Aura Kasih pernah merasa kesal karena saldo yang ada di aplikasi ohek online hilang. Tak sedikit uang yang raib, Aura menyebut saldo sebesar Rp 11 juta hilang.

Pengalaman kurang menyenangkan dengan aplikasi ojek online ini sempat dibagikan di Instagram Stories-nya pada bulan November lalu. Pihak ojek online yang terkait pun memberikan klarifikasi. Mereka turut menyayangkan apa yang dialami oleh Aura Kasih dan mengimbau pengguna lainnya untuk segera menghubungi perusahaan jika mengalami hal mencurigakan.

3. Salmafina Sunan pesan makanan justru tertipu Rp 300 ribu.

tertipu apps ojol © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@salmafinasunan

Salmafina juga punya pengalaman kurang menyenangkan dengan aplikasi ojek online. Anak dari Sunan Kalijaga ini memesan makanan lewat aplikasi namun uangnya justru hilang. Nominal yang hilang sebesar Rp 300 ribu.

"Saya baru sekali ditipu. Order go-food malah disuruh kasih kode verifikasi. Lumayan gopay Rp 300 ribu hilang gitu saja," kata Salma di Instagram Story.

4. Billy Syahputra relakan uang Rp 400 ribu karena ditipu.

tertipu apps ojol © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@bilsky16

Selain Salmafina, Billy Syahputra juga mengalami nasib sama. Ia pernah memesan makanan namun pesanan tak kunjung datang.  Tak hanya itu, ia juga dimaki oleh pelaku. Billy merelakan uang Rp 400 ribu yang diambil pelaku.

"Kalau gue cuman Rp 400 ribu ya hitung-hitung amal untuk orang yang telah menzalimi dan gue ikhlas lillahi ta'ala. Dan gue mengutarakan ini supaya tidak terjadi lagi hal-hal semacam ini," kata Billy Syahputra dikutip brilio.net dari liputan6.com.