Brilio.net - Beberapa tahun belakangan ini stand up comedy menjadi jenis hiburan yang banyak digandrungi hampir semua kalangan.

Materi candaan yang seputar kehidupan sehari-hari menjadi salah satu daya tarik hiburan ini menjadi favorit, khususnya di kalangan anak muda. Kini, sudah banyak nama-nama yang tercatat sebagai komika terkenal di Indonesia, sebut saja Ernest Prakasa, Raditya Dika, Ge Pamungkas, Pandji Pragiwaksono dan masih banyak lagi.

Meskipun terlihat sederhana, menjadi seorang komika tidak mudah. Salah sedikit dalam menyampaikan materi, hal tersebut bisa membuat beberapa orang menjadi geram. Niatnya mau becanda, malah dikira menyindir, berniat mengutarakan pendapat pribadi, justru di kira menghina kelompok tertentu.

Hal-hal tersebut pernah di alami beberapa para komika yang mengundang reaksi warganet karena materi candaannya yang kontroversial.

Siapa saja mereka? Dilansir dari berbagai sumber, brilio.net sudah merangkum 3 komika yang panen hujatan warganet karena candaan kontroversialnya, Selasa (9/1).

Loading...

1. Ge Pamungkas.

Komika panen hujatan © 2018 Instagram

foto: Instagram/@gepamungkas

Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan materi StandUp Comedy yang di bawakan Ge Pamungkas. Dalam materi lawakannya tersebut, komika berusia 28 tahun dianggap menghina salah satu agama dan Gubernur DKI Jakarta yang menjabat saat ini, Anies Baswedan. Kabar tersebut heboh setelah akun Facebook atas nama Panji Azzary memposting potongan video stand up Ge Pamungkas yang berdurasi 0:45 detik dan menjadi viral. Dalam video tersebut Ge Pamungkas membuat pernyataan yang dianggap menghina salah satu agama dan menyindir Gubernur DKI.

Tak ingin lama-lama membiarkan kontroversi tersebut berkembang, pemain film Susah Sinyal ini pun memberikan klarifikasi dan meminta maaf atas materinya tersebut yang menimbulkan salah tafsir melalui akun Instagram miliknya. Namun kini postingan tersebut sudah dihapus oleh Ge.

2. Joshua Suherman.

Komika panen hujatan © 2018 Instagram

foto: Instagram/@jojosuherman

Tak hanya Ge Pamungkas, mantan penyanyi cilik Joshua Sehurman juga menuai kecaman dan hujatan setelah materi stand up comedynya yang membandingkan kepopularitasan Anisa Rahma dan Cherly Juno saat masih sama-sama bergabung dalam girlband Cherryballe. Dalam materinya tersebut, Joshua mengutarakan pendapatnya kenapa Anisa bisa lebih terkenal dari Cherly Juno dan memiliki banyak fans.

Yang membuat geram warganet, Joshua mengatakan popularitas Anisa karena ia memeluk agama Islam dan Cherly tidak. Selain itu dia juga menambahkan bahwa ada satu hal di Indonesia yang tak bisa terkalahkan yaitu mayoritas. Tak hanya panen hujatan dan kecaman dari warganet, Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) pun berencana akan melaporkan Joshua ke Bareskrim Mabes Polri atas tuduhan penistaan agama. Hingga berita ini diturunkan belum ada klarifikasi langsung dari Joshua Suherman perihal materinya yang mengundang kontroversi.

3. Uus. 

Komika panen hujatan © 2018 Instagram

foto: Instagram/@uusbiasaaja

Awal tahun 2016 lalu, Uus juga pernah mendapat banyak hujatan dari warganet perihal materi standup comedynya. Dalam materinya tersebut, Uus dianggap sudah menyinggung fans K-Pop yang berhijab. Ayah satu anak tersebut pun menuai banyak hujatan dari para fans K-Pop, tragedi ini bahkan membuat salah satu media di Korea ikut menyoroti twitwar yang terjadi antara Uus dan fans K-Pop. Uus pun akhirnya mengutarakan permintaan maaf atas materinya.