Brilio.net - Sejak pandemi Covid-19 merebak tahun lalu, karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, tidak sedikit orang yang mulai menggeluti hobi yang tertunda. Ada yang memilih berkebun, memelihara ikan, hingga mengerjakan kerajinan kayu (wood working).

Kerajinan kayu ini merupakan kegiatan untuk memproses material kayu dari bahan kayu mentah menjadi barang jadi, seperti lemari, meja, kursi taman, aksesoris rumah, dan lainnya. Namun dibutuhkan keterampilan khusus, sehingga perlu dipelajari dan dilatih secara konsisten untuk menciptakan hasil jadi yang indah.

Dalam melakukan proses pekerjaan kayu, umumnya dibutuhkan keterampilan dalam hal memilih jenis kayu, menggambar sketsa, memotong kayu, mengebor kayu, hingga penyusunan material kayu.

Nah untuk pekerjaan kayu tentu saja dibutuhkan perkakas yang mendukung. Salah satunya mesin bor. Dalam melakukan pengeboran kayu, diperlukan mata bor yang sesuai untuk berbagai jenis paku dan penyambungan kayu. Berikut, jenis mata bor berikut agar tidak salah pilih dalam melakukan pekerjaan kayu.

1. Twist drill bits

Kenali 6 jenis mata bor untuk wood working © 2021 brilio.net business-opportunities.biz

Ini merupakan jenis mata bor yang paling banyak digunakan untuk melubangi material kayu, plastik, maupun logam. Ulir pada mata bor jenis ini berbentuk spiral sehingga dapat menembus material dengan mudah dengan putaran mesin bor, khususnya untuk pekerjaan pengeboran pada material yang keras.

2. Hole saw bits

Kenali 6 jenis mata bor untuk wood working © 2021 brilio.net plumbermag.com

Sesuai dengan namanya, mata bor jenis hole saw bit berfungsi untuk melubangi material kayu hingga tembus. Umumnya ukuran lubang yang dihasilkan juga cukup besar, sesuai dengan diameter mata bornya. Uniknya, mata bor jenis ini menyisakan sisa material kayu dari proses pengeboran di dalam casingnya, sehingga bisa juga digunakan untuk membuat sketsa potongan lingkaran pada material kayu.

3. Hex spade bit (mata bor kipas)

Kenali 6 jenis mata bor untuk wood working © 2021 brilio.net protoolreviews.com

Mata bor kipas memiliki bagian ujung yang runcing berbentuk menyerupai kipas. Bentuk yang unik dari hex spade bits ini berfungsi untuk mengikis kayu dengan kecepatan putar tinggi sehingga menghasilkan lubang sesuai ukuran lebar dari mata bor tersebut.

Jadi apabila mata bor kipas yang digunakan berukuran 10 mm, maka dapat melubangi kayu dengan diameter 10 mm pula. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan mata bor jenis ini lebih cocok pada mesin bor dengan putaran tinggi, karena getaran yang dihasilkan akan cenderung lebih stabil sehingga hasil pengeboran lebih rapi.

4. Forstner bit

Kenali 6 jenis mata bor untuk wood working © 2021 brilio.net yoybuy.com

Forstner bit adalah jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada kayu. Hasil pengeboran yang dihasilkan juga lebih presisi, bersih, dan permukaan dasar lebih rata. Mata bor ini berguna untuk membuat lubang dengan permukaan datar, dan juga cocok untuk membuat lubang yang membutuhkan ukuran dengan tingkat presisi yang tinggi, seperti lubang engsel sendok, lemari kabinet, dan lainnya.

5. Countersink bits

Kenali 6 jenis mata bor untuk wood working © 2021 brilio.net youtube.com

Mata bor jenis ini cocok untuk kegiatan pengeboran, chamfering, deburring, dan countersinking. Selain itu, countersink bit merupakan jenis mata bor yang biasa digunakan untuk membuat bentuk berupa cekungan pada lubang yang sudah di bor sebelumnya. Cekungan tersebut bertujuan agar sekrup yang hendak dimasukkan dapat menjadi rata pada permukaan kayu.

6. Auger bits

Kenali 6 jenis mata bor untuk wood working © 2021 brilio.net protoolreviews.com

Auger bit merupakan jenis mata bor yang cukup sering digunakan pula dalam pengeboran kayu, ataupun material lunak lainnya. Berbeda dengan mata bor kipas, mata bor auger bits umumnya memiliki diameter yang lebih besar, ukuran lebih panjang, serta jarak spiral yang lebar, sehingga cocok digunakan pada putaran mesin bor yang rendah.

Mungkin bagi sebagian orang, berbagai jenis mata bor dianggap terlalu banyak dan merepotkan. Tetapi, masing-masing mata bor yang disebutkan di atas memiliki kegunaan dan fungsinya tersendiri. Oleh karena itu, dalam melakukan kegiatan wood working, diperlukan kecermatan dalam memilih peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan tujuan pengerjaan kayu, serta keterampilan yang terus diasah dan didapatkan dari pengalaman.