Brilio.net - Bulan Ramadhan sebentar lagi akan segera berakhir, dan umat Islam sedang bersiap menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan penuh suka cita dan kasih sayang. Berbagai persiapan menyambut hari kemenangan yang sangat dinantikan memerlukan kesiapan yang matang. Terkhususnya dalam menjalani kewajiban utamanya, yakni sholat Idul Fitri.

Sholat Idul Fitri adalah ibadah sunnah yang amat sangat spesial, mengingat Sholat Id hanya dilakukan sebanyak dua kali sepanjang tahun. Bagi umat muslim, sholat Idul Fitri adalah puncak dari perayaan kemenangan yang penuh dengan keberkahan dan ridho-Nya.

Sebagai muslim yang hakiki, sudah sepatutnya untuk umatnya mempelajari dan memperbaiki tuntunan ibadahnya. Hal itu ditujukan agar ibadah yang hendak dilakukan nanti dapat dikatakan sah dan juga sesuai syari'at islam.

Sering kali sebagai hamba yang penuh dengan kekhilafan dan dosa, kita suka luput dari kewajiban krusial semacam ibadah. Terkhususnya sholat Idul Fitri memiliki beberapa perbedaan dengan ibadah sholat wajib pada umumnya. Jika kamu ingin mengetahui tata cara sholat Idul Fitri, lengkap dengan bacaan niat dan bacaan doa antara takbir, bisa kamu simak informasinya dibawah ini.

Tidak perlu berlama-lama lagi, silakan simak artikel ini hingga habis. Berikut tata cara sholat Idul Fitri, lengkap dengan niat dan bacaan antara takbir. Seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (3/4).

Tata cara sholat Idul Fitri

1. Niat sholat Idul Fitri

tata cara sholat id lengkap dengan niat dan bacaan © 2024 brilio.net

unsplash.com

Seperti halnya tata cara menunaikan ibadah-ibadah sehari-hari, pada saat hendak menunaikan ibadah sholat Idul Fitri umat muslim dianjurkan untuk membaca niat terlebih dahulu. Membaca niat sebelum sholat Idul fitri sunnah hukumnya. Sedangkan sadar dan sengaja lahir batin hendak menunaikan sholat Idul Fitri adalah wajib.

Niat berguna sebagai wujud memfokuskan diri sebelum menjalani ibadah yang penuh rasa khidmat. Bacaan niat bagi makmum sholat perlu ditambahkan kata ma'muman saat pelafalannya.

Adapun bacaan niat Sholat Idul fitri, sebagai berikut:

tata cara sholat id lengkap dengan niat dan bacaan © 2024 brilio.net

foto: istimewa

"Ushallî sunnatan li ‘îdil fithri rak'ataini (ma'mûman/imâman) lillahi ta'ala."

"Aku niat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”