Brilio.net - Punya rumah yang luas dengan ruang tamu lapang tentunya menjadi dambaan setiap orang. Dengan ruang tamu yang lapang, kamu bisa bebas meletakkan perabot apa saja dan melengkapinya dengan berbagai hiasan sesukanya. Tapi, bagaimana jika ide dekorasi terbentur masalah luasnya ruangan?

Ternyata, ada cara mudah untuk mengakali agar ruang tamu yang sempit bisa tampak luas tanpa bermodal banyak. Kuncinya adalah bisa memainkan susunan perabot dan memilih yang sesuai fungsinya. Penasaran? Simak tipsnya berikut ini:

1. Manfaatkan cermin.

ruang tamu © pixabay

foto: pixabay.

Cermin tak hanya berfungsi sebagai alat bantu refleksi saat merias diri. Cermin juga bisa menjadi pernik dekorasi yang menciptakan ilusi optik sehingga ruangan jadi tampak lebih luas. Semakin besar ukuran cermin, ia bisa menciptakan ilusi semakin baik

Business Manager Dekoruma, Rafi Sarumaha mengatakan, cara peletakan cermin juga ada aturannya. Agar tujuan awal tercapai, cobalah meletakkan cermin di dinding yang menjadi pusat ruangan. Dengan begitu, ia bisa merefleksikan cahaya dengan baik dan ruangan bisa tampak lebih lega.

“Jika memungkinkan, pasang cermin menghadap jendela terbuka agar ruangan bisa semakin terlihat luas,” ucapnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

2. Gunakan warna netral.

ruang tamu © pixabay

foto: pixabay.com

Warna putih bersih pada dinding tak pernah gagal menciptakan ilusi optik bahwa sebuah ruangan tampak lebih luas dibandingkan aslinya. Secara tidak sadar, warna putih ini terlihat menekan dinding ke belakang sehingga ruangan tampak luas.

Selain itu, lanjut Rafi, warna putih juga mampu membiaskan cahaya dan menimbulkan rasa lebih tenang juga damai.

Jika tidak menyukai warna putih, coba gunakan warna lain yang lebih netral dan tidak mencolok. “Warna mencolok seperti merah, biru, atau bahkan hitam, bisa membuat ruangan terlihat lebih sempit dan penuh,” ujarnya.

3. Pilih perabot yang ukurannya ramping.

ruang tamu © pixabay

foto: pixabay.com

Karena ruangan tamu rumahmu sempit maka barang tentu pilih perabot dengan ukuran yang tidak menghalangi pandangan ke seluruh ruangan. Untuk memilih perabot yang terkesan ramping, kamu bisa mempertimbangkan warnanya.

“Perabot dengan warna yang lebih cerah akan membuat ruangan tidak tampak penuh,” kata Rafi

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan model dari perabot. Usahakan untuk memilih perabot yang memiliki kaki agar tidak terkesan besar dan memenuhi seisi ruangan. Perabot yang terbuat dari material kaca bening atau semi terbuka juga bisa digunakan karena isi seluruh
ruangan masih terlihat jelas.

4. Perhatikan cara meletakkan karpet.

ruang tamu © pixabay

foto: pixabay.com

Sebagian orang tak menyukai penampilan ruang tamu yang lantainya terlihat telanjang alias tak ditutupi karpet sama sekali. Sebenarnya, hal ini juga ada benarnya. Kamu bisa memanfaatkan karpet untuk membuat ruangan tampak lebih luas dari aslinya.

Menurut Rafi, caranya mudah, letakkan karpet di depan sofa dan tertindih meja. Jangan sampai kaki sofa menyentuh ujung karpet atau bahkan berdiri di atasnya. Karpet yang menutupi seluruh atau sebagian besar ruangan bisa membuat ruang tamu kamu terlalu bervolume dan tampak penuh sesak.

Dan pastikan karpet yang kamu beli berkualitas. Sekarang ini banyak banget produk karpet berkualitas. “Salah satunya, Dekoruma yang menyediakan produk IKEA dengan harga terjangkau,” ucap Rafi.

5. Pasang gorden di jendela.

ruang tamu © pixabay

foto: pixabay.com

Jangan biarkan jendela tak dilapisi oleh gorden atau tirai. Selain untuk menjaga privasi, ternyata gorden juga mampu menciptakan ilusi optik memperluas ruang tamu. Gunakan gorden dengan ukuran yang memanjang dari sisi teratas tembok dan menjuntai ke lantainya.

Dengan begitu, ruangan akan tampak lebih tinggi dan luas. Untuk pemilihan material, kamu bebas menggunakan gorden yang terbuat dari material apa
pun. Sedangkan warna, jika seluruh ruangan menggunakan warna yang hampir sama, gorden yang berwarna lebih cerah dan mencolok bisa menjadi pilihan untuk ruang tamu yang lebih cantik.

Rafi menjelaskan, kini ada berbagai gorden yang cantik di Dekoruma dengan harga yang variatif. “Selain menghemat waktu berbelanja, kamu juga tidak dikenakan biaya pengiriman untuk daerah Jabodetabek jika berbelanja lebih dari Rp 70.000. Menarik bukan?,” pungkasnya.