Brilio.net - Kamu pengen rumahmu terasa hijau dan segar? Hal itu bisa diwujudkan dengan menerapkan metode tanam hidroponik di rumahnya. Langkah-langkahnya simpel kok!

Salah satu keunggulan hidroponik adalah hama atau penyakit yang berasal dari tanah hampir tidak ada. Selain itu bisa lebih bersih karena tidak bercampur dengan tanah. Lalu untuk skala rumahan bisa terlihat lebih cantik dari sisi estetika ya. Juga menyenangkan karena bisa mengisi waktu luang.

Tanaman apa saja sih yang bisa ditanam dengan metode hidroponik? Beberapa tanaman yang cocok yaitu seperti kangkung, selada, caisim, pakcoy, bayam. Untuk tanaman buahnya tomat, terong, cabai.

Menurut Ketua Komunitas Hidroponik Jogja Bayu Widhi Nugroho langkah-langkahn untuk memulai hidroponik cukup mudah.

"Pertama yang perlu disiapkan adalah media tanam. Yang kedua benih sayuran. Lalu ada pupuk hidroponik yang sering disebut ab mix. Yang terakhir menyiapkan sistem hidroponiknya. sistem itu macam-macam, ada wick, dft, dan nft," tuturnya.

Sistem wick memakai sumbu (wick) untuk menaikkan air nutrisi dari bak nutrisi ke akar. Botol bekas bisa dimanfaatkan sebagai medianya. Ada pula sistem DFT, ini yang paling sering dipakai, biasanya memakai paralon/PVC sebagai penampung airnya. Lalu ada sistem NFT ,hampir sama dengan DFT namun memakai talang/pipa yang bentuknya kotak.

Jadi, udah siap bikin rumah jadi lebih segar?