Definisi prisma segi empat.

Rumus prisma segi empat © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Rumus prisma segi empat adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki dua bentuk segi empat yang identik sebagai bidang alas dan bidang tutupnya. Prisma segi empat memiliki sisi-sisi yang terdiri dari empat segi empat dan dua segi empat yang disebut dengan bidang alas dan bidang tutup. Bidang alas dan bidang tutup ini selalu sejajar dan sebangun.

Adapun penjabaran sisi prisma segi empat yaitu mempunyai 6 buah sisi, yaitu 1 alas, 1 tutup, dan 4 sisi vertikal. Selain itu, prisma segi empat juga memiliki empat rusuk dan delapan sudut. Prisma segi empat juga sering dikenal dengan kubus atau balok, jika semua sisinya mempunyai panjang yang sama.

Beberapa sifat umum tentang rumus prisma segi empat adalah:

1. Alas.

Prisma segi empat memiliki alas berbentuk segi empat yang terdiri dari empat sisi, dua pasang sisi berhadapan yang sejajar dan panjangnya sama.

2. Tutup.

Prisma segi empat juga memiliki tutup yang merupakan segi empat dengan bentuk yang sama dan ukuran yang identik dengan alas. Tutup ini selalu sejajar dan sebangun dengan alas.

3. Rusuk.

Prisma segi empat memiliki empat rusuk, di mana dua rusuk di antaranya memiliki panjang yang sama dan sejajar dengan sisi alas, dan dua rusuk lainnya adalah rusuk sisi yang menghubungkan kedua bidang alas.

4. Sudut.

Prisma segi empat memiliki delapan sudut, yaitu empat sudut di alas dan empat sudut di tutup. Sudut-sudut ini biasanya memiliki ukuran yang sama.

5. Ketinggian.

Ketinggian prisma segi empat adalah jarak antara bidang alas dan tutupnya, dan prisma ini selalu tegak lurus terhadap kedua bidang tersebut.

Contoh objek dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki bentuk rumus prisma segi empat adalah kotak pensil, kotak tisu, dan berbagai jenis wadah segi empat. Prisma segi empat adalah salah satu dari banyak bentuk prisma yang ada, dan bentuk prisma lainnya dapat memiliki alas dan tutup dengan bentuk berbeda, seperti prisma segitiga dan prisma segilima.