Brilio.net - Bagi sebagian orang, memasak menjadi hobi yang menyenangkan. Namun bagi sebagian yang lain, kegiatan memasak dianggap tidak begitu penting dan bisa diganti dengan membeli makanan jadi. Hal ini dianggap lebih praktis, pun tak perlu repot dengan beragam proses memasak di dapur.

Padahal, memasak sendiri di rumah memiliki banyak keuntungan. Selain kualitas bahan dan cara pengolahan yang terjamin, juga bisa lebih berhemat karena tidak harus mengeluarkan banyak uang setiap hari untuk membeli makanan. Cukup menginvestasikan uang untuk membeli peralatan dapur yang praktis. Peralatan dapat dengan mudah bisa menemukannya baik secara offline maupun online seperti dekoruma ataupun toko lainnya.

Jika menganggap memasak itu butuh proses yang lama dan melelahkan, sebaiknya menyimak tentang perlengkapan dapur berikut ini yang sebenarnya bisa menjadikan proses memasak lebih cepat dan menyenangkan.

1. Rice cooker.

Alat dapur © Pixabay

Loading...

Nasi yang merupakan salah satu makanan pokok orang di Indonesia ini memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Harga satu porsi nasi di warung bisa mencapai angka Rp 6.000 per porsi, yang artinya cukup mahal dibandingkan memasak sendiri dengan harga sekitar Rp 9.000 per liternya dan bisa menjadi beberapa porsi nasi.

Rice cooker atau penanak nasi elektronik bisa mempermudah proses memasak. Selagi menunggu beras yang masukkan berubah menjadi nasi, bisa melakukan kegiatan lain seperti menggoreng ayam, memotong dan mencuci sayur, juga menghaluskan bumbu. Jadi, nasi akan matang bersamaan dengan lauk yang akan disantap bersama.

Supaya lebih praktis, gunakanlah rice cooker 3 in 1 yang memungkinkan untuk memasak, menghangatkan hingga mengukus. Jadi tidak perlu bolak-balik menjaga kondisi masakan di kompor. Juga dapat menemukan rice cooker 3 in 1 di dekoruma jika memang tidak mempunyai waktu untuk berbelanja ke supermarket.

2. Oven.

Alat dapur © Pixabay

Bagi yang gemar menikmati berbagai jenis kue, barangkali pernah mencoba untuk berkreasi sendiri di dapur. Selain racikan adonan yang tepat, proses pemanggangan pun menjadi kunci terciptanya kue yang tekstur dan rasanya pas. Kebanyakan orang merasa direpotkan dengan hal ini, terutama saat memanggang adonan. Takut akan gagal, mereka pun lebih memilih untuk membeli kue jadi yang rasanya sudah bisa dijamin.

Oleh karena itu, pelajari dahulu resep cara membuat kue yang mudah, dan mencobanya dulu di rumah. Jika sudah yakin dengan kemampuan meracik adonan, kini saatnya memperbaiki cara pemanggangan. bisa mengandalkan proses pemanggangan ini jika memiliki oven yang berkualitas. Dengan oven yang tepat, kue nikmat bisa tercipta berkat pengaturan suhu dan waktu yang maksimal. Jika sudah berhasil, tak perlu membeli kue di tempat lain, bahkan jika bisa menjual kue untuk mendapatkan untung lebih.

Khusus untuk yang memiliki anak kecil di rumah, cobalah membeli oven dengan kunci khusus agar aman dari jangkauan anak. Seperti yang kita ketahui, anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan akan sangat berbahaya jika mereka menggunakannya tanpa pengetahuan yang cukup.

3. Kompor gas.

Alat dapur © Pixabay

Memiliki kompor gas di rumah seharusnya sudah cukup menjadi salah satu alasan rajin memasak di rumah. Kompor gas hadir dengan segala kemudahannya, siap menjadi teman memasak hanya dengan sekali klik saja. Bayangkan jika harus menggunakan tungku atau kompor minyak seperti yang digunakan oleh orang-orang sebelumnya.

Kini, kompor gas pun muncul dengan berbagai kelebihannya. Teknologi terbaru membuatnya memiliki sistem yang lebih baik dalam menghantarkan panas. Sehingga, tak perlu was-was dengan hasil masakan yang kurang maksimal selama kompor gas masih berfungsi dengan baik.

4. Food processor.

Alat dapur © Pixabay

Secara umum, food processor adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghaluskan bahan masakan, seperti sayur atau daging. Dengan adanya alat ini, bisa dengan mudah menghaluskan bumbu yang akan digunakan untuk memasak, atau bahkan daging yang akan diolah.

Jika memiliki anak kecil dalam masa MPASI, food processor bisa sangat berguna. Alat ini bisa digunakan untuk menghaluskan sayuran atau pure yang nantinya akan diberikan pada si kecil. Jadi, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si kecil pun bisa dijamin kualitasnya, karena tak membelinya di tempat lain.